5 Hal Penting Sebelum Menjalankan Usaha Limbah Plastik

Plastik dalam kehidupan kita sehari-hari, banyak dipergunakan oleh masyarakat di karena kan bahannya yang fleksible, kuat, dan ringan serta tahan terhadap korosi. itulah kenapa plastik menjadi salah satu alasan kenapa kita  sering menggunakan plastik dalam kehidupan kita hampir setiap harinya. Namun ternyata Limbah plastik menjadi salah satu limbah yang paling banyak saat ini, bayangkan jika anda menggunakan minimal 1 buah kantong plastik setiap harinya maka jika satu tahun anda dapat menghabiskan 360 buah kantong plastik lalu bagaimana jika semua orang menggunakan 1 buah kantong plastik setiap harinya ? padahal plastik menjadi limbah yang sulit terurai, perlu waktu yang lama limbah plastik dapat terurain dengan tanah, tak heran jika limbah plastik ini terus meningkat setiap tahunnya.

Untuk itu salah satu jalan untuk mengurangi populasi limbah plastik yaitu dengan tidak menggunakan penggunaan plastik setiap harinya, selain itu untuk mengurangi banyaknya limbah plastik adalah dengan cara mendaur ulang. Berbicara soal mendaur ulang limbah plastik, peluang untuk memiliki usaha di bidang limbah plastik ini ternyata menjadi usaha yang menjajikan, oleh karena itu para pelaku usaha sekarang sudah mulai melirik bisnis usaha limbah plastik.

Jika anda bertanya untuk diapakan limbah plastik tersebut, tentunya limbah plastik dapat didaur ulang menjadi biji plastik misalkan, atau yang lainnya.

Baca juga : Tips Usaha Hantaran Pernikahan Modal Kecil Untung Menjanjikan

5 Tips Usaha Limbah Plastik

Jika anda yang baru atau sudah mulai tertarik menjadikan limbah plastik sebagai usaha anda, berikut ini adalah tips- tips untuk anda perhatikan saat memulai usaha limbah plastik :

  • Memiliki Keahlian untuk limbah plastik

Jika anda hanya bermodal percaya diri dan modal secara keuangan untuk memulai usaha limbah plastik tentu saja hal ini tidak akan cukup. Karena anda harus memiliki keahlian dibidang limbah plastik agar anda tidak kebingungan akan diapakan limbah plastik yang nanti anda beli dari para pemulung. Selain itu untuk memajukan usaha limbah plastik anda juga harus mengetahui limbah plastik mana yang paling menguntungkan untuk usaha limbah plastik anda dan juga jenis limbah plastik mana yang sedang laku di pasaran saat ini seperti limbah palstik yang tahan terhadap zat cair bernama high density polyesthylena atau disebut NDPE, dan juga plastik yang terhadap air, alkali, maupun asam yang bernama polietilena atau disebut PE.

Baca Juga : Tips Usaha HP Bekas Yang Untung Banyak

  • Modal

Seperti usaha- usaha lainnya, usaha limbah plastik juga terasuk usaha yang memerlukan modal awal jika anda hendak mulai menjadikan limbah plastik sebagai usaha anda, namun keuntungannya adalah Usaha limbah plastik termasuk kedalam kategori usaha yang tidak banyak mengeluarkan budget sebagai modal awalnya. Anda hanya cukup membutuhkan modal awal untuk membeli limbah plastik kepada pemulung atau orang- orang yang suka mengumpulkan barang barang bekas berupa plastik.

Baca juga : Tips Usaha Modal Pinjaman Bank

  • Lokasi

Walaupun limbah plastik namun sampah tetaplah memiliki bau yang tidak sedap. Jika anda ingin memulai usaha ini anda harus memperhatikan hal terpenting ini yaitu lokasi untuk dijadikan tempat usaha anda. Yang anda perlukan adalah lokasi atau tempat yang luas untuk dijadikan gudang limbah plastik anda, setelah itu anda juga harus memiliki perizinan untuk membuat lokasi tersebut menjadi tempat usaha limbah plastik yang tentunya telah disetujui oleh masyarakat sekitar

  • Siapkan bahan baku dan mesin pendukung

Tips yang selanjutnya tentu saja anda memerlukan bahan baku berupa limbah plastik yang sebagai modal usaha anda. Tidak hanya itu anda juga membutuhkan mesin pendukung seperti mesin untuk menghancurkan plastik sampai mesin pencuci dan juga pengering.

  • Membutuhkan karyawan

Untuk mengolah limbah plastik tentunya memiliki beberapa tahapan. Untuk itu karyawan sangat anda perlukan untuk membantu usaha limbah plastik anda.

Berikut adalah tips usaha limbah plastik untuk anda semoga bermanfaat!

author
One Response
  1. Bagimana Cara Memulai Usaha Kerajinan Bahan Limbah Dengan Baik? ⋆ ARESPEDIA2 months ago

    […] Baca juga : 5 Hal Penting Sebelum Menjalankan Usaha Limbah Plastik […]

    Reply

Leave a reply "5 Hal Penting Sebelum Menjalankan Usaha Limbah Plastik"