Tips Usaha Ikan Gurame Untuk Pemula

3 comments 256 views

Tips Usaha Ikan Gurame  – Jika anda ingin mencari usaha ikan air tawar yang enguntungkan, anda mencoba usaha ikan gurame, Karen usaha ikan air tawar ini menjadi salah satu usaha ikan yang memiliki harga yang cenderung stabil, dengan permintaan ikan gurame yang cukup tinggi, namun jarang terdapat pelaku usaha yang menggeluti dalam bidang bisnis ikan gurame ini.

Tips Usaha Ikan Gurame Untuk Pemula

Untuk anda yang mulai tertarik dengan usaha ikan gurame ini, saya akan memberikan tips -tips untuk anda perlu perhatikan agar bisnis ikan gurame anda tidak mengalami kendala yang berarti :

  1. Lokasi untuk usaha ikan gurame

Walaupun ikan gurame adalah ikan air tawar yang dapat hidup dibebagai tempat, namun tetap saja anda tidak bisa menyampakan lokasi untuk bisnis ikan gurame dengan bisnis ikan hias yang memerlukan tempat yang tidak banyak hanya membutuhkan tempat kotak kaca yang kecil sebagai usaha ikan hias tersebut. Jika memulai bisnis ikan gurame yang harus anda perhatikan jika ingin usaha anda adalah factor lokasi seperti kondisi suhu air, kondiri tanah dan lain- lain. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus anda perhatikan untuk menentukan lokasi bisnis ikan gurame agar bisnis anda dapat berjalan dengan lancar, seperti Suhu air pada lokasi tersebut harus mencapai 25 deraat celcius sampai 28 derajat celcius, dengan ketinggian airnya berkisar antara 20 samai 500 m dpl, lalu Ph ideal airnya mulai dari 6,5 hingga 7, selanjutnya tekture tanah yang akan anda jadikan lokasi usaha ikan gurame memiliki testur gembur dengan memiliki sekitar 40 % kandungan pasir, selain itu air dan oksigennya harus kaya mineral dan memadai.

  • Kolam untuk usaha ikan gurame

Untuk tips selanjutnya adalah mengenai kolam yang anda butuhkan untuk tempat budidaya usaha ikan gurame. Jika ingin mulai usaha Ikan gurame, anda harus mebutuhkan bebarapa kolan yang memiliki fungsi yang berbeda- beda. Berikut ini adalah macam- macam kolam yang perlu anda siapkan :

  • Kolam pemeliharaan benih. Untuk kolan yang berfungsi sebagai tempat dimana telur menetas lalu menjadi larva dengan ukuran 4 cm dan berumur sekitar 13- 30 hari, hal ini anda harus memiliki kolam dengan ukuran sekitar 50 sampai 100 meter kubik dengan kedalaman mencapai 30 hingga 50 cm.
  •  Kolam pembesaran. Untuk kolam yang berfungsi sebagai tempat dimana ikan gurame akan dibesarkan hingga mencapai 500 gram per ekor atau ukuran yang siap untuk dikonsumsi. Untuk itu anda memiliki kolam yang cukup untuk 10 ekor ikan gurame saja.
  • Kolam perawatan induk. Ikan gurame induk juga diletakan di kolam yang berbeda, ini bertujuan untuk menjadi kesehatan ikan gurame tersebut dan menjada kematangan telurnya. hal ini anda harus memiliki kolam dengan ukuran sekitar lo m2 dengan kedalaman kolam berkisar minimal 50 cm atau kira- kira cukup unruk 10 ekor ikan gurame jantan dan 20 ekor gurame betina
  • Kolam pemberontakan. Kolam yang berfungsi agar usaha ikan gurame anda tidak bau lumpur dan ikan tidak mengandung kotoran.
  • Promosi

Jika semuanya sudah dipersiapkan, anda harus mulai memikirkan cara agar usaha anda memiliki kemajuan dengan memiliki banyak konsumen. Untuk itu anda dapat menggunakan promosi dengan cara offline seperti menyebarkan brosur untuk strategi promosi. Selain itu anda juga dapat mempromosikan usaha anda dengan  cara online seperti melalui media social facebook, instagram, website hingga whatsapp.

Berikut adalah tips untuk anda yang mencoba terjun di bisnis ikan gurame. Semoga bermanfaat!

author
3 Responses
  1. Tips Usaha Ikan Hias Modal Kecil Untung Besar ⋆ ARESPEDIA7 months ago

    […] Tips Usaha Ikan Gurame Untuk Pemula […]

    Reply
  2. 4 Tips Usaha Lele yang Harus Dilakukan Agar Sukses ⋆ ARESPEDIA6 months ago

    […] Baca juga : Tips Usaha Ikan Gurame Untuk Pemula […]

    Reply
  3. 4 Cara Sukses Ternak Love Bird Agar Cepat Bertelur ⋆ ARESPEDIA3 weeks ago

    […] Baca juga : Tips Usaha Ikan Gurame Untuk Pemula […]

    Reply

Leave a reply "Tips Usaha Ikan Gurame Untuk Pemula"