10 kesalahan dalam Menulis Daftar Riwayat Hidup atau CV untuk Fresh Graduate (Bagian 2)

Untuk melanjutkan artikel tentang 10 kesalahan umum saat menulis daftar riwayat hidup atau cv untuk fresh graduate bagian 1, kami akan melanjutkan 5 kesalahan umum lainnya.

Kesalahan dalam Menulis Daftar Riwayat Hidup Bagian 2

Meremehkan pengalaman lain

Saat menulis CV, kita sering berpikir perlu untuk memilih hal-hal yang diperlukan, tidak ingin masuk ke rincian tentang pekerjaan lain dengan peran yang lebih sederhana, pekerjaan sukarela atau kegiatan sosial. Namun, tidak demikian.

Apakah Anda pernah menjadi manajer klub atau organisasi sosial di sekolah? Itu sendiri mungkin tidak terlihat, tetapi jika di bawah kepemimpinan Anda, organisasi telah mencapai semacam prestasi, itu juga sangat diminati oleh pengusaha. Anda pernah bekerja paruh waktu di restoran selama sekolah? Ini menunjukkan bahwa Anda memiliki keseimbangan antara belajar dan bekerja. Jika Anda membuat lini produk baru dan meningkatkan pendapatan Anda, ini adalah pencapaian yang menarik untuk diunggulkan.

Kegagalan untuk mengabaikan pengalaman sebelumnya menunjukkan bahwa Anda memiliki karakter yang layak dilihat oleh pemberi kerja pada lulusan baru. Pengalaman ini juga menunjukkan bahwa Anda adalah pekerja keras dan terampil dalam kerja tim.

Gunakan kata-kata yang tidak jelas

Pencari kerja baru sering disuruh menulis CV dengan bahasa yang sangat samar. Kita semua suka berpikir ke arah yang kita suka mendekati masalah secara kreatif, bekerja dengan penuh semangat di bidang ini; Tetapi yang penting adalah bukti kita perlu menunjukkan kualitas yang sesuai untuk pekerjaan itu.

Anda dapat memberi nomor untuk menentukan jumlah pencapaian Anda, dan menunjukkannya dalam tulisan pendek untuk menampilkan kualitas yang sesuai untuk pekerjaan yang sesuai dengan prestasi.

Bahasa yang membosankan

“Bertanggung jawab untuk …” dan “kewajiban untuk …” adalah kata-kata yang tidak boleh digunakan dalam CV.

Menggunakan bahasa yang fleksibel dan tepat, menggunakan kata kerja yang kuat dan akurat juga merupakan salah satu poin menarik yang menarik pengusaha. Anda juga harus menghindari tulisan yang panjang dan pasif atau meninggalkan terlalu banyak informasi dasar.

Nyatakan detail yang tidak perlu

Ketika Anda telah melalui banyak pekerjaan, mengatur tugas sehari-hari seringkali tidak diperlukan. Anda harus fokus pada keunggulan dan menunjukkan pengaruh Anda dalam pekerjaan yang Anda alami. Jika Anda pernah memiliki pekerjaan sampingan di kedai kopi, dan pekerjaan ini tidak perlu dinyatakan dengan jelas di CV Anda. Pengusaha tidak peduli berapa banyak orang yang telah Anda layani, melakukan pekerjaan apa pun, atau sesuatu seperti itu.

Terkadang dibutuhkan konteks. Misalnya, Anda mungkin perlu menunjukkan lebih banyak informasi perusahaan bahwa Anda telah bekerja untuk memberikan ide atau ruang lingkup peran Anda di perusahaan itu. Anda dapat menguji ini dengan menempatkan informasi ini dalam font yang lebih kecil di bawah nama perusahaan. Itu akan membantu Anda mendapatkan informasi dan detail menarik.

Kata kunci tidak ada

Jika Anda mendaftar secara online, CV Anda perlu memiliki kata-kata yang tepat sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Kata kunci adalah frasa terperinci tentang pekerjaan, kata-kata yang mencakup kualifikasi khusus, bidang keahlian atau bidang terkait. Periksa deskripsi pekerjaan untuk menentukan siapa Anda dan pastikan Anda memiliki hal-hal itu secara alami, sesuai CV Anda.

 

author
No Response

Leave a reply "10 kesalahan dalam Menulis Daftar Riwayat Hidup atau CV untuk Fresh Graduate (Bagian 2)"