3 Peluang Bisnis Mudah Dijalankan Bagi Pemula

27 views

Peluang Bisnis Mudah Dijalankan Bagi Pemula

Setiap orang yang mau memulai suatu bisnis pastinya ia terlebih dahulu memilih-milih peluang bisnis yang ada. Diantara banyak peluang usaha tersebut pasti ia memilih peluang bisnis mudah dijalankan bagi pemula. Karena mereka tidak ingin direpotkan atau dbuat pusing dengan cara menjalankan bisnis yang ribet. Lalu adakah peluang usaha yaang gampang dijalankan dengan potensi yang menjanjikan? Banyak sekali.

Bagi seseorang yang belum pernah terjun ke dunia bisnis bagaikan ia memasuki hutan belantara yang dipenuhi binatang buas. Ia pastinya akan mendapatkan ketakutan. Takut usahanya rugi. Dan kenyataannya banyak usaha yang dilakukan oleh seorang pemula mengalami kegagalan di tahun pertama. Usaha langsung bangkrut atau sepi pembeli.

Untuk mengantisipasi kerugian dalam membuka usaha sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang sebelumnya. Misalkan ia menggunakan bantuan seorang mentor atau pembimbing bisnis yang berpengalaman. Sehingga segala kerugian dalam memulai usaha bisa diminimalisir. Mentor bisnis akan memberikan panduan dan bimbingan bagaimana cara menjalankan suatu bisnis beserta strateginya supaya bisnis cepat berhasil.

Dalam pemilihan bisnis sebetulnya anda sangat mudah menemukan. Namun untuk memilih bisnis yang tepat tentu saja dibutuhkan riset yang mendalam. Anda dapat dengan mudah menjumpai berbagai usaha di sekitar wilayah anda. Dan anda bisa membuka usaha yang sama menggunakan teknik ATM. Dalam arti tidak sepenuhnya meniru usaha yang sama.

Berikut ini beberapa jenis usaha yang bisa anda amati, tiru dan modifikasi sehingga mudah dijalankan. Seperti usaha jualan bakso, usaha jualan donat, usaha pangkas rambut, jasa ojek motor, bisnis restoran padang, usaha jualan sayur-sayuran keliling, usaha berjualan buah-buahan, reseller, dropship, usaha jasa pencucian motor dan mobil, usaha bengkel sepeda motor dan banyak jenis bisnis yang lain.

Peluang Bisnis Mudah Dijalankan Bagi Pemula

Peluang Bisnis Mudah Dijalankan Bagi Pemula

Berikut ini beberapa peluang bisnis yang mudah dijalankan bagi anda pemula, antara lain:

1. Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba merupakan salah satu jenis usaha yang mudah dijalankan bagi pemula dengan potensi keuntungan yang besar. Bisnis ini terbukti menguntungkan dan mudah dijalani. Anda tinggal menjalankan usaha waralaba berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditentukan oleh perusahaan franchise.

Untuk menggeluti bisnis waralaba tentu saja anda mendaftarkan diri terlebih dahulu kepada pemilik franchise. Biasanya anda akan dikenakan biaya investasi, biaya royalti dan biaya lainnya. Salah satu contoh bisnis waralaba yang sangat menjanjikan adalah usaha minimarket Alfamart, Indomaret, Dunkin Donuts, KFC, Mc Donald, Sabana Fried Chicken, Nyoklat, dan Yomart.

Usaha waralaba sangat mudah dijalankan. Yang penting adalah anda mempunyai uang untuk membayar lisensinya. Segala urusan produk, inovasi usaha, marketing, pengelolaan usaha, dan pembuatan produk lainnya menjadi urusan franchise pusat. Anda tinggal mengikuti petunjuk dan pedoman usaha dari awal sampai akhir sesuai yang ditentukan oleh pihak pusat waralaba.

Usaha franchise ini sangat minim resiko kerugian. Karena usaha waralaba ini terbukti berhasil dan laris manis di pasaran. Yang kemudian dijiplak dan buka cabang di daerah lain. Ada berbagai jenis usaha waralaba yang bisa anda ikuti. Seperti bisnis waralaba dalam bidang makanan, minuman, retail minimarket, laundry, usaha pencucian motor dan mobil dan lain sebagainya. Semua usaha waralaba tersebut ada yang bisa dimulai dengan modal kecil sampai modal besar.

Mengikuti bisnis franchise sangat banyak manfaatnya bagi pemula. Dan sangat dianjurkan bagi pemula untuk mulai bisnis dengan sistem waralaba. Bisnis ini akan mengajarkan pada anda cara membangun usaha dan mengelola serta mengembangkannya. Namun jangan asal memilih bisnis waralaba. Berikut ini beberapa tips sukses memilih usaha waralaba yang tepat  bagi anda, antara lain:

-Memilih usaha waralaba yang terpercaya. Seperti KFC, Mc Donald, Dunkin Donuts, Alfamidi, dan Indomart.

-Memilih bisnis franchise yang memberikan konsep dan arah yang jelas

-Memilih usaha waralaba sesuai dengan modal keuangan yang sobat punyai

– Memilih usaha franchise yang didukung oleh manajemen yang bagus meliputi inovasi barang dan pelayanan

-Memilih bisnis waralaba berdasarkan lokasi usaha setempat

Bagi anda yang memiliki modal terbatas maka dapat membuka usaha waralaba modal kecil, seperti gerai makanan cepat saji sejenis Burgers lokal dari Surakarta yaitu Burger Bags yang berlokasi sangat strategis di Colomadu adalah salah satu peluang bisnis mudah dijalankan bagi pemula. Sedangkan bagi anda sebagai pebisnis yang sudah berpengalaman banyak dalam membuka suatu bisnis maka anda bisa membuka bisnis waralaba sendiri. Anda hanya menjual lisensi franchise dan keuntungan anda dapatkan setiap orang yang mau bergabung dalam bisnis anda. Dan hal ini lebih menjanjikan ketimbang anda ikut serta kepada orang lain membuka bisnis waralaba.

Baca: Manajemen dan Strategi Bisnis Sayuran

2. Usaha berjualan pulsa elektrik

Bisnis berjualan pulsa elektrik menjadi bisnis yang mudah dijalankan bagi pemula berikutnya yang berada di urutan kedua. Anda sangat mudah mendapatkan bisnis ini di sekitar daerah anda. Mengingat bisnis ini mudah dijalankan oleh setiap orang. Yang membuat persaingan bisnis jualan pulsa elektrik sangat tinggi. Bahkan beberapa warung membuka usaha jualan pulsa.

Usaha berjualan pulsa elektrik bisa dijalankan dengan modal kecil dan modal besar. Untuk usaha jualan pulsa elektrik modal kecil biasanya dijalankan oleh kalangan pelajar, ibu rumahtangga dan mahasiswa. Mereka berjualan pulsa secara eceran keliling dengan konsumen berasal dari teman dekat dan tetangga sekitar. Sedangkan usaha jualan pulsa elektrik modal besar dengan cara membuka konter jualan pulsa di lokasi yang sangat strategis. Misalkan di dekat kampus, pasar, pusat perkantoran, maupun pinggir jalan raya yang ramai lalu lintas orang.

Berikut ini sejumlah cara yang bisa dilakukan supaya bisnis jualan pulsa bisa sukses, antara lain:

-Menerapkan strategi promosi yang efektif

-Mengelola keuangan atau cashflow yang baik

-Membangun jaringan. Anda bisa membangun jaringan dengan mencari distributor pulsa yang terpercaya dan termurah. Lalu anda membangun downline atau agen di bawah anda.

-Menjual pulsa elektrik dengan harga kompetitif

-Transaksi penjualan pulsa sangat cepat

3. Kuliner

Usaha kuliner terdiri dari dua macam yakni usaha minuman dan usaha makanan. Anda bisa memilih salah satunya atau keduanya sekaligus. Bisnis kuliner menjadi bisnis yang tidak akan pernah mati. Karena makan dan minum menjadi kebutuhan manusia setiap hari. Kita fokus dulu pada bisnis makanan ringan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk berbisnis makanan ringan. Seperti menjadi reseller, dropshipper, maupun produsen.

Mengapa anda harus memilih bisnis makanan ringan? Ada banyak hal yang mendasarinya. Salah satunya adalah makanan ringan sangat disukai semua kalangan. Dimulai kalangan anak-anak sampai orang lanjut usia. Anda dapat buka usaha kuliner secara sampingan atau utama. Keuntungan bersih dari bisnis ini dijamin sangat besar. Mengingat makanan ringan merupakan produk yang mudah laku.

Berikut ini tips sukses membuka usaha makanan ringan, antara lain:

-Rasa yang lezat

-Penampilan makanan ringan yang menawan dan menggugah selera

-Kemasan yang unik dan menarik

-Harga yang sangat terjangkau

Yang menjadi kelemahan bisnis ini adalah produk makanan ringan tidak bisa bertahan lama. Dalam beberapa minggu atau bulan, makanan ringan bisa lepek dan tidak kriuk lagi. Berikut ini sejumlah contoh bisnis makanan ringan yang menjanjikan untung besar, antara lain : produksi dan jualan sale pisang, lidi pedas, kripik singkong, makaroni, kerupuk jengkol, kripik sukun, abon, keripik ubi, kripik talas, donat, dan usaha jualan krupuk udang.

Demikianlah beberapa peluang bisnis yang mudah dijalankan bagi pemula. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak buka usaha. Semua usaha di atas sangat gampang untuk dijalankan tanpa modal besar dan tanpa perlu memerlukan keahlian dan keterampilan khusus.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Dengan Mudah

 

Gallery for 3 Peluang Bisnis Mudah Dijalankan Bagi Pemula