4 Kekhawatiran Konsumen Dalam Membeli Produk Anda

4 Kekhawatiran Konsumen Dalam Membeli Produk Anda

17 views

Kekhawatiran Konsumen Dalam Membeli Produk Anda

Produk atau jasa yang Anda jual sudah bagus dan berkualitas. Harga sudah pas, lebih murah bahkan sudah di beri diskon dan aneka bonus. Tapi calon pembeli belum juga membeli produk/barang jasa Anda tersebut. Kejadian seperti ini tidak jarang dihadapi oleh para pebisnis online maupun offline.

Jika produk sudah bagus namun belum banyak yang membeli. Banyak hal yang dapat menyebabkan hal seperti itu. Pembeli tidak segera atau sulit memutuskan membeli produk Anda. Mulai dari cara Anda melakukan promosi atau pemasaran, batas waktu penawaran hingga isi dari penawaran itu sendiri.

Bisa jadi, entah itu diungkapkan atau tidak. Calon pembeli tersebut masih memiliki keberatan atas penawaran yang Anda berikan. Masih ada kekhawaturan yang membuatnya enggan membeli produk Anda.

Untuk itu sebelum kita membuat penawaran yang menarik bagi calon pembeli alangkah lebih baik jika kita memahami apa yang sebenarnya menjadi kekhawatiran konsumen dalam membeli. Dan berikut ini adalah 4 Kekhawatiran Konsumen Dalam Membeli Produk Anda beserta cara menghilangkannya  :

“Jangan Jangan Harganya Terlalu Mahal”

Membandingkan harga adalah hal yang paling sering dilakukan calon pembeli. Kekhawatiran akan mendapatkan harga yang terlalu mahal membuat mereka suka menunda atau sulit memutuskan untuk membeli. Mulai dari membandingkan harga yang kita tawarkan dengan harga di tempat lain. Hingga membandingkan harga yang harus ia bayarkan dengan value yang ia dapat dari produk Anda sendiri.

Anda bisa memberi penawaran dengan memberi diskon, bonus, free ongkir, free konsultasi dan lain sebagainya untuk menambha value produk Anda. Namun apabila harga yang Anda tawarkan memang lebih mahal di banding pesaing maka Anda harus lebih pandai dalam menyampaikan bahwa value, diferensiasi dan keunggulan produk Anda pantas untuk dibanderol dengan harga tersebut.

“Bener Ga Ya? Produknya Bagus”

Belum percaya sepenuhnya pada kualitas produk/jasa yang  Anda jual memang tak jarang terjadi. Meskipun mulut Anda sudah berbuih menjelaskan panjang lebar mengenai hebatnya produk Anda, belum tentu calon pembeli percaya dan langsung membeli.

Satu satunya cara untuk membuat calon pembeli percaya pada kualitas produk Anda adalah berikan bukti. Anda bisa menunjukan testimoni pembeli yang puas, demonstrasi langsung, penawaran free sample dan lain sebagainya.

“Kalo Gak Cocok Bisa Dikembalikan Gak Ya ”

Penyesalan adalah ketakutan  yang selalu menghantui calon pembeli jika ternyata hasil yang didapatkan tidak sepadan dengan apa yang telah mereka bayarkan.  Apalagi untuk jual beli online yang produknya tidak dapat disentuh atau dicek secara langsung. Kekhawatiran yang sangat besar pasti dialami pembeli. Karena jika produk yang terlanjur dibeli ternyata tidak sesuai yang diharapkan lalu kemudian susah atau tidak dapat menukarnya.

Untuk itu Anda bisa memberikan penawaran garansi produk, sparepart hingga money back guaranteed. Atau bagi bisnis tertentu bisa memberi penawaran Gratis mencoba produk/jasanya dulu bayar jika puas. Dan masih banyak lagi.

“Yang Menjual Bisa Dipercaya Atau Tidak”

Resiko penipuan dan lain sebagainya membuat banyak orang yang lebih suka membeli sesuatu kepada orang yang sudah ia kenal sebelumnya. Jika tidak, mereka akan mencari Orang, toko, perusahaan yang sudah terlihat besar, berpengalaman, dan teruji.

Meski hal ini hanya masalah waktu saja. Namun bagi Anda yang baru memulai harus sejak dari awal memupuk hal hal yang bisa membuat Anda atau usaha Anda lebih dipercaya.

Hal hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjukan bahwa Anda dan usaha Anda bisa dipercaya oleh calon pembeli. Seperti melengkapi perizinan (offline), verifikasi member (online), tunjukan prestasi dan testimoni dari pembeli dan tokoh berpengaruh, Bekerja sama dengan pihak ketiga misalkan untuk pembayaran secara online menggunakan Rekening Bersama (RekBer) dan banyak lagi lainnya.

Demikianlah tadi diantaranya 4 Kekhawatiran Konsumen Dalam Membeli Produk Anda. Semoga dapat menjadi referensi bermanfaat untuk pengembangan bisnis anda kedepan, dan salam sukses selalu !!

Baca: 4 Ciri Hobi Yang Bisa Dijadikan Bisnis Menguntungkan