4 Langkah dan Cara Sukses Investasi Saham

No comment 90 views

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang dapat memberikan return atau imbalan hasil yang tinggi bagi para investor. Tetapi risiko investasi saham juga termasuk cukup tinggi. Jika Anda salah mengambil langkah, maka Anda sebagai investor bisa rugi besar karena salah dakam menempatkan modalnya di saham yang tepat. Jika Anda ingin memulai investasi saham, maka berikut cara sukses investasi saham :

4 Langkah dan Cara Sukses Investasi Saham

  • Memahami dasar-dasa dalamr investasi saham

Tanpa Anda memahami dasar-dasar investasi saham, maka bisa jadi investasi saham Anda tidak akan tahan lama. Tetapi sebaliknya, jika pengabaian pada dasar-dasar tersebut malah akan menempatkan seluruh dana Anda dalam bahaya kerugian yang besar. 

Baca juga : Cara Sukses Finansial Di Usia Muda

Jika mengenai pengetahuan yang terkait dengan dasar-dasar investasi pasar saham Anda masih sangat terbatas, maka Anda jangan ragu untuk membeli berbagai macan buku-buku untuk pemula yang ditulis oleh para investor-investor terkemuka yaitu contohnya seperti Warren Buffett. Buku-buku tersebut pada umumnya berisi mengenai strategi dan juga tips bagaimana menaklukkan pasar saham dengan cara membuat sebuah keputusan cerdas di saat yang tepat. Jadikan buku-buku tersebut sebagai suatu informasi dan pedoman Anda dalam memilih investasi tetapi jangan fijadikan sebagai suatu atauran yang paten , Anda bisa menggunakannya sebagai referensi dalam mengembangkan metode Anda sendiri.

  •  Memahami perusahaan dan model bisnis

Jika Anda tidak mengetahui bagaimana sebuah perusahaan dapat memperoleh keuntungan, Anda tidak dalam posisi untuk mengevaluasi kinerja jangka panjang pada masa depan bisnis perusahaan tersebut. Jika Anda berpikir bahwa perusahaan dapat menjadi suatu investasi yang baik, tetapi Anda belum mengetahui bagaimana cara memperoleh uangnya, maka Anda dapat mencari informasi tersebut. Anda mungkin bisa saja menemukan sebuah perusahaan untuk menjadi investasi jangka panjang yang sangat baik, atau Anda juga dapat menentukan bahwa saham sudah mulai overvalue, dan juga tidak layak masuk ke  dalam portofolio saham Anda.

  • Melakukan registrasi dan pendaftaran

Setelah Anda dapat menemukan mitra broker atau juga pialang saham yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah Anda dapat mendaftarkan diri Anda ke perusahaan broker tersebut. Hal ini bisa saja dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat melakukan pendaftarannya yaitu melalui via telepon, email,  registrasi online, atau Anda  juga bisa mendatangi langsung ke kantor broker atau juga ke Bursa Efek Indonesia yang ada di Jakarta.

Jika Anda mendatangi pialang , maka Anda akan mendapatkan suatu bimbingan dan juga pelatihan yang lebih rinci mengenai bagaimana cara investasi saham bagi para pemula yang efektif dan juga sangat menguntungkan.

Baca juga : 8 Cara Sukses Menjadi Seorang Wirausaha yang Kaya

  • Memperhatikan kondisi keuangan

Berbisnis di pasar saham Indonesia ini memang gampang-gampang susah. Ada saatnya ketika Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar tetapi juga ada saatnya Anda akan mengelami kerugian yang cukup besar pula.

Agar dapat menghindari dari kekurangan uang yang akan digunakan untuk investasi saham, terutama pada saat dibutuhkan, maka Anda harus menyisihkan uang cadangan yang dapat digunakan untuk investasi saham.

Demikianlah artikel mengenai cara sukses investasi saham, jika Anda ingin memulai investasi saham maka Anda perlu mempelajari terlebih dahulu mrngenai saham suatu perusahaan agar Anda mendapatkan keuntungan yang besar dan bukan suatu kerugian.

author
No Response

Leave a reply "4 Langkah dan Cara Sukses Investasi Saham"