4 Tips Usaha Lele yang Harus Dilakukan Agar Sukses

4 Tips Usaha Lele yang Harus Dilakukan Agar Sukses

59 views

Tips Usaha Lele


Ikan yang mampu bertahan hidup saat kepadatan tinggi yaitu ikan lele. Ikan ini memiliki tingkat konversi pakan yang menjadi bobot tubuh yang baik. Dengan sifat yang seperti ini, maka budidaya ikan lele akan sangat menguntungkan bila dilakukan secara intensif.

Ada dua segmen dalam pembudidayaan ikan lele, yaitu segmen pembenihan dan juga segmen pembesaran. Segmen pembenihan ini bertujuan untuk dapat menghasilkan benih ikan lele, sedangkan pada segmen pembesaran ini bertujuan untuk menghasilkan ikan lele yang siap untuk dikonsumsi. Bagi Anda yang ingin memulai usaha budidaya ikan lele maka perhatikan beberapa tips berikut ini :

4 Tips Usaha Lele yang Harus Dilakukan Agar Sukses

4 Tips Usaha Lele yang Harus Dilakukan Agar Sukses
  • Mempersiapkan kolam

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk usaha budidaya ikan lele adalah dengan menyediakan kolam, bisa saja dalam bentuk tanah, terpal, atau juga semen. Pastikan agar kolam yang Anda buat memiliki ukuran yang cukup besar sehingga dapat mengurangi risiko ikan lele mati karena kekurangan oksigen. Setelah melakukan pengisian kolam, Anda  harus menunggu beberapa hari sebelum menebar bibit ikan lele ke dalam kolam. Karena Anda harus menunggu proses pembentukan lumut dan juga fitoplankton yang dapat menetralkan air kolam agar tidak mudah keruh.

Baca juga : Tips Usaha Ikan Gurame Untuk Pemula

Kolam yang digunakan untuk membesarkan ikan lele tidak serumit dan juga seluas kolam pembenihan. Anda cukup menyiapkan kolam yang berukuran 5×2 meter untuk menampung kira-kira sebanyak 1000 ekor benih ikan lele. Jika ukuran kolamnya lebih besar dari itu, maka Anda dapat menghitung dengan menggunakan hitungan seperti misalnya minimal daya tampung permeter dan per kolam.

  • Memilih benih ikan lele yang unggul

Pemilihan benih ikan lele yang memilki kualitas bagus akan sangat berpengaruh besar terhadap usaha Anda nantinya. Dengan memilih benih-benih ikan lele yang ukurannya sama rata, gesit, agresif, dan juga warnanya cukup terang maka akan memberikan hasil yang maksimal dalam peluang usaha budidaya ikan lele Anda nantinya. Jadi Anda harus teliti pada saat memilih benih ikan lele nanti. Benih ikan lele yang unggul pun akan mempengaruhi kualitas dari ikan lele nantinya.

  • Mencegah hama dan penyakit

Hama dan penyakit merupakan salah satu faktor yang akan memengaruhi jumlah produksi ikan keke menurun sehingga akan mempersulit keberhasilan budidaya ikan lele. Agar dapat mencegah hama, maka Anda dapat menggunakan penghalang agar tidak ada hewan liar yang masuk ke dalam kolam ikan lele Anda. Untuk mengatasi penyakit yang menyerang ikan lele Anda, maka Anda bisa menggunakan obat agar ikan lele Anda bebas dari penyakit. Hal ini perlu Anda perhatikan dengan melakukan pengecekan setiap harinya agar ikan lele Anda terbebas dari hana dan juga penyakit.

  • Mempromosikan Ikan Lele

Terdapat banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan ikan lele Anda. Anda dapat mempromosikannnya pada saudara, teman, serta tetangga Anda. Selain itu Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk media promosi agar dapat menjaring konsumen yang luas. Dengan melakukan promosi yang unik dan menarik serta cantumkan juga alamat atau cara jika konsumen ingin membelinya agar informasi yang Anda sampaikan lengkap dan juga jelas.

Baca juga : Tips Usaha Ikan Hias Modal Kecil Untung Besar

Demikianlah artikel mengenai tips usaha ikan lele. Jika Anda ingin memulai usaha ini maka Anda harus memperhatikan tips diatas tadi agar keuntungan dari budidaya ikan lele Anda nanti mendapatkan keuntungan yang besar. Semoga bermanfaat!

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *