Cara Menabung Yang Benar
Cara Menabung Yang Benar

5 Cara Menabung Yang Benar Untuk Kehidupan Sehari-hari

27 views

Pekerjaan menabung memang memiliki beragam manfaat. Akan tetapi bagi sebagian orang, menabung adalah perkara yang cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya hal tersebut dipicu oleh berbagai persoalan. Misalnya gaji yang pas-pasan, kebutuhan yang banyak serta yang lainnya. Bagi orang yang merasa kesulitan, bisa menerapkan cara menabung yang benar dalam kehidupan sehari-hari.

Menabung sendiri berguna sebagai dana cadangan untuk waktu mendatang. Selain itu menabung juga bisa melatih seseorang dalam mengelola keuangan yang dimiliki. Serta dapat juga membentuk sebuah kebiasaan terhadap pola hidup sehari-hari yang dilakukan. Berikut daftar cara menabung yang bisa dilakukan dengan mudah:

1. Awali Menabung Dengan Nominal Kecil

Supaya kegiatan menabung tidak terkesan memberatkan atau memaksa. Dapat diambil solusi dengan mengawalinya menggunakan jumlah nominal yang sedikit. Ini juga bisa membuat penabung pemula lebih mudah melakukannya.

Lakukan cara menabung yang benar ini dengan rutin setiap minggu atau bisa juga setiap bulan. Nominal untuk bisa memulai menabung misalnya sebesar 2% dari gaji yang didapatkan. Jika hal tersebut telah menjadi kebiasaan, nominal menabung dapat ditingkatkan seiring berjalannya waktu.

2. Memastikan Tujuan Menabung

Apabila kebiasaan menabung telah terbentuk dan dijalankan. Maka untuk menentukan tujuan dari kegiatan menabung itu sendiri juga lebih mudah. Untuk itu jangan hanya menyisihkan uang untuk ditabung tanpa tujuan yang jelas kedepannya.

Diantara tujuan menabung bisa untuk kebutuhan yang berhubungan dengan pribadi dan bisa juga untuk yang berhubungan dengan keluarga. Untuk yang berhubungan dengan pribadi meliputi tabungan liburan, pergi haji dan lainnya. Sedangkan untuk yang berhubungan dengan keluarga meliputi tabungan pendidikan anak, membeli rumah baru serta lainnya.

3. Membuat Dua Rekening Berbeda

Dengan mempunyai dua rekening yang berbeda bisa menjadi cara menabung yang benar berikutnya. Dimana ada satu rekening untuk memenuhi kebutuhan harian dan juga menerima gaji. Serta rekening yang satunya adalah khusus untuk rekening tabungan.

Hal ini merupakan salah satu cara supaya uang tabungan tidak bercampur dengan uang untuk kebutuhan lainnya. Pasalnya jika dibiarkan bercampur, kemungkinan uang tabungan terpakai untuk hal yang lain bisa terjadi. Dengan begitu penabung bisa lebih jelas mengetahui kisaran nominal untuk kebutuhan dan untuk tabungan.

4. Menghindari Pengeluaran Yang Kurang Penting

Melalui cara menabung seseorang bisa lebih terhindar dari keinginan memberi berbagai macam barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Misalnya jika sebelum menabung kebiasaan minum kopi di kafe sering dilakukan. Maka hal tersebut bisa diganti dengan membuat kopi sendiri di rumah.

Hal ini akan lebih menghemat anggaran pengeluaran yang digunakan. Selain itu juga ada kebiasaan membeli makanan di luar. Agar lebih hemat bisa membeli bahannya saja kemudian memasaknya sendiri di rumah.

5. Sebagian Penghasilan Digunakan Untuk Membeli Logam Mulia

Apabila seseorang mempunyai penghasilan dari gaji dengan jumlah yang lumayan banyak. Dapat dimanfaatkan untuk membeli logam mulia sebagiannya. Dimana cara ini dapat digunakan sebagai cara menabung dalam jangka panjang maupun pendek, tergantung keinginan penabung sendiri.

Cara ini dapat dicoba agar penghasilan setiap bulannya tidak habis untuk berbagai kebutuhan yang sebenarnya kurang penting. Logam mulia nantinya dapat dijual kembali ketika harga telah meningkat. Bisa juga ketika pemilik sedang membutuhkan dana yang lumayan banyak.

Itulah informasi tentang beberapa cara menabung yang benar untuk kehidupan sehari-hari. Kegiatan menabung menjadikan hal yang cukup penting sebagai rencana keuangan di masa mendatang. Menabung sendiri bisa dilakukan dalam jangka waktu yang cukup pendek atau bisa juga dalam jangka waktu yang lumayan lama. Semua tergantung dari penabung itu sendiri.

Baca Juga: Cara Menabung Yang Unik