cara menabung yang unik dan bikin semangat
cara menabung yang unik

5 Cara Menabung Yang Unik dan Bikin Semangat agar Gajian Tidak Habis

23 views

Zaman sekarang, setiap orang pasti punya dan ingin memiliki tabungan sendiri. Namun, ‘lapar mata’ karena diskon belanja sering membuat orang lupa, hingga akhirnya gaji bulanan tak bersisa. Jika demikian, maka orang tersebut membutuhkan cara menabung yang unik dan bikin semangat, semacam ini:

1. Toples Tembus Pandang

Bagi penikmat ikan hias di dalam akuarium, pasti punya keinginan untuk selalu menambah koleksinya. Karena, ikan-ikan di akuarium yang tembus pandang selalu membuatnya tersenyum bahagia. Menyimpan uang layaknya ikan, bisa menjadi cara menabung yang unik dan bikin semangat juga. Caranya, tempatkan uang-uang tabungan ke dalam celengan berbentuk toples tembus pandang.

Melihat koin atau lembar uang yang terkumpul, pasti kan membuat pemiliknya semakin bangga dan terus punya keinginan untuk menabung dan menabung lagi. Cara ini bisa digunakan oleh siapapun, termasuk oleh ibu rumah tangga bahkan anak sekolah, yang biasanya sering mengumpulkan koin-koin receh. Atau, para pekerja dengan memasukkan lembaran uang ke toples transparan tersebut.

2. Tabungan Bertarget

Menabung butuh target tertentu supaya menambah semangat untuk meraihnya. Cara ini bisa dilakukan dengan membagi sama rata kebutuhan yang diinginkan, ke dalam banyaknya bulan yang dibutuhkan untuk meraih sejumlah uang tersebut.

Misalnya, di akhir tahun 2021 ada keinginan untuk vacation yang membutuhkan dana sebesar 10 juta rupiah. Lalu, menabung dimulai sejak Bulan Maret. Artinya, uang sebesar 20 juta rupiah dibagi 10 bulan, hasilnya adalah 1 juta rupiah. Hal itu berarti, setiap bulan harus kukuh pendirian untuk menganggap uang 1 juta di saldo tabungan sebagai ‘uang hilang’. Dengan begitu, pada bulan yang dinantikan, uang tabungannya sudah tersedia.

3. Tabungan Sesuai Belanja

Ada sebuah nasihat baik tentang menabung yaitu ‘You Spend One a Dollar, You Save a Dollar’. Sepintas terlihat berat, namun cara ini efektif untuk ‘membalas’ kegilaan belanja dengan menabung. Misalnya awal bulan ini, tepat setelah menerima gaji, seseorang segera meluapkannya dengan belanja atau makan di restoran. Maka segera balas dengan menabung.

Jangan buang slip pembayaran belanja hari itu, lalu simpan sejumlah yang sama untuk tabungan yang tidak boleh lagi digunakan sampai tanggal terima gaji bulan berikutnya. Jika berbelanja saja tega membuang uang, maka untuk menabung harus lebih tega untuk melupakan sejumlah yang sama.

4. Autodebet Gaji Bulanan

Bagi kebanyakan pegawai, gaji bulanan sudah menggunakan sistem transfer ke rekening tabungan. Cara menabung yang cocok bagi tipe pegawai adalah dengan membuat rekening tambahan, sebagai penampungan sebagian gaji yang di autodebet.

Misalnya besar gaji bulanan adalah 10 juta rupiah, ambil 35%-40% untuk autodebet ke rekening tabungan yang berbeda tadi. Maka setiap bulan, akan ada tabungan otomatis sebesar 3,5-4 juta rupiah yang dianggap ‘uang hilang’. Jangan lupa, untuk tabungan tersebut, sebaiknya tidak dibuat kartu ATM.

5. Menabung Emas Mini

Menabung emas masih diyakini sebagai cara terbaik berinvestasi, karena nilainya yang tahan inflasi. Dengan harga emas yang terus menanjak, tak perlu khawatir untuk memiliki logam mulia ini. Karena sekarang, sudah ada produk emas mini ukuran 0,1 gram, yang bisa didapatkan di gerai-gerai penjual emas batangan terpercaya.

Membiasakan diri menyisihkan uang ke dalam tabungan, akan melatih juga kedisiplinan diri. Maka dari itu, seseorang membutuhkan cara menabung yang unik dan bikin semangat menabungnya semakin hari semakin meningkat. Hal terpenting dari menabung bukanlah besaran uang yang ditabung, melainkan konsistensi untuk mau melakukan setiap bulan.

 Baca Juga: Waspada! Inilah 5 Modus Penipuan di ATM Paling Ramai