5 Jenis Produk Bank yang Paling Populer dan Kegunaannya

18 views

5 Jenis Produk Bank yang Paling Populer dan Kegunaannya

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan yang namanya bank. Terlebih saat ini sudah banyak bank yang beroperasi di Indonesia. Tujuan utama dibentuknya bank adalah untuk menghimpun sekaligus sebagai penyalur dana. Produk yang ditawarkan oleh bank sendiri bermacam-macam. Semuanya memiliki banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhan finansial setiap orang.

5 Jenis Produk Bank yang Paling Populer dan Kegunaannya
Produk Bank yang Paling Populer

Tips Memilih Perusahaan Asuransi Yang Tepat

Untuk itu dari berbagai macam produk yang ditawarkan, pahami dengan baik bahwa setiap produknya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu pahami dengan baik jenis produknya sebelum memilihnya. Di bawah ini adalah 5 jenis produk perbankan terpopuler serta kegunaannya yang dapat dijadikan sebagai sumber referensi untuk Anda yang bingung memilih produk bank tertentu, antara lain:

  • 1. Tabungan

Tabungan terbagi atas beberapa jenis pilihan, seperti tabungan berjangka, haji, rencana, dll. Produk tabungan sangat populer bagi masyarakat karena dapat digunakan untuk menyimpan uang dengan aman. Untuk itu beberapa kantor umumnya menawarkan tabungan kepada karyawannya. Karena dengan tabungan, Anda lebih mudah melakukan pemindahan dana dengan cepat. Berikut ini adalah manfaat dari menabung di bank, antara lain:

  1. Lebih aman karena Anda tidak perlu memikirkan uang yang tercecer atau dicuri orang lain. Menabung di bank akan memberikan Anda manfaat dari segi keamanan supaya keuangan Anda tetap terjamin dan tidak hilang, bebas dari pencurian.
  2. Tentu saja menabung di bank itu lebih baik daripada menitipkannya kepada orang lain atau menaruhnya di dalam rumah. Keterjaminan penyimpanan uang di bank karena sudah ada lembaga penjamin simpanan dari program pemerintah yang menjamin keamanan keuangan Anda. Namun maksimal simpanan yang dijamin LPS adalah Rp 2 M untuk setiap nasabah per bank.
  3. Dengan menabung di bank, Anda berpeluang mengembangkan uang. Itu karena suku bunganya terus tumbuh. Biasanya besaran suku bunga rekening di bank sebesar 1 hingga 2% per tahun, tergantung dari kebijakan masing-masing perbankan.
  • 2. Giro

Giro dan tabungan sama-sama produk untuk menyimpan dana di bank. Sehingga hal ini membuat sebagian besar orang tidak tahu cara membedakannya. Giro memiliki karakteristik yang berbeda dari produk tabungan biasa jika dilihat dari jenis nasabah, penarikan, dan syarat pembukaan rekeningnya.

Nasabah yang menggunakan produk giro umumnya berupa badan usaha, namun ada juga yang perorangan. Untuk jenis pencariannya hanya berupa cek atau bilyet giro. jadi tidak bisa menggunakan teller atau ATM. Kemudian untuk syarat pembukaan rekeningnya membutuhkan NPWP.

Dengan menggunakan giro, Anda akan merasa aman saat melakukan transaksi keuangan dalam jumlah besar. Selain itu cara ini lebih praktis karena dapat meminimalisir terjadinya perampokan atau tercecer saat membawa uang banyak. Selain itu, giro itu bebas limit, berbeda dengan tabungan biasa.

Anda bisa melakukan transaksi selama saldo dalam rekening mencukupi dengan nominal tanpa batas. Sehingga kegiatan transaksi semakin cepat dan lancar, baik untuk pembelian atau pembayaran hal-hal tertentu. Giro sangat membantu pengambilan gaji karyawan karena pemindah bukuan dana giro ke rekening karyawan semakin mudah.

Tidak hanya itu saja, giro juga menawarkan bonus atau bunga seperti produk tabungan. Anda bisa mendapatkan bunga dari uang yang disimpan ke dalam rekening giro. Selain berkesempatan mendapatkan bunga, masih ada lagi manfaat bonus yang dapat diterima dari rekening itu.

Cara Aman agar Nomor PIN Bebas dari Pembobolan

  • 3. Deposito

Produk lainnya yang dapat dipilih adalah deposito. Deposito memiliki waktu pencairan yang berbeda dari produk tabungan pada umumnya. Penarikan uang di luar waktu yang ditentukan bisa menimbulkan resiko pada nasabah, yaitu mendapat penalti atau pemotongan dana dari uang simpanan deposito. Berikut adalah ciri khas dari tabungan deposito, antara lain:

  1. Ada ketentuan jatuh tempo. Sehingga uang yang sudah didepositokan hanya dapat dicairkan sesuai dengan jangka waktu perjanjiannya. Hal ini biasanya disebut dengan jatuh tempo. Deposito yang telah memasuki jatuh tempo akan diperpanjang secara otomatis.
  2. Setiap deposito itu punya jangka waktu penyimpanan tertentu. Mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan. Anda bisa memilih mendepositokan dana dalam bentuk mata uang asing dan rupiah, sesuai kebutuhan. Dalam jangka waktu tertentu, membuka rekening deposito itu manfaatnya lebih besar daripada tabungan biasa dan giro.

Melihat hal tersebut, itulah sebabnya deposito biasanya bisa dijadikan sebagai uang jaminan untuk mencari pinjaman atau kredit saat tidak memiliki jaminan untuk diagunkan. Anda bisa menjadikan rekening untuk jaminan pinjaman saat memiliki deposito. Manfaat lainnya adalah suku bunganya lebih tinggi dari produk perbankan yang lainnya setiap tahun.

Lindungi Diri Anda Dengan 3 Asuransi Ini

  • 4. Kredit

Produk perbankan lainnya yang bisa membantu masyarakat adalah kredit. Produk bank ini memungkinkan badan usaha atau seseorang dapat membeli produk tertentu, kemudian membayarnya dalam jangka tertentu. Ketentuan tentang produk yang berkaitan dengan kredit bank telah tercantum ke dalam UU No. 7 th 1992.

Dimana hal tersebut telah diubah pada UU No. 10 th 1998. Masing-masing kredit memiliki beberapa ciri khas yang tidak pernah lepas dari jangka waktu, cara pembayaran, suku bunga, biaya administrasi, asuransi jiwa, tagihan, dan jaminan.

Beberapa hal tersebut dibuat untuk menghindari terjadinya kredit macet atau ternyata peminjamnya meninggal dunia. Sehingga dengan adanya ciri-ciri dari produk kredit perbankan tersebut dapat memaksimalkan manfaat dari produk perbankan ini. Beberapa manfaatnya meliputi mendorong perluasan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Efektif meningkatkan jumlah penghasilan masyarakat, mampu mengurangi tingkat pengangguran, memberi rasa aman, dapat digunakan untuk mengembangkan usaha, dan bisa dijadikan sebagai modal usaha. Jadi produk perbankan yang satu ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup nasabah yang ingin merasa aman dan mengembangkan usahanya.

  • 5. Layanan Jasa

Produk perbankan lainnya berupa layanan jasa. Misalnya saja jasa pembayaran, pengiriman uang, pembelian, dan penagihan. Beberapa layanan tersebut bisa meliputi pembayaran asuransi, layanan transfer, pembelian pulsa internet, dan pembayaran tagihan listrik. Semua layanan jasa tersebut dapat dilayani menggunakan produk M Banking, internet banking, SMS banking, ATM, dan transaksi lewat teller langsung.

Ada beberapa manfaat yang diterima bila menggunakan layanan jasa perbankan daripada melakukan transaksi manual. Berikut adalah manfaat menggunakan layanan jasa perbankan tersebut, antara lain:

  1. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi menggunakan layanan jasa bank sangat singkat dan cepat. Hal ini dikarenakan setiap layanannya sudah didukung dengan sistem online.
  2. Proses transaksinya bisa dilakukan kapan saja. Jadi Anda tidak perlu memikirkan jam buka tutup bank ketika ingin melakukan transaksi. Cukup gunakan ATM, internet banking, SMS banking, atau M banking saja, Anda sudah bisa melakukan transfer, pembelian, pembayaran, dan pelunasan tagihan kapan saja.

Melihat 5 jenis produk perbankan di atas, sebaiknya cobalah untuk memulai mengontrol diri sejak dini dan pahami resikonya dari sekarang sebelum memilih produk tersebut. Karena tanpa kemudahan transaksi dan kebijakan dari produk perbankan tersebut bisa menyeret Anda ke dalam kondisi keuangan yang tidak sehat.

Inilah Produk Asuransi Yang Cocok Untuk Anda

 

Gallery for 5 Jenis Produk Bank yang Paling Populer dan Kegunaannya