Keuntungan Menabung di Bank
Keuntungan Menabung di Bank

5 Keuntungan Menabung di Bank secara Rutin

32 views

Manajemen finansial yang baik merupakan bekal penting untuk hidup nyaman di masa depan. Salah satu langkah manajemen uang yang dapat dilakukan oleh siapa saja adalah menabung. Aktivitas menabung itu sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, contohnya seperti menabung di bank. Menariknya lagi, ada banyak keuntungan menabung di bank yang bisa didapatkan.

1. Mendapat Bunga atau Bagi Hasil

Keuntungan pertama yang bisa dinikmati dengan menabung di bank adalah mendapatkan bunga.  Sebenarnya nilai bunga untuk tabungan di bank mungkin tidak akan terasa besar. Hanya saja jika tabungan ini disimpan untuk jangka waktu yang lama maka besar bunga yang diterima akan menguntungkan.

Sistem bunga mungkin tidak diterapkan pada bank yang berbasis syariah. Namun, nasabah tetap bisa menikmati keuntungan lewat adanya sistem bagi hasil. Hanya dengan menyisihkan uang di tabungan bank, nasabah bisa mendapat keuntungan berupa nominal uang yang memuaskan.

2. Dijamin Aman

Menabung di lembaga bank tentu akan terasa jauh lebih aman. Sulit rasanya jika harus menyimpan uang sendiri di rumah apalagi jika jumlahnya terhitung besar. Lembaga bank saat ini sudah dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan.

Salah satu keuntungan menabung di bank adalah keamanan nasabah akan selalu dijamin. Jumlah uang yang disimpan juga tidak akan pergi kemana-mana sehingga tak perlu khawatir.

3. Menabung Lebih Mudah

Aktivitas menabung ini tidaklah mudah bagi sebagian orang. Ada golongan orang yang punya penghasilan cukup namun kesulitan menyisihkannya di tabungan. Menabung di bank akan menjadi solusi cerdas bagi kelompok orang yang mengalami masalah ini. Solusinya adalah dengan membuat rekening terpisah khusus untuk menabung.

Selain itu, saat ini pihak bank juga menyediakan fitur yang memudahkan nasabah menyimpan tabungan. Bank bisa menarik uang secara otomatis ke rekening khusus tabungan setiap bulannya. Nilai uang yang ditarik tentu disetujui terlebih dahulu dengan pihak nasabah. Jadi, tanpa sadar nasabah bisa memiliki simpanan atau tabungan yang nilainya memuaskan.

4. Mudah Diambil Kembali

Tidak hanya proses menabungnya yang mudah, namun nasabah juga bisa dengan mudah mengambil kembali uang tersebut. Saat dibutuhkan, uang yang ditabung bisa dengan mudah diambil lewat berbagai cara. Nasabah bisa langsung datang ke bank untuk mengambil uang atau menggunakan fasilitas mesin ATM. Pengambilan bisa dilakukan kapan saja, kecuali untuk jenis tabungan berupa deposito yang berjangka waktu tertentu.

Transaksi juga lebih mudah dilakukan jika menabung di bank. Uang tabungan bisa digunakan untuk membayar kebutuhan mendesak secara langsung. Transaksi bisa dilakukan lewat transfer ATM maupun memanfaatkan fitur mobile banking yang dapat diakses kapan saja. Tak perlu lagi repot menyimpan dan membawa uang tunai saat ada kebutuhan mendesak.

5. Memudahkan Pengaturan Finansial

Menabung di bank akan sangat memudahkan semua orang untuk mengatur finansial. Ada catatan jelas mengenai jumlah uang yang dimiliki di bank. Catatan tersebut ada di buku tabungan yang dimiliki nasabah.

Rekam transaksi uang dalam buku tabungan ini jelas bisa dipercaya dan merupakan informasi yang valid. Nasabah jadi tahu berapa besar pemasukan dan jumlah uang yang bisa disisihkan untuk masuk ke rekening tabungan.

Itulah 5 keuntungan menabung di bank yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Selama aktivitas menabung dilakukan secara rutin dan konsisten maka keuntungan ini pasti bisa diraih. Pilih lembaga bank yang terpercaya dan menawarkan fitur serta fasilitas yang paling menguntungkan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Pahami Cara Menabung Untuk Beli Rumah Dengan Gaji Kecil