5 Prinsip dan Cara Sukses Orang Jepang yang Wajib Ditiru

5 Prinsip dan Cara Sukses Orang Jepang yang Wajib Ditiru

76 views

Negara Jepang adalah negara maju yang memiliki banyak sekali keunikan yang jarang terdapat di negara mana pun. Namun pernahkan anda berfikir bagaimana cara masyarakat Jepang dapat sukses?

5 Prinsip dan Cara Sukses Orang Jepang yang Wajib Ditiru

orang jepang

Berikut ini adalah cara menjadi sukses di jepang :

  • Mandiri

Tidak heran jika orang jepang banyak yang sukses di usia muda hal ini tidak tanpa alasan karena masyarakat Jepang sudah dilatih untuk mandiri sejak masih dini. Ini berbedda sekali dengan kebiasaan masyarat di Indonesia, di Jepang anak- anak yang masih SD sudah mulai di wajibkan untuk mengurut keperluannya sendiri dari dari keperluan untuk sekolah dan lain- lain.

Maka dari itu beranjak dewasa atau lulus dari SMA tak heran jika mereka sudha tidak bergantung pada orang tua lagi dan sudah mulai mengandalkan diri sendiri dengan cara mulai mencari uang sendiri. Biasanya yang masih dalam masa belajar seperti kuliah mereka akan bekerja separuh waktu untuk biaya sekolah mereka sendiri, dan jika suatu saat uang yang mereka punya habis mereka tidak meminta uang kepada orang tua namun meminjam hutang kepada orang tua mereka dan akan di bayar hutang tersebut jika sudah memiliki uang sendiri.

Baca juga : Cara Sukses Menjadi Kaya Di Usia Muda

  • Hidup hemat

Dengan biaya hidup di Jepang yang cukup tinggi tersebut, masyarakat disana memiliki kebiasaan berhemat. Semangat yang tinggi untuk berhemat sudah menjadi sikap yang melekat apda setiap orang Jepang, bahkan sikap konsumerisme yang berlebihan tidak akan anda temui pada masyarakat Jepang. Sikap kebiasaan untuk berhemat ini lah  kunci yang dapat membuat masyarakat Jepang menjadi sukses. Tidak hanya itu fakta yang menarik dari Jepang adalah, mengingat masyarakatnya yang suka hidup hemat bahkan para pemilik toko akan memberikan diskon kepada konsumen setengah jam sebelum toko mereka tutup.

  • Kerja keras

Salah satu cara sukses orang Jepang adalah kerja keras. Etos kerja yang dimiliki orang Jepang yang tinggi ini yang dapat membuat konsen dan .. juga meningkat. Jika di Indonesia dalam sehari kita hanya bekerja 7 jam sampai 8 jam saja namun di Jepang masyarakatnya akan bekerja bisa lebih dari 8 jam. Jika selesai bekerja mereka tidak akan langsung istirahat dan bersantai, namun masyarakat Jepang tersebut masih terus produktif. Jangan terkejut jika hal ini yang mengakibatkan masyarakat Jepang meninggal akibat kelelahan dalam bekerja. Maka dari itu kita sebagai masyarakat yang tinggal di Negara berkembang perlu mencontoh sikap kerja keras yang dimiliki masyarakat Jepang, namun tidak lupa dengan kesehatan anda karena kesehatan juga hal yang terpenting.

  • Totalitas dan juga loyalitas dalam bekerja

Cara sukses di Jepang yang ke 4 adalah Totalitas dan juga loyalitas. Jika masyarakat di Indonesia sudah menjadi kebiasaan suka berpindah- pindah tempat kerja mulai dari  mereka baru lulus dengan alasan untuk mencari pengalaman dalam hidup mereka, hal tersebut berbeda dengan masyarakat Jepang yang biasanya hanya bekerja di 1 atau 2 perusahaan saja dan hingga mereka pensiun. Maka dari itu selain Negara ini terkenal super power yang mendominasi perekonomian dunia Negara yang dijuluki negri Sakura ini juga terkenal dengan loyalitas tinggi yang dimiliki masyarakatnya.

  • Selalu melakukan perbaikan dan juga berinovasi

Menurut berbagai sumber ternyata Negara Jepang ini bukanlah negara penemu, mereka hanya mengembangkan penemuan yang sudah ada hingga penemuan itu menjadi layak dan lebih baik juga dapa diterima oleh orang banyak. Kerena bagi mereka pekerjaan itu tidak ada yang dapat sempurna walaupun pekerjaan yang terbaik sekalipun. Hal itu lah yang terjadi pada mobil yang berada di Negara Jepang yang terus menerus mengalami inovasi dan juga masih terus mengalami perbaikan hingga menjadi sesuatu yang mengagumkan juga membanggakan.

Baca juga : Bagaimana Cara Menjadi Sukses dan Kaya?

Sekian penjelasan mengenai cara sukses di Jepang. Sekian, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *