5 Strategi Usaha Angkringan Dengan Modal Yang Kecil

22 views

Strategi Usaha Angkringan

Siapa yang tidak tahu Angkringan atau yang akrab disebut Wedangan? Sebuah konsep usaha kuliner yang menawarkan menu nasi kucing, wedang jahe, gorengan, dan menu sederhana lainnya. Jenis bisnis ini cukup berpeluang sehingga bisa dikatakan banyak sekali pesaingnya. Namun ada beberapa strategi bisnis angkringan yang bisa diterapkan supaya tetap laris dan menguntungkan.

Usaha Angkringan
Angkringan

Dahulu mungkin konsumen angkringan ini hanya mereka kalangan menengah ke bawah. Hal tersebut karena menu-menu yang disajikan rata-rata berharga murah. Tapi jangan salah, kini angkringan sudah naik kelas menjadi tempat nongkrong anak muda.
Peminatnya pun tidak hanya anak muda saja, beberapa orang dewasa juga terlihat lebih menyukai makan di angkringan saat ini. Oleh karena kepopulerannya tersebut, makin banyak wirausaha muda mencoba mendalami bisnis ini. Lalu seperti apa strategi bisnis angkringan yang bisa membantu supaya tetap laris dan menguntungkan? Berikut pembahasan selengkapnya :

1. Buat Konsep Angkringan Lebih Unik Dan Menarik

Pertama buat konsep angkringan lebih unik dan menarik. Jangan lagi menghadirkan angkringan sebagai warung tenda di pinggir atau trotoar jalan dan dilengkapi dengan penerangan remang-remang. Konsep seperti itu sangat kuno sekali. Jadi gunakan konsep konsep angkringan seperti :

  • Kafe Angkringan, dengan membawa suasana kafe yang digabungkan dengan angkringan. Dilengkapi beragam fasilitas seperti AC, tempat luas, serta wifi. Untuk menghadirkan kesan seperti aslinya pakai furniture bangku dari bambu. Begitu juga dengan cangkir minuman dan piring dengan menggunakan piranti makan jaman dulu.
  • Konsep Rumah Tua, yang sudah banyak dipakai oleh beberapa pengusaha angkringan di kota Solo. Mereka menggunakan rumah kuno peninggalan belanda punya keluarga mereka untuk mendirikan warung angkringan. Ternyata dengan cara seperti ini cukup banyak menarik perhatian pengunjung, yang rata-rata ingin bernostalgia saat masa kecil.

2. Mempertahankan Menu Asli Dari Angkringan

Jangan mentang-mentang mengusung konsep lebih modern, lalu menghilangkan ciri khas angkringan itu sendiri. Salah satunya adalah pilihan menu yang disajikan. Usahakan untuk tetap menyajikan menu-menu yang biasa ada di warung angkringan pada umumnya. Seperti nasi kucing, nasi pulen dengan lauk yang sederhana dan beberapa gorengan maupun sate-satean.
Begitu juga dengan sajian minumannya. Warung angkringan dikenal menyediakan minuman khas seperti wedang jahe, kopi, susu, wedang uwuh atau teh. Tetap sediakan minuman-minuman tersebut. Jika ingin menambah variasi boleh, misalnya ditambah STMJ atau beberapa minuman kekinian lainnya.

3. Menciptakan Suasana Nyaman Untuk Pelanggan

Jika mencoba makan di warung angkringan pinggir jalan pastinya suasana kurang nyaman tidak akan bisa dihindari. Mulai dari suara bising kendaraan bermotor, hingga kualitas makanan yang kurang higienis. Hal inilah yang membuat angkringan di pinggir jalan tidak dilirik oleh kalangan menengah ke atas.
Maka jika ingin kaum kelas atas berminat, usahakan membuat mereka tertarik untuk mencoba datang. Caranya dengan menjaga kualitas baik peralatan makan, hingga semua hidangan yang disajikan. Mereka para kelas atas pasti punya banyak uang untuk membayar makanan yang dijual ketika mereka merasa nyaman dan puas.

4. Memilih Lokasi Yang Tepat

Tidak kalah penting untuk memilih lokasi usaha yang tepat. Dengan memilih lokasi yang strategis, artinya peluang pelanggan yang datang akan makin besar. Otomatis keuntungan yang didapatkan juga makin banyak. Lokasi-lokasi seperti dekat kampus, pasar, pabrik, bisa menjadi pertimbangan memulai bisnis angkringan.

Baca Juga: Memulai Usaha Warung Kopi

5. Lakukan Promosi Dengan Berbagai Cara

Paling penting adalah rajin-rajinlah berpromosi dengan beragam cara. Buat supaya usaha angkringan yang baru dirintis dikenal lebih banyak orang. Bisa dengan menyebarkan pamphlet ke event-event keramaian. Sesekali beri promo pada pelanggan misalnya memberikan voucher makan setelah datang makan 3 kali, dan lain sebagainya.
Memanfaatkan media sosial merupakan cara paling mudah dan cepat untuk mengenalkan usaha angkringan ke banyak orang. Pertimbangkan juga untuk bekerjasama dengan layanan online. Dengan bantuan mereka menu angkringan akan jauh lebih cepat terjual karena pelanggan tidak repot harus datang langsung ke tempat.

Itu tadi apa saja strategi bisnis angkringan supaya tetap laris dan menguntungkan. Jenis bisnis ini memang sangat berpeluang dan menjadikannya banyak pesaing. Terapkan beberapa strategi di atas agar bisnis angkringan tetap bisa berkembang.

Baca Juga: Cara Melamar Kerja di Kapal Pesiar

Gallery for 5 Strategi Usaha Angkringan Dengan Modal Yang Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *