5 Tata Cara Jual Beli Saham Bagi Pemula
5 Tata Cara Jual Beli Saham

5 Tata Cara Jual Beli Saham Bagi Pemula

15 views

Melakukan kegiatan investasi memang banyak digemari oleh sebagian orang. Salah satu diantara investasi tersebut berupa investasi saham. Untuk itu sebelum memutuskan untuk berinvestasi saham, sebaiknya kenali terlebih dahulu cara jual beli saham dengan baik. Hal ini dapat berguna supaya hasil yang diperoleh juga lebih optimal lagi.

Banyak orang tertarik dengan investasi saham karena keuntungan yang ditawarkan dapat berlipat-lipat dari modal yang diberikan. Meskipun demikian jangan lupakan juga tentang kemungkinan mengalami kebangkrutan saat mengelola saham. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan ketika ingin jual beli saham, terutama bagi pemula:

1. Mengenal Saham

Langkah pertama yang bisa dilakukan ketika ingin memulai investasi di bidang saham, kenali terlebih dahulu apa itu saham yang sesungguhnya. Pasalnya banyak orang yang mengalami kegagalan karena langsung melakukan jual beli saham tanpa mengetahui saham itu sendiri.

Pada umumnya saham merupakan sebuah bisnis yang dijalankan. Jika seseorang memiliki saham berarti orang tersebut salah satu pemilik dari bisnis yang dilakukan. Dimana bisnis tersebut telah dipercayakan untuk dikelola oleh pihak yang bekerja secara profesional.

2. Memilih Perusahaan Sekuritas Terpercaya

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan oleh investor saham pemula adalah dengan memilih perusahaan sekuritas dengan tepat. Dimana indikator perusahaan yang baik salah satunya dapat dilihat dari reputasinya dengan masuk dalam daftar BEI.

Jika merasa bingung, meminta pendapat orang lain yang telah berpengalaman dalam jual beli saham tidak ada salahnya. Hal ini supaya tidak salah pilih yang berakibat pada kegagalan investasi yang dilakukan.

3. Melakukan Transaksi

Transaksi jual beli dalam investasi saham dilakukan melalui sebuah rekening. Dimana cara pembuatannya cukup mudah, calon investor hanya perlu melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan rekening lebih kurang selama satu sampai dua minggu. Selain rekening, yang perlu dipersiapkan adalah dana untuk investasi itu sendiri.

Jika rekening telah jadi, langkah berikutnya akan dilakukan oleh pihak perusahaan sekuritas yang telah dipilih. Perusahaan akan menjelaskan berbagai hal tentang tata cara penggunaan aplikasi jual beli saham. Dimana pembelian saham berkisar paling sedikit 1 slot atau setara dengan 100 lembar saham.

4. Pintar-pintar Memilih Saham

Salah satu cara jual beli saham supaya berhasil dengan keuntungan maksimal bisa mencari saham yang tergolong unggulan. Contohnya seperti saham blue chip, dimana perusahaan ini termasuk dalam perusahaan dengan tingkat resiko rendah.

Serta tingkat kestabilan dari perusahaan ini pun yang cukup baik. Perusahaan ini dapat ditemui kebanyakan dalam bidang keuangan semacam bank. Perhatikan juga harga pasar saham yang terjadi, para investor bisa membeli saham saat harga sedang rendah.

5. Melakukan Diversifikasi Saham

Solusi sebagai cara antisipasi kegagalan dalam satu sektor saham dapat melakukan investasi saham dalam beberapa sektor atau yang lebih dikenal sebagai mendiversifikasi. Hal ini dibutuhkan sebagai jaga-jaga jika terjadi penurunan harga saham dengan fantastis.

Dari situ seorang investor masih bisa bertahan karena memiliki beberapa sektor saham lainnya. Dimana melakukan sebuah diversifikasi sendiri membutuhkan yang namanya strategi berupa index fund. Yang dimaksud index fund sendiri merupakan pembelian saham yang telah disesuaikan dengan Indeks.

Demikian ulasan tentang cara jual beli saham bagi yang tergolong masih pemula. Dimana dalam sebuah bisnis atau investasi semacam saham. Mengetahui dan praktek adalah hal yang cukup penting dilakukan. Pasalnya setiap investor memiliki unsur dan juga strategi masing-masing untuk mengembangkan saham yang dimiliki.

Baca Juga: Cara Analisis Fundamental Saham yang Mudah Dimengerti