5 Tips Sukses Invetasi Saham Untuk Pemula

Kebanyakan orang menganggap mendapatkan uang banyak jika dengan menjalankan berbisnis investasi saham, semua itu memang benar apabila kita mendapatkan keuntungan dan apabila kita salah maka kita akan mendapatkan kerugian. Maka karena itu, ada banyak hal yang harus kita pahami agar dapat sukses berinvestasi bisnis saham. Jadi tips apa saja yang bisa kita lakukan agar sukses untuk bisnis investasi saham adalah sebagai berikut :

Tips Sukses Invetasi Saham Untuk Pemula

  1. Tanyakan Pada Diri Sendiri

Pertama, tanyakan pada diri sendiri, apa saja kelebihan dari suatu saham itu sendiri, dan bagaimana cara mengelolanya sehingga saham tersebut layak anda koleksi dan layak untuk masuk kedalam daftar investasi saham anda. Anda hanya akan menyia-nyiakan waktu anda, pikiran anda, dan tenaga anda, apabila anda memilih saham hanya berdasarkan rekomendasi dari orang lain. Jadilah investor saham yang cerdas dan mempunyai pendirian sendiri tanpa pengaruh orang lain tentang alasan mengapa anda memilih saham suatu perusahaan tersebut.

  1. Melihat perusahaan pesaing

Kedua, Sering kali kita memikirkan mengenai sebuah perusahaan yang besar maka perusahaan tersebut dapat memberikan keuntungan bagi anda. Mungkin saja perusahaan tersebut adalah memiliki investasi yang sangat baik, tetapi di sisi lain, mungkin pesaing perusahaan utamanya memiliki kelebihan yang lebih baik dalam jangka panjang, yaitu seperti tingkat pertumbuhan yang lebih cepat, atau tim manajemen yang unggul. Anda harus merekomendasikan melihat setidaknya 2 pesaing utama dalam industri yang sama dan anda harus membandingkannya untuk menentukan investasi kepada perusahaan manakah anda akan berinvestasi saham.

  1. Memahami perusaahan yang dibeli sahamnya

Ketiga, Untuk sisi manajerial, anda cukup manfaatkan bantuan google saja. Selidiki manajemennya, siapa CEO dan direksinya mengenai perusahaan yang akan anda beli sahamnya. Sedangkan untuk kondisi keuangan perusahaan tersebut, tentu saja tidak akan lepas dari laporan keuangan yang bisa diambil dari situs BEI atau dapat anda cari di yahoo finance mengai perusahaan tersebut. Anda harus mencari tahu rasio utang, ROI (return on investmennya), kemudian trend pendapatan bersihnya dalam setiap tahunnya.

  1. Kondisi keuangan investor

Berbisnis di pasar saham Indonesia ini memang dibilang gampang-gampang sulit. Gampangnya adalah ada suatu waktu dimana Anda akan mendapat banyak keuntungan, tetapi disisi lain sulitnya adalah akan ada saatnya dimana anda mengalami kerugian. Dan untuk menghindari kekurangan uang kas dalam transaksi pembukuan anda, terutama pada saat dibutuhkan, maka anda harus selalu menyediakan uang khusus untuk investasi saham.

Jangan pernah anda berhutang hanya demi untuk membeli saham di pasar modal. Karena kondisi saham kedepan nantinya kita tidak akan pernah tahu, apakah selalu mendapatkan keuntungan atau malah mendapatkan kerugian. Karena ini akan berdampak bagi anda apabila saham yang anda beli dengan berhutang dan akhirnya mengalami kerugian maka anda akan merasa kesulitan untuk mengembalikan pinjamannya. Selain itu, apabila anda membeli saham dengan menggunakan uang berhutang maka akan membuat anda tidak objektif ketika anda berinvestasi. Karena tuntutan untuk selalu untung akan membayangi setiap tindakan, bahkan mungkin sampai kebawa mimpi.

Baca juga : 7 Tips Mencapai Kesuksesan Saat Masih di Usia Muda

  1. Taking profit

Hal ini yang selalu dilupakan oleh banyak orang karena mereka sudah mendapatkan keuntungannya. Maka anda harus memberikan apresiasi kepada diri anda sendiri dengan menentukan batas waktu untuk mengambil keuntungan. Jangan sampai anda melupakan kebutuhan anda sendiri apabila anda sudah terlalu nyaman dengan bisnis investasi saham yang anda lakukan.

 

 

author
No Response

Leave a reply "5 Tips Sukses Invetasi Saham Untuk Pemula"