7 hal yang perlu diperhatikan 15 menit sebelum wawancara

7 hal yang perlu diperhatikan 15 menit sebelum wawancara kerja

112 views

Dapat dikatakan bahwa 15 menit sebelum dimulainya wawancara adalah waktu yang sangat penting ketika ingin mendapatkan pekerjaan impian. Ini adalah waktu yang tepat untuk memusatkan energi Anda pada apa yang akan dilakukan saat wawancara dan mengatur bagaimana Anda ingin diingat oleh pewawancara.

7 hal yang perlu diperhatikan 15 menit sebelum wawancara kerja

7 hal yang perlu diperhatikan 15 menit sebelum wawancara

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan 15 menit sebelum wawancara kerja dimulai!

Datang lebih awal tetapi jangan terburu-buru

Biasanya ketika pergi ke wawancara, kami takut kemacetan, kerusakan kendaraan atau risiko lainnya. Jadi Anda harus datang ke perusahaan lebih awal. Namun, Anda tidak boleh langsung pergi ke tempat wawancara karena ini dapat dianggap sebagai pemaksaan. Lebih baik lagi, tunggu di kedai kopi terdekat dan sekitar 5-7 menit sebelum wawancara dimulai.

Tetap tenang

Kita semua memiliki reaksi yang berbeda saat akan wawancara tetapi satu hal yang pasti bahwa stres tidak akan membantu Anda menunjukkan citra profesional Anda. Jadi jaga pikiran Anda tetap rileks dan tenang selama 15 menit sebelum wawancara, yang akan membuat Anda tetap fokus selama wawancara untuk mendengarkan pewawancara dengan lebih baik, sehingga akan memungkinkan Anda untuk menjawab pertanyaan Anda dengan baik dan lebih jelas.

Hentikan belajar menjawab pertanyaan

Ini bukan saatnya bagi Anda untuk mencoba mempraktikkan jawabannya lagi, karena ini akan membuat percakapan antara Anda dan pewawancara menjadi tidak wajar dan terlalu kaku. Berhentilah berlatih dan terima kenyataan saat wawancara. Yang perlu Anda ketahui bawa wawancara itu hanya percakapan. Anda perlu percaya diri pada kemampuan Anda, apa yang sudah Anda ketahui dan merespons pertanyaan secara alami.

Bersikap ramah dan terbuka

Ketika Anda tiba di lobi, bersikap ramah dengan resepsionis, penjaga keamanan atau siapa pun yang menyambut Anda. Ada kemungkinan bahwa salah satu dari orang-orang ini akan menanggapi atasan tentang perilaku Anda sebelum wawancara. Selain itu, memiliki sikap terbuka adalah cara untuk menghilangkan stres, percakapan singkat dengan resepsionis dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dan bertemu atasan dengan senyum ramah.

Pikirkan bagaimana Anda ingin diingat

Ini adalah saat yang tepat untuk memutuskan apakah satu atau dua hal yang ingin Anda ingat ketika meninggalkan wawancara, apakah itu keterampilan komunikasi yang terampil atau fasih dalam tiga bahasa atau hal positif lainnya yang membuat Anda lebih dari kandidat lain. Namun, untuk meyakinkan atasan bahwa Anda tidak hanya berbicara, tetapi berfokus pada detail yang membuktikan bahwa Anda adalah orang yang penuh kasih sayang atau seseorang dengan kemampuan yang sangat baik.

Jangan periksa email dan jejaring sosial

Bahkan memeriksa email atau membuka jejaring sosial tampaknya menjadi cara terbaik untuk menghabiskan waktu, tetapi kemungkinan Anda akan membaca sesuatu yang membuat suasana hati Anda cemas dan gugup. Dan ini jelas merupakan salah satu hal terburuk yang dapat terjadi dalam wawancara kerja, di mana pengusaha mengharapkan Anda untuk fokus dan bisa bekerja sama. Jadi berikan prioritas pada wawancara dan hindari memperbarui kabar berita sampai wawancara selesai.

Baca juga : 5 Cara Sukses Wawancara Kerja Ketika Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Berdandan

15 menit sebelum wawancara juga merupakan waktu terbaik bagi Anda untuk pergi ke kamar mandi untuk memeriksa penampilan Anda seperti rambut kepala dan pakaian. Lihat apakah itu sopan dan rapi. Juga perlu mencuci tangan dan hidung Anda dengan bersih terlebih dahulu karena ketika perjalanan mungkin kotor atau tidak bersih.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *