8 Tips Sukses Tes CPNS Terbaru Untuk Pemula

PNS (Pegawai Negeri sipil) merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati akhir-akhir ini. Banyak anak muda yang berbondong-bondong untuk mendaftar CPNS (Calon Pegawai negeri Sipil). Karena dengan te CPNS mereka bisa menjadi PNS yang kita tau hidup kita akan terjamin apabila sudah menjadi PNS. Tetapi untuk mengikuti Tes CPNS ini tidaklah mudah. Karena banyak peminatnya pemerintah sekarang membuat soal sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan SDM yang terbaik.

Tips Sukses Tes CPNS

Tetapi disini saya akan menjelaskan beberapa tips jitu untuk bisa lolos Tes CPNS:

Berdoa kepada Allah SWT

Sebelum kita melakukan sesuatu hal apapun itu sebaiknya kita awali dengan berdoa kepada Allah Agar kita bisa dipermudahkan dalam melakukan hal apapun itu termasuk tes CPNS ini. Mintalah pertolongan kepada-Nya agar bisa mengerjakan Ujian dengan baik dan lancar. Dan berdoalah agar kalian selalu diridhoi oleh Allah.

Kerjakan ujian dengan jujur

Jangan berharap kalian bisa mencontek atau membawa contekan pada saat mengerjakan ujian CPNS ini. Kalian akan sulit jika akan melakukan kecurangan karena di dalam ruangan sudah disediakan kamera CCTV yang tidak akan lolos mengawasi kalian semua.

Kenali tahapan-tahapan ujian

Dalam prosesnya, ada beberapa tahapan ujian CPNS yang harus diselesaikan. Secara umum ada 2 seleksi yang harus dilalui yaitu seleksi kompetensi bidang dan tes kompetensi dasar. SKB menjadi tanggung jawab masing-masing instansi penyelenggara. Sedangkan untuk tes TKD itu bersifat wajib dan memiliki standar kelulusan yang sama pada tiap-tiap peserta.

Belajar secara konsisten

Banyak orag yang meremehkan model ujian CPNS sehingga memasrahkan hasilnya pada Allah. Kalian harus belajar dan bekerja keras untuk mengalahkan ribuan orang pendaftar yang juga ingin menempati posisi yang kalian inginkan. Oleh karena itu belajarlah secara konsisten setiap hari agar tidak kaget menghadapi ujian nanti.

Tenang saat menghadapi ujian

Ini juga merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan. Gerogi pada saat menghadapi ujian adalah hal lumrah. Tapi jangan sampai karena terlalu gerogi membuat anda sulit berpikir dan melupakan semua hal yang yang telah dipelajari. Tenangkan diri saat akan menghadapi ujian. Mungkin dengan berdoa dan membaca al-Quran bisa meredakan gerogi anda.

Latihan simulasi CAT

Sedapat mungkin berlatih dengan simulasi CAT agar tidak gagap menghadapi ujian dengan komputer. Saya yakin ada orang yang sama sekali belum pernah menghadapi ujian dengan komputer sebelumnya. Karena itu latihan dengan menggunakan CAT juga penting agar kita terbiasa saat ujian.

Maksimalkan waktu ujian

Waktu jam yang diberikan untuk mengerjakan ujian adalah kurang lebih 2 jam. Tapi yang penting janganlah keluar dari ruang ujian sebelum waktu ujian berakhir. Gunakan waktu semaksimal mungkin atau seluruh waktu yang ada untuk memeriksa jawaban anda. Siapa tahu anda belum yakin dan ingin menggantinya. Kalian tidak perlu guraukan teman kalian yang duluan keluar ruangan. Toh hasilnya juga akan langsung terlihat begitu anda mengeklik tombol selesai ujian.

Jawab soal yang mudah terlebih dahulu

Dari sekian banyak soal yang dihadapi janganlah bepikir terlalu lama pada soal-soal tertentu. Masih banyak soal-soal yang harus dikerjaan. Jangan hanya karena 1 soal sehingga menyedot fokus dan melupakan bahwa masih banyak soal lain yang bisa jadi lebih mudah untuk dijawab. Fokus pada soal yang mudah terlebih dahulu.

Baca juga : Usaha Sampingan Di Rumah

Itulah sedikit tips untuk ujian CPNS agar bisa mendapatkan hasil lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua yang membaca artikel ini. Terimakasih.

 

 

author
No Response

Leave a reply "8 Tips Sukses Tes CPNS Terbaru Untuk Pemula"