Analisa Usaha Gorengan 2020, Keuntungan dan Cara Laris

14 views

Analisa Usaha Gorengan 2020

Anda tentu tak asing lagi mengenal makanan gorengan. Makanan ini sering dijadikan makanan pengganjal perut lapar. Bagi masyarakat Indonesia, gorengan adalah kuliner cemilan yang sering dikonsumsi sehari-hari. Kuliner gorengan terdiri-dari berbagai macam. Seperti bala-bala, gehu, ubi goreng, tempe goreng, cireng, singkong goreng, risoles, dan lain-lain. Untuk mendapatkan gorengan di tahun 2020 sudah sangat mudah. Anda bisa mendapatkannya di pedagang gorengan keliling maupun kaki lima dengan harga terjangkau.

Bagi anda yang sedang mencari peluang usaha yang menjanjikan keuntungan besar maka usaha berjualan gorengan menjadi salah satu pilihan yang tepat. Usaha gorengan merupakan suatu bisnis yang sangat menguntungkan dan selalu laris manis. Karena semua orang menyukai gorengan. Dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa dan lanjut usia.

Analisa Usaha Gorengan

Usaha berjualan gorengan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan sepanjang masa. Bisnis ini tidak akan pernah mati karena setiap hari dibutuhkan orang sebagai makanan cemilan. Gorengan sering dijadikan makanan untuk menjamu tamu maupun makanan yang cocok disantap ketika kumpul bersama keluarga, teman dan sangat cocok disantap di kala santai maupun sibuk di kantor.

Baca: 3 Tips Usaha Gorengan Yang Mudah

Keuntungan Usaha Jual Gorengan

Berikut ini beberapa keuntungan bagi anda yang memilih bisnis berjualan gorengan, antara lain:

  1. Pangsa pasar yang besar
    Anda tidak akan kesulitan dalam mendapatkan konsumen. Pasarnya sudah jelas dan sangat besar yaitu setiap orang. Bagaimana tidak?! Sebab setiap orang menyukai kuliner gorengan untuk cemilan di pagi hari, siang hari, sore dan malam hari.
  2. Keuntungan besar harian
    Dengan pasar yang luas inilah membuat penghasilan dari usaha berjualan gorengan sangat besar. Keuntungan bukan lagi bulanan tapi harian.
  3. Perputaran uang sangat cepat
    Usaha berjualan gorengan merupakan bisnis yang memiliki perputaran uang sangat cepat. Keuntungan usaha yang didapatkan bersifat harian. Yang sebagian laba atau keuntungan kotor dipergunakan sebagai modal usaha gorengan berikutnya.
  4. Mudah dijalankan
    Bisnis berjualan gorengan termasuk usaha yang paling mudah dijalankan. Anda dapat membuat aneka gorengan berbekal resep cara membuat gorengan yang anda pelajari di lingkungan keluarga atau goggle.
  5. Modal kecil
    Usaha jualan gorengan termasuk bisnis modal kecil. Modal awal bisnis ini sangat kecil dikisaran Rp 4 juta. Yang dipergunakan untuk membeli peralatan usaha seperti gerobak, wajan penggorengan, serokan, tabung gas dan kompor gas. Modal sebesar itu dapat diperkecil lagi jika anda memanfaatkan barang yang anda miliki di rumah. Misalkan anda menggunakan wajan milik sendiri.

Kelemahan Usaha Jualan Gorengan

Namun dibalik keuntungan yang sangat besar dari usaha jual gorengan tersimpan sebuah kelemahan. Salah satunya bisnis ini memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Anda dapat dengan mudah mendapatkan para penjual gorengan di lingkungan terdekat. Yang terdiri-dari penjual gorengan keliling jalan kaki, penjual gorengan gerobak keliling, penjual aneka gorengan pinggir jalan kaki lima, penjual gorengan yang mangkal dan lain-lain.
Begitu mudahnya membuat gorengan membuat bisnis ini sangat ketat persaingannya. Para pelaku bisnis mesti bersaing dengan usaha serupa di sekitarnya.

Untuk dapat memenangkan persaingan maka bisa dilakukan dengan cara menyajikan aneka gorengan yang enak dan lezat. Ini merupakan kunci sukses bisnis jualan gorengan disamping harga gorengan yang lebih murah dan bervariasi lebih lengkap.
Walaupun persaingan bisnis gorengan sangat ketat maka anda bisa tetap sukses dari bisnis ini. Mengingat pangsa pasar yang sangat besar. Namun untuk sukses, anda mesti membuat gorengan yang memiliki rasa yang sangat lezat dan berbeda dari gorengan yang lain.

Harga Aneka Gorengan Saat Ini
Seiring berjalan waktu, harga gorengan semakin naik. Dari tahun ke tahun harga gorengan mengalami kenaikan. Dari awalnya harga aneka gorengan sebesar Rp 500 per buah. Yang kemudian saat ini di tahun 2020 harga gorengan menjadi Rp 1000 per buah atau Rp 2000 untuk 3 buah gorengan. Hal ini menunjukkan inflasi ditengah harga bahan baku gorengan mengalami kenaikan.

Pengusaha Gorengan Sukses
Orang yang menggeluti usaha berjualan gorengan banyak yang mendapatkan kesuksesan. Dalam arti, ia bisa menyekolahkan anaknya hingga jenjang perguruan tinggi, ia bisa naik haji, ia bisa membeli rumah dan mobil baru dan lain sebagainya dari usaha berjualan gorengan. Banyak contoh pengusaha seperti itu. Salah satunya pengusaha gorengan sukses yang berada di daerah penulis.

Awalnya pria yang akrab disapa Mas ini berasal dari Jawa Tengah yang memilih mengontrak sebuah rumah yang berada di dalam gang dan banyak dilalui orang. Ia membuat aneka gorengan dengan bentuk lebih besar dan dijual seharga Rp 1000 per buah atau Rp 2000 per 3 buah. Karena rasanya enak dan lebih nikmat berbeda dari gorengan yang ada membuat usahanya laris manis.

Pada waktu jam buka sekitar 8 pagi, aneka gorengan yang ia jual selalu ludes dalam kurun waktu satu jam. Kemudian buka lagi pada jam 4 sore. Pada jam ini juga sama. Jualan aneka gorengan selalu habis hanya dalam beberapa menit atau jam saja. Para pelanggannya adalah masyarakat sekitar dan orang yang lalu lalang di depan rumah yang terdiri dari masyarakat biasa, karyawan dan PNS.
Dari keuntungan bisnis berjualan aneka gorengan, Mas sudah bisa membeli rumah sendiri yang kemudian ia kontrakkan. Selain itu, ia dapat menyekolahkan anaknya hingga mendapatkan gelar sarjana di universitas ternama di Bandung.

Analisa Usaha Gorengan

Analisa Usaha Gorengan 2020

Berdasarkan pengamatan penulis, sekarang ini perkembangan usaha jualan gorengan semakin menjanjikan. Beberapa orang melakukan inovasi usaha berjualan gorengan di mall atau pusat perbelanjaan kelas atas dan ternyata laris manis. Walaupun harganya sangat mahal, gorengan untuk kalangan kelas atas tetap laris manis.
Dari hal di atas dapat kita telaah bahwa usaha gorengan sangat menjanjikan untuk dijalani. Bagi anda yang sedang bingung untuk buka usaha maka tak usah bingung lagi. Anda bisa buka usaha jualan aneka gorengan dengan cara kaki lima, keliling maupun rumahan.

Namun untuk membuka usaha jual gorengan secara sukses perlu dipertimbangkan beberapa hal. Ada banyak aspek yang mesti dipersiapkan dengan matang. Yang meliputi modal awal seperti pembelian peralatan yang mesti disediakan dan bahan baku serta lokasi usaha yang sangat strategis.
Yang patut menggembirakan usaha jualan aneka gorengan dapat dijalankan dengan modal kecil. Sehingga sangat cocok dibuka bagi mereka yang mempunyai modal keuangan sangat terbatas dan ingin memiliki sebuah usaha. Walaupun modal usaha yang dikeluarkan relatif kecil tapi keuntungan sangat besar.

Usaha berjualan aneka gorengan dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa mengenal usia, jenis kelamin dan latar belakang. Siapapun dapat menjalankan bisnis ini yang sangat potensial. Yang diperlukan adalah kemampuan membuat aneka gorengan yang lezat dan enak. Semua itu dapat dipelajari lewat mesin pencarian google atau buku resep makanan.

Cara Jualan Gorengan Biar Laris

Untuk membuka usaha gorengan biar laris sebenarnya sangat mudah. Berikut ini tips dan cara jualan gorengan biar laris, antara lain:

  • Rasa yang lezat
    Inilah hal utama dalam kesuksesan bisnis gorengan yaitu rasa yang enak dan lezat yang tidak dapat diperoleh dari penjual gorengan yang lain. Dengan rasa yang enak dari gorengan yang anda buat akan menjadikan konsumen ketagihan dan menjadi pelanggan tetap.
  • Harga yang lebih murah
    Faktor kedua yang dilihat orang ketika memutuskan hendak membeli gorengan adalah harga yang lebih murah. Kalau anda membuat gorengan dengan rasa yang sama dengan kompetitor maka lebih baik anda memberikan harga yang lebih murah dari pesaing. Hak ini tak terlepas dari sifat manusia yang ingin selalu mendapatkan harga lebih murah dari barang yang sama.
  • Lokasi strategis
    Hal lain yang mendukung laris manis jualan gorengan adalah lokasi strategis. Lokasi yang berdekatan dengan banyak orang akan lebih membuat laris. Misalkan dekat pasar, dekat minimarket, pusat perkantoran, pinggir jalan yang ramai orang dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Bejualan Gorengan Dengan Modal Kecil, Untung Besar

Rekomendasi Blog tutorial cara memasak bisa kunjungi: https://bukumasakan.com

Gallery for Analisa Usaha Gorengan 2020, Keuntungan dan Cara Laris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *