Analisis Usaha Tahu Sumedang Yang Menguntungkan

34 views

Analisis Usaha Tahu Sumedang Yang Menguntungkan

Bagi orang Sumedang pastinya tidak asing dengan kuliner tahu sumedang. Jenis tahu ini berbeda dengan kebanyakan tahu. Umumnya tahu berbentuk agak besar dan berwarna kuning. Tapi tahu sumedang bentuknya agak kecil dengan warna putih dalam kondisi mentah. Namun sesudah digoreng penampilan tahu sumedang berwarna kecoklatan.
Sebelum membahas analisa usaha tahu sumedang yang menguntungkan secara lengkap maka marilah kita pelajari dulu harga tahu sumedang, beserta usaha turunannya yakni bisnis tahu crispy dan kelebihan dan kekurangan tahu sumedang. Supaya pembahasan dapat detail dan lebih lengkap lagi.

Harga Tahu Sumedang Matang

Penulis merupakan salah seorang warga Sumedang sehingga mengetahui betul harga tahu sumedang matang perbuah. Harga tahu sumedang di pasaran secara umum baik di pedagang tahu keliling atau mangkal sebesar Rp 500 per buah. Kalau dibandingkan dengan tahu yang umum sangat rugi. Karena tahu berwarna kuning sebesar Rp 500 dengan ukuran besar.
Harga tahu sumedang memang agak sedikit mahal karena yang ditawarkan adalah kualitas rasa yang lebih enak, lezat dan crispy. Setiap penikmatnya akan selalu ketagihan. Rasa yang gurih disertai kriuk membuat lidah menari-nari. Apalagi disantap dalam keadaan perut lapar dan dikonsumsi bersama keluarga tercinta maka akan menambah kenikmatan.

Usaha Tahu Crispy

Usaha tahu crispy yang sekarang ini sedang booming di tanah air tak bisa dilepaskan dari tahu sumedang. Karena bahan baku tahu crispy adalah tahu sumedang. Tahu sumedang pun sebenarnya sudah crispy. Namun sedikit crispy. Inovasi tahu sumedang menjadi tahu crispy tak lepas dari tangan kreatif dari para pengusaha muda Indonesia hingga menjadi sebuah bisnis franchise yang menguntungkan.

Baca: Usaha Jajanan Anak Dengan Modal Kecil Dan Laba Besar

Kelebihan dan Kelemahan Tahu Sumedang

Berbicara mengenai tahu sumedang, ada kelebihannya dan ada pula kelemahannya. Untuk kelebihan tahu sumedang adalah rasanya yang sangat lezat, gurih dan crispy. Sekali gigit akan menimbulkan rasa kriuk. Lebih enak dinikmati dalam keadaan hangat. Harga jual tahu sumedang pun sangat terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.
Adapun kelemahan tahu sumedang adalah tidak bisa bertahan lama. Sama seperti produk makanan yang lain, tahu sumedang jika dibiarkan berhari-hari akan menimbulkan rasa masam atau basi. Sehingga tidak layak konsumsi lagi. Kelemahan lain bentuknya yang sangat kecil dengan harga Rp 500 per buah. Padahal tahu biasa berwarna kuning ukuran besar juga harganya Rp 500 per biji.

Untuk memasak tahu sumedang memerlukan minyak goreng dalam jumlah banyak. Dan bagi mereka yang bisnis tahu sumedang harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli minyak goreng lebih banyak. Minyak goreng yang bagus untuk menggoreng tahu sumedang adalah minyak goreng kemasan yang biasa dijual di minimarket bukan minyak goreng kiloan. Karena hasilnya akan lebih berbeda. Lebih bagus dan nikmat jika tahu sumedang digoreng menggunakan bahan baku minyak goreng kemasan.

Modal Usaha Tahu Sumedang

Untuk memulai usaha berjualan tahu sumedang, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Inilah yang disebut modal usaha tahu sumedang. Berikut ini rincian biaya modal usaha tahu sumedang dari awal sampai siap buka, antara lain:

  • Pembelian gerobak atau booth
  • Peralatan usaha yang meliputi pisau, spatula, wajan, wadah, pengangkat makanan, tabung gas, kompor gas, loyang, piring, gelas, meja, kursi, serbet dan lain sebagainya.
  • Biaya bahan baku. Yang mencakup pembelian tahu sumedang mentah,garam, penyedap rasa, minyak goreng, kunyit, bawang putih, bawang merah,baking powder, tepung terigu, dan telor ayam
  • Biaya operasional yang meliputi biaya air dan listrik, biaya sewa lokasi usaha yang strategis, biaya promosi dan marketing, Total modal usaha atau estimasi keuangan yang harus disiapkan untuk membeli semua peralatan tersebut sebesar Rp 3,5 juta.Jika dalam satu hari bisa menjual tahu sumedang sebanyak 300 biji dengan harga perbiji sebesar Rp 500 maka penghasilan harian sebesar Rp 150 ribu. Dikalikan satu bulan atau 30 hari berarti penghasilan usaha tahu sumedang per bulan sebesar Rp 4.500.000. Keuntungan bersih jualan tahu sumedang sebesar Rp 1 juta per bulan.
Analisis Usaha Tahu Sumedang
tahu sumedang

Analisis Usaha Tahu Sumedang Yang Menguntungkan

Di desa penulis ada salah satu gerai usaha tahu sumedang yang langsung laris manis ketika dibuka pertama kali. Kiat suksesnya apa saja sih bisa mendadak laris manis sampat saat ini? Itulah yang menjadi pertanyaan penulis. Ternyata setelah ditelusuri didapat kesimpulan bahwa usaha tahu sumedang yang baru dibuka bisa langsung menguntungkan dan laku keras dengan menerapkan strategi-strategi berikut ini :

  • 1. Rasa yang lebih enak dan gurih

    Rasa tahu sumedang lebih enak dan gurih ketimbang penjual tahu sumedang yang lain setelah dicicipi.Inilah yang akan membuat konsumen ketagihan dan mengingat brand tahu tersebut. Yang kemudian memutuskan untuk menjadi pelanggan setia dan membicarakannya ke orang-orang di sekitarnya. Untuk mendapatkan rasa tahu sumedang yang lebih enak, lezat dan gurih maka salah satu caranya dengan menggunakan minyak goreng berkualitas terbaik.

    Baca: Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri Untuk Pemula

  • 2. Tahu tidak keropos dan lebih besar

    Seringkali beberapa penjual tahu sumedang menjual tahu yang isinya sedikit kosong. Hal tersebut membuat konsumen kecewa sebab mereka menikmati tahu pada bagian luar saja. Padahal rasa enak dan gurih tahu sumedang akan terasa lebih maknyos jika dalamya tebal. Inilah yang dilakukan oleh pedagang tahu yang sukses dengan menawarkan tahu sumedang yang isinya sangat penuh, tak kosong atau keropos dan ukuran yang lebih besar sedikit dari pesaing.

  • 3.  Lokasi strategis

    Membuka usaha tahu sumedang tidak sembarangan. Dibutuhkan lokasi strategis untuk mendukung kesuksesan bisnis ini. Beberapa lokasi yang cocok dibuka gerai usaha tahu sumedang, antara lain:
    -Pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor
    -Sekitar alun-alun kota atau pusat keramaian orang
    -Sekitar pusat perbelanjaan modern seperti minimarket , mall, swalayan dll. Atau berada di dekat pasar tradisional, pasar dadakan, dan lain-lain.
    -Sekitar kost-kostan atau rumah kontrakan yang tentu saja pasar yang dibidik adalah penghuni bangunan kost-kostan dan kontrakan
    -Sekitar pusat perkantoran

  • 4. Harga tahu sumedang yang terjangkau

    Sebenarnya bagi pengusaha tahu sumedang bebas untuk membanderol harga tahu sumedang matang. Harga lebih mahal tentu akan lebih besar mendapatkan keuntungan. Namun sebagai pelaku usaha tidak bisa demikian. Seorang pelaku usaha mesti bijak. Dimana ia harus menjual tahu sumedang sesuai harga pasar. Sebab siapa yang mau membeli tahu lebih mahal harganya?

  • 5. Konsep jualan

    Sebelum membuka usaha tahu sumedang, anda harus telah menyusun konsep bisnisnya. Bagaimana konsep usaha tahu sumedang yang hendak dijalankan. Apakah anda memproduksi tahu sumedang atau hanya menjualnya? Cara paling mudah tentu saja anda mengambil tahu sumedang dari pihak distributor atau suplier dengan harga murah. Kemudian anda menjual kembali secara matang atau mentah.
    Anda bisa membuka usaha berjualan tahu sumedang secara keliling berjalan kaki dari rumah ke rumah. Anda juga dapat berjualan tahu sumedang berkeliling menggunakan sepeda motor. Atau anda bisa memilih berjualan tahu dengan membuka kios tahu sumedang secara permanen.

    Resep cara membuat Tahu Sumedang

  • 6. Menempuh banyak cara pemasaran

    Untuk meningkatkan keuntungan bisnis tahu sumedang, dalam cara penjualan hendaknya anda melakukan dengan berbagai cara, antara lain :
    -Menjual tahu secara keliling menggunakan sales
    -Menjual tahu secara online lewat media sosial
    -Menitipkan atau konsinyasi tahu sumedang di berbagai usaha restoran atau warung makan yang ramai oleh pengunjung

  • 7. Melengkapi dengan barang lain

    Gerai usaha tahu sumedang seringkali menjajakan juga berbagai produk makanan seperti oleh-oleh makanan khas suatu daerah, telor asin, dan lontong. Karena cara ini mampu mendongkrak laba. Tak jarang disamping membeli tahu sumedang, konsumen membeli juga lontong untuk mengisi perutnya yang lapar.

Demikianlah analisis usaha tahu sumedang yang menguntungkan berdasarkan pengalaman dan kenyataan di lapangan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua.

Baca Juga: Tips Sukses Berwirausaha

Gallery for Analisis Usaha Tahu Sumedang Yang Menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *