Belajar Saham Dari 0 Keuntungan Investasi Trading Saham

Belajar Saham Dari 0, Keuntungan Investasi Trading Saham | Kelas Trading

8 views

Belajar Saham Dari 0 

Selamat datang di Kelas Trading Arespedia Episode 1. Banyak yang bertanya, bagaimana cara untuk memulai investasi atau trading saham? Setelah kalian baca artikel ini sampai habis, saya yakin kalian akan tahu apa yang harus kalian lakukan sekarang juga untuk memulai investasi atau trading saham.

Di tengah situasi dan kondisi pandemi Corona atau Covid-19 yang saat ini kita bersama-sama sedang mengalaminya. Mungkin saya bukan seorang dokter yang bisa membantu mengobati pasien Covid-19. Tapi saya adalah seorang trader yang bisa membagikan ilmu yang saya miliki kepada teman-teman yang mungkin saat ini dirumahkan atau terkena PHK. Oh iyaa buat kalian yang membaca artikel ini di masa depan, saya mau memberi tahu bahwa saat ini di tahun 2021, dunia sedang tidak stabil oleh karena pandemic Covid-19.

Dan dampaknya adalah beberapa pegawai harus di rumahkan atau bahkan kehilangan pekerjaannya. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk membuat sebuah series artikel dengan judul “Kelas Trading Arespedia”. Tujuan saya membuat kelas tersebut adalah untuk membagikan ilmu-ilmu yang saya miliki di dunia investasi dan trading saham kepada masyarakat Indonesia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat banyak terlebih di situasi Indonesia seperti sekarang ini.

Halo Smart Traders, apa kabar? Di episode kali ini saya akan memperkenalkan kepada kalian tentang Apa itu saham, kenapa harus berinvestasi saham atau trading saham, dan cara memulai investasi saham. Apa itu saham? Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Jadi dengan membeli saham perusahaan, maka kita menjadi pemilik perusahaan tersebut.

Keuntungan Investasi Trading Saham

Nah pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara kita mendapat keuntungan dari investasi atau trading saham tersebut?

Ada 2 keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan membeli saham

  1. Keuntungan dari Capital Gain.

Jadi kalau kalian beli di harga 1000 per lembar saham, 1 minggu kemudian saham tersebut naik menjadi 1100 per lembar saham, maka kalian bisa dapat keuntungan 100 rupiah per lembar sahamnya dengan menjual saham tersebut. Tinggal dikalikan saja berapa lot yang beli dan dikali seratus per lembar sahamnya karena 1 lot nya itu adalah 100 lembar. Tapi jangan lupa ada juga fee dari transaksi tersebut namun relatif kecil.

2. Keuntungan dari Dividen.

Dividen ini adalah sebagian dari laba perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang sahamnya. Kalau kalian mau cari keuntungan dari Dividen, pastikan kalian membeli saham perusahaan yang sering bagi-bagi dividen ya!

Selanjutnya kenapa kita perlu berinvestasi saham?

  • Tidak perlu modal yang besar untuk mulai berinvestasi saham.

Kalau saya tidak salah, kalian sudah bisa mulai hanya dengan modal 100 ribu rupiah saja. Kalian tinggal cari broker atau sekuritas yang bisa deposit dengan minimal Rp 100.000.

  • Keuntungan yang di dapatkan di pasar modal relatif tinggi.

Coba kita bayangkan kalau kalian investasi di deposito, kalian hanya akan mendapatkan kurang lebih 5-6% keuntungan dalam 1 tahun, dan itupun belum dipotong pajak pendapatan yang terbilang cukup tinggi 20% Di pasar modal, kalian berpeluang atau berpotensi mendapat keuntungan belasan hingga ratusan persen dalam wakut 1 tahun.

Dengan catatan kalian memiliki pengetahuan yang baik mengenai investasi atau trading saham tersebut. Dan yang terakhir, praktek investasi atau trading saham di pasar modal itu AMAN. Karena pasar modal Indonesia dilindungi atau diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi tidak mungkin ada yang namanya penipuan atau dibawa kabur uangnya dan sebagainya. Oke saya yakin kalian sudah tidak sabar untuk memulai investasi saham.

Jadi buat kalian yang mau belajar dan melihat informasi lainnya seputar saham, Nah sekarang saya mau ajarkan ke kalian bagaimana cara memulai investasi saham? Pertama-tama kalian harus membuka rekening saham di sekuritas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, tentu saja untuk melakukan transaksi. Gambar tersebut saya ambil dari website: yuknabungsaham.idx.co.id Kalian harus siapkan dokumen pribadi kalian seperti KTP, NPWP dan buku tabungan. FYI, kalau kalian tidak memiliki NPWP, tidak perlu khawatir karena kalian tetap bisa membuka rekening saham.

Kemudian kalian harus mengisi formulir di perusahaan sekuritas. Kalian bisa melihat perusahaan sekuritas yang terdaftar di website tadi ya! Lalu kalian setorkan dana awal atau deposit ke nomor Rekening Dana Investor (RDI). Nah RDI ini nanti akan di emailkan ke email kalian.dan selamat kalian telah siap berinvestasi!

Satu hal lagi yang pasti akan kalian tanyakan:

1. Yang bagus sekuritas apa ya?

2. Sekuritas A dan sekuritas B lebih bagus yang mana?

3. Bagusnya pake sekuritas apa?

Nah kalau kalian bertujuan untuk menanyakan salah satu dari pertanyaan tersebut, saya akan berikan jawabannya.

1. Fee Transaksi.

Semakin rendah fee transaksi sebuah sekuritas itu semakin baik. Sekuritas A dan Sekuritas B mungkin punya ketentuan fee transaksi yang berbeda, mungkin ada yang lebih tinggi namun mereka memiliki keunggulan lainnya. Jadi lebih baik kalian riset terlebih dahulu fee transaksi dari sekuritas yang akan kalian daftar. FYI, setau saya saat ini fee transaksi paling rendah itu di 0.15% untuk fee beli dan 0.25% untuk fee jual.

2. Setoran Awal atau Deposit.

Nah ini yang perlu kalian highlight dengan modal awal yang ingin kalian investasikan. Beberapa sekuritas terkenal di kalangan investor ritel seperti Mirae Asset, Indopremier, atau Mandiri Sekuritas memiliki ketentuan deposit yang berbeda-beda.

Sebagai contoh jika kalian ingin membuka rekening saham di Mirae Asset, kalian perlu minimum modal atau deposit sebesar 10 juta. Namun sebaliknya untuk Indopremiere, kalian bisa dengan modal di bawah 1 juta. Atau bahkan hanya 100 ribu saja sebagai dana awal atau deposit kalian. Nah untuk masalah ini silahkan kalian riset sendiri, kalian bisa juga tanyakan ke contact person setiap brokernya.

3. Sekuritas yang memiliki atau terotorisasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jadi uang investasi kalian pun aman. Sebagai bocoran saja buat kalian bahwa modal kalian tidak secara langsung dipegang oleh pihak dari sekuritas, tapi kalian memiliki rekening terpisah di bank kalian masing-masing yang disebut rekening dana investor (RDI) yang sempat saya bahas tadi di awal. dan pasti nya lebih aman.

4. Service yang ditawarkan dari perusahaan tersebut.

Salah satu yang jadi pertimbangan adalah software atau aplikasi trading yang disediakan oleh sekuritas tersebut itu harus user firendly dan mudah mencari informasi-informasi yang kalian perlukan untuk menunjang analisis kalian.

Di samping itu juga, aplikasi tersebut harus memiliki fitur yang lengkap sebagai senjata kalian untuk menganalisis pasar dan untuk trading. Kemudian biasanya banyak sekuritas-sekuritas yang menawarkan atau memiliki program pelatihan seputar investasi atau trading. Jadi ini adalah sebuah program atau service edukasi dari perusahaan tersebut atau dari sekuritas tersebut yang menawarkan edukasi ke teman-teman yang mau belajar investasi atau trading Nah ini biasanya diadakan per bulan atau bahkan per minggu.

Kalian juga perlu riset semua ini sebagai bahan pertimbangan broker mana yang lebih oke dan lebih cocok buat kalian. Nah jadi kesimpulannya adalah setiap sekuritas memiliki keunggulannya masing-masing. Mungkin ada yang menawarkan fee transaksi yang rendah namun di sisi lain, kalian harus deposit minimum cukup tinggi yaitu sekitar 10 juta. Dan sebaliknya kalian juga diperbolehkan untuk deposit minimum dengan modal rendah 100 ribu, tapi disamping itu kalian akan dikenakan fee transaksi yang cukup tinggi. Jadi semua itu terserah kalian, semua pilihan di tangan kalian, tapi yang pasti setelah kalian masuk pasar atau market, itu mekanisme perdagangannya semua sama saja.

Dan terakhir kalian juga pasti bertanya-tanya “kalau saya pake sekuritas apa?” Nah saya sendiri pake sekuritas Mirae Asset karena menurut saya fee transaksinya cukup rendah dan dia memiliki fitur atau aplikasi trading yang cukup oke.

Di sini saya tidak berafiliasi dengan sekuritas atau broker manapapun termasuk Mirae Asset, tapi kalau dari pihak Mirae Asset ingin mengajak atau menawarkan kerjasama, dipersilahkan!

Nah inilah dia Kelas Trading Arespedia Episode 1! Jadi sekarang kalian tahu kan apa yang harus kalian lakukan sekarang juga untuk memulai investasi atau trading saham.

Dan jangan lupa kalau kalian belum sempat membaca artikel saya tentang Dividen, silahkan curi ilmunya dan artikel nya disini.

Akhir kata, terima kasih untuk kalian yang sudah nonton video ini dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Dari Nol

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *