Bersama QR Payment,Transaksi Keuangan semakin Mudah!

Bersama QR Payment, Transaksi Keuangan semakin Mudah

Bersama QR Payment, Transaksi Keuangan semakin Mudah!

Saat ini sistem pembayaran berbasis teknologi semakin meningkat dan berkembang. Salah satunya adalah telah hadir metode pembayaran menggunakan teknologi QR Payment atau QR Code (Quick Response Code) yang kabarnya akan menjadi sistem pembayaran utama karena dinilai jauh lebih efisien dan praktis untuk semua orang.

Namun meski begitu, sebenarnya metode pembayaran seperti ini bukan hal yang baru. Karena faktanya QR payment sudah ada sejak dulu, hanya saja belum populer di Indonesia. Beberapa orang di Indonesia hanya akrab menggunakan pembayaran berbentuk kartu saat ingin melakukan transaksi non-tunai.

Definisi dan Fungsi QR Payment

QR Payment merupakan metode pembayaran berbasis elektronik dengan cara memindai QR Code. Cara ini bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran di gerai (outlet) langsung atau lewat e-commerce. Sesuai dengan namanya, maka proses pembayarannya sangat cepat dan mudah. Karena Anda tidak perlu menggesek kartu ke mesin EDC.

Dalam kode itu sudah terdapat informasi yang direspon dengan cepat oleh aplikasi pemindai pada smartphone seseorang. Maka dari itu QR Code biasanya dimanfaatkan untuk industri manufaktur. Biasanya teknologi ini digunakan mereka untuk inventaris barang produksi perusahaan.

Namun seiring berjalannya waktu, QR Code mulai dikembangkan untuk tujuan yang lain. Anda bisa melihat sistem pemindai barcode selama ini sebenarnya sudah sering dipakai untuk memberi tanda terhadap produk yang dijual di swalayan, minimarket, toserba, dan pasar modern yang lainnya.

Dalam barcode itu isinya adalah beberapa informasi penting, mulai dari nama produk, jenis, dan harganya. Dengan adanya informasi lengkap itu akan membantu kasir lebih mudah menghitung besaran total belanjaan para pelanggan. Maka dari itu tak heran bila ketika berbelanja di supermarket biasanya sang kasir memindai kode di produknya menggunakan scanner.

Cara Aman agar Nomor PIN Bebas dari Pembobolan

Sementara itu untuk saat ini, perkembangan teknologi ini mulai digunakan untuk metode pembayaran (menggunakan barcode scanner). Tujuannya adalah supaya proses pembayaran non-tunai bisa berjalan dengan lancar, cepat, dan efisien. Selain berbentuk cashless, namun juga bersifat paperless.

Sehingga tidak ada struk atau bukti pembayaran secara tercetak di kertas. Artinya sistem pembayarannya sangat berbeda dengan yang lainnya. Meski sama-sama menggunakan transaksi non-tunai, namun pembayaran menggunakan QR Code itu tanpa kartu seperti kartu debit dan kartu kredit.

Cara Menggunakan QR Payment

Umumnya supaya bisa melakukan sebuah transaksi pembayaran memakai QR payment ini Anda harus mengunduh dulu aplikasinya. Karena untuk bisa memanfaatkan layanan QR Payment ini harus ada aplikasi pendukung di smartphone penggunanya. Selanjutnya, lakukan pendaftaran (registrasi) dengan benar.

Mulai dari pengisian data diri hingga beberapa informasi penting yang lainnya. Untuk cara menggunakannya sangat mudah! Karena hanya perlu memindai kode QR yang tersedia di aplikasi ponsel Anda saja, maka semua tagihan bisa dibayar langsung dengan mudah. Biasanya kode QR seperti ini disebut dengan barcode scanner.

Yaitu sebuah kode yang dapat dibaca oleh sistem Near Field Communication atau teknologi NFC (komunikasi jarak dekat). Lebih detailnya, di bawah ini adalah deretan tahapan pembayaran menggunakan QR Code secara umum, antara lain:

  1. Download aplikasi e-wallet atau mobile banking dulu.
  2. Buka aplikasinya dan pilih menu pembayaran menggunakan QR code.
  3. Setelah itu lakukan pemindaian (scanning) QR code yang tertulis di struk pembelian.
  4. Selanjutnya tunggu sebentar sampai ada konfirmasi bahwa transaksinya berhasil dan pembayarannya selesai.

Namun satu hal yang perlu diingat adalah bila ingin memakai QR payment itu harus disesuaikan dengan jumlah saldo di aplikasinya dulu. Bila saldonya mencukupi, maka Anda bisa menggunakannya untuk pembayaran apapun, termasuk membayar tagihan belanja. Lebih menariknya lagi adalah PT. Bank Central Asia menyebutkan bahwa kedepannya akan menyediakan beberapa pilihan untuk metode pembayaran menggunakan QR Code.

5 Jenis Produk Bank Yang Paling Populer & Kegunaannya

Di aplikasi QR payment itu nanti akan tersedia pilihan top up saldo atau sistem pembayarannya langsung terhubung ke dalam rekening bank pemiliknya. Sehingga QR Code itu langsung terhubung dengan rekening tabungan sesuai kartu debit atau kartu kredit pemiliknya. Dengan begitu, pengguna tidak perlu melakukan top up lagi karena cara kerjanya sama seperti kartu debit dan kartu kredit pada umumnya.

Contoh Pembayaran Menggunakan QR Code di Indonesia

Saat ini sistem pembayaran QR Code sudah bukan hal yang asing lagi. Hanya saja di Indonesia umumnya fungsinya masih terbatas. Hanya ada beberapa aplikasi saja yang dapat menggunakan transaksi pembayaran berbentuk QR Code. Di bawah ini adalah contoh aplikasi yang sudah dilengkapi dengan sistem pembayaran QR Payment, antara lain:

  1. Aplikasi transportasi online ini menawarkan semua jasa dengan metode pembayaran berbasis QR Code. Anda bisa melihat di bagian menunya, maka akan terlihat icon bertuliskan Scan QR untuk pembayaran non-tunai.
  2. Aplikasi uang elektronik ini umumnya dimanfaatkan untuk pembayaran transaksi belanja di merchants yang bekerjasama dengannya. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur pembayaran berbasis QR code.
  3. T-Cash. Aplikasi ini dibuat oleh Telkomsel dan fungsinya sama seperti software pada umumnya. Selain dijadikan sebagai uang elektronik, T-Cash juga memiliki sistem pembayaran berbentuk QR Code.
  4. ID. Tentunya Anda sudah tidak asing dengan nama e-commerce yang satu ini. Beruntungnya selain menyediakan berbagai macam layanan, ternyata didalamnya juga sudah dilengkapi dengan sistem pembayaran berbasis QR Code. Sehingga hal ini membuat para konsumennya semakin mudah melakukan transaksi belanja apapun di situs tersebut
  5. Marketplace yang satu ini juga sudah menerapkan sistem pembayaran berbasis QR Code. Anda bisa langsung melihat menunya pada bagian pembayaran bertuliskan QR Payment. Sehingga hal ini akan memudahkan Anda melakukan pembelian online.

Di era milenial seperti sekarang ini membuat keberadaan ponsel semakin penting bagi sebagian besar orang. Terlebih bila seseorang tinggal di kawasan akses informasi digital yang mudah, maka kehadiran smartphone bukan hal yang langka. Semua orang pasti memilikinya. Maka dari itu tidak heran bila saat ini perkembangan teknologi pembayaran semakin ditingkatkan.

Bila dulunya orang-orang melakukan pembayaran elektronik menggunakan kartu debit dan kartu kredit, maka saat ini sudah tidak lagi demikian. Transaksi pembayaran apapun bisa dilakukan menggunakan bantuan QR Code saja. Sehingga cara ini jauh lebih praktis karena proses pemberian informasi tagihan dan harganya juga cepat.

Hanya saja untuk menggunakannya, seseorang harus memiliki smartphone dulu untuk bisa mengakses layanan pembayaran berbasis QR Payment seperti ini. Dengan adanya layanan ini membuat semua orang tidak perlu risau lagi saat lupa tidak membawa dompet yang isinya kartu kredit, kartu debit, dan uang tunai.

Asalkan masih memiliki ponsel dalam genggaman, maka semuanya bisa dibayarkan menggunakan metode QR Payment. Cukup lakukan scan saja, maka bill akan terbayar dengan mudah. Sederhana sekali bukan? Melihat hal tersebut, maka QR Code membantu Indonesia meningkatkan cashless society dengan mudah dan cepat.

 

You May Also Like

About the Author: ares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *