Bisnis Yang Cepat Laku Modal Kecil

33 views

Bisnis Yang Cepat Laku Modal Kecil

Setiap pelaku usaha menginginkan bisnis yang cepat laku modal kecil. Barang jualannya cepat laku. Karena akan menguntungkan bagi dirinya secara cepat. Namun laku di sini bukanlah insidental. Akan tetapi, bersifat abadi atau barang laku keras setiap hari. Inilah yang disebut bisnis ideal yang banyak dicari orang. Kemudian yang jadi pertanyaan “apakah ada bisnis seperti itu?”.

Bisnis yang jualannya laku setiap hari sangat banyak. Anda bisa melihat sendiri di lapangan. Ada begitu banyak usaha yang laris manis dan dipenuhi pembeli setiap hari. Seperti toko sembako, toko beras, toko makanan, gerai minuman dan lain-lain. Namun yang lebih penting bukan jenis usahanya tapi mengenai bagaimana cara mengelola usaha tersebut.

Sebelum menguraikan beberapa jenis bisnis yang cepat laku setiap hari dengan modal kecil maka perlu diuraikan mengenai cara menjalankan sebuah usaha sehingga bisa laris manis setiap hari. Karena satu jenis usaha yang laku keras belum tentu anda alami dengan buka usaha serupa. Berikut ini beberapa cara menjadikan suatu usaha menjadi bisnis yang cepat laris dan besar, antara lain:

  • 1. Belajar dari contoh yang telah ada

Anda bisa melihat di sekitar daerah anda mengenai jenis usaha apa saja yang laris setiap hari. Tuliskanlah jenis usaha tersebut. Kemudian lakukan analisa bagaimana cara mereka menjalankannya sampai bisa terlaris. Anda bisa mengamati usaha tersebut dan meniru hingga memodifikasinya secara lebih baik.

  • 2. Melihat seberapa besar pasar

Anda juga dapat melihat di lingkungan sekitar jika anda membuka suatu usaha maka seberapa banyak pasarnya. Apa permintaan masyarakat terhadap suatu produk yang akan dijual sangat tinggi atau tidak? Kalau pasarnya sangat kecil maka anda bisa memperhitungkan kembali untuk membuka bisnis lain. Karena kalau dipaksakan akan cenderung tak laris manis. Sebaliknya jika pasarnya sangat besar tanpa adanya pesaing, saatnyalah untuk buka bisnis tersebut. Sebab besar kemungkinan usaha akan laris manis.

  • 3. Mencatat perputaran uang

Setiap pengeluaran dan pemasukan dari kegiatan usaha hendaklah dicatat. Dengan demikian, anda dapat mengukur performa usaha anda. Dan jika omset menurun  maka anda harus mempunyai strategi bisnis untuk meningkatkan omset.

  • 4. Motivasi kuat

Setiap bisnis kecil-kecilan yang mau besar hendaknya pemilik bisnis tersebut memiliki motivasi yang kuat untuk mengembangkannya. Karena dengan motivasi kuat akan mampu mewujudkan apa yang ia inginkan. Usaha kecil dapat menjadi usaha besar. Untuk meningkatkan motivasi bisa dengan cara mempunyai rencana besar, membaca kisah orang-orang sukses dan besar, giat berolahraga, melakukan hobi dan selalu fokus pada jalan keluar bukannya masalah atau alasan.

Bisnis Yang Cepat Laku Modal Kecil
alat utama bisnis online

Baca: Analisis Usaha Tahu Sumedang Yang Menguntungkan

Bisnis Yang Cepat Laku Modal Kecil

Berikut ini beberapa bisnis yang cepat laku setiap hari modal kecil, antara lain:

  • Jualan barang secara Online

Bisnis online menjadi primadona usaha yang banyak digeluti orang. Salah satunya adalah menjual produk secara online menggunakan media sosial Facebook, twitter, instagram, dan whatsapp. Jenis usaha ini relatif mudah dijalankan dan berpeluang besar untuk cepat laku setiap hari dengan modal kecil. Penjualan barang juga dapat dilakukan lewat blog, website, forum maupun marketplace.

Menjual produk secara online bisa dengan modal kecil dan tanpa modal. Jika dengan modal kecil maka anda bisa berperan sebagai reseller. Sedangkan jika anda ingin membuka bisnis jualan produk secara online tanpa modal atau tanpa stok produk maka anda bisa menjalankan usaha dropshipping.

Cara menjalankan usaha dropshipping sama seperti anda menjadi perantara barang. Anda tidak perlu stok produk. Karena yang anda jual adalah produk milik orang lain. Tugas sobat hanya promosi barang sehingga mendatangkan konsumen. Perihal pengemasan dan pengiriman barang dilakukan oleh supplier. Dari setiap transaksi, anda mendapatkan komisi. Modal usaha untuk bisnis dropshipping adalah mempunyai ponsel pintar, kemampuan untuk melakukan promosi yang efektif dan adanya koneksi internet.

Penerapan bisnis dropship sebagai berikut : Diumpamakan anda mau membuka usaha berjualan laptop secara online. Anda tinggal mencari siapa yang menjadi supliernya yang menerima dropshipper. Kemudian anda menentukan harga laptop untuk memperoleh laba. Terakhir, anda tinggal membuka toko online laptop di marketplace. Misalkan : Shopee, bukalapak, dan tokopedia. Lalu anda tinggal melakukan upload gambar macam-macam laptop yang dijual.

Mengingat jumlah pengunjung marketplace sangat banyak perhari pastinya ada yang membutuhkan laptop dan membelinya di toko online anda. Setelah pembeli sudah melakukan pemesanan maka anda tinggal melakukan pesanan kembali kepada  suplier. Sedangkan alamat pengirimannya adalah alamat konsumen yang memesan kepada anda.

Untuk bisnis dropship cepat sukses dan laris manis setiap hari, ada empat kunci utama yang penting yakni :

-Rajin promosi. Dengan cara promosi iklan di Google Adword, forum online, grup Facebook, media sosial, blog pribadi, dll.

-Penentuan produk yang benar-benar terbukti terlaris dan banyak dicari orang

-Produk memiliki kualitas bagus yang dibuktikan sendiri oleh anda yang pernah menggunakannya

-Memilih suplier yang terpercaya. Yang dapat dilihat dari bintang dan label yang mereka dapatkan di marketplace serta komentar-komentar konsumen yang pernah membeli produk darinya, salah satu contoh supplier bonafit yang menerima para dropshipper adalah Almo Collections, yang berbisnis dibidang pakaian wanita.

  • Publisher

Bisnis online yang cepat laku setiap hari dengan modal kecil berikutnya adalah publisher online. Bentuk profesi sebagai publisher online sangat luas. Yang meliputi sebagai youtuber, blogger, dan lain sebagainya. Dengan cara memasang iklan mandiri di blog, media sosial maupun youtube.

Berikut ini cara menjadi publisher online yang sukses, antara lain:

-Rajin membuat konten

-Konten harus menarik

-Konten orisinal dan bermanfaat bagi banyak orang

  • Usaha Reseller

Setelah membahas bisnis dropshopping dan publisher online berikutnya adalah usaha reseller. Usaha ini sama juga dengan bisnis sebelumnya yang cepat laris setiap hari dengan modal kecil yaitu segi menjual barang secara online. Bisnis reseller mirip dengan bisnis affiliate marketing dan dropship. Yang menjadi pembeda adalah reseller harus melakukan stok produk. Anda mempunyai dan menguasai produk tersebut yang kemudian dijual lagi untuk publik.

  • Bisnis Pangkas Rambut

Usaha potong rambut menjadi bisnis yang laris manis setiap hari. Terutama pada hari Jumat dan Minggu. Untuk membuka usaha barbershop atau pangkas rambut, anda disyaratkan memiliki keahlian memotong rambut yang baik dan benar sesuai trend. Rincian biaya modal usaha pangkas rambut adalah membeli mesin cukur rambut, kursi, meja, cermin, gunting, sisir, kuas, dan lokasi usaha strategis. Diperkirakan modal awal usaha pangkas rambut sebesar Rp 4 juta.

Untuk meningkatkan laba bisnis pangkas rambut maka anda bisa membuka cabang usaha pangkas rambut di daerah lain, membuka usaha salon kecantikan, dan menyediakan layanan pangkas rambut panggilan ke rumah serta mencukur rambut dalam keadaan rapi yang membuat konsumen puas atas hasil cukuran.

  • Usaha Warung Sembako

Bisnis kebutuhan pokok dipastikan cepat laku dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan menjadi kebutuhan utama setiap orang. Sebelum memenuhi kebutuhan lain, manusia harus memenuhi kebutuhan pokoknya yang tergabung dalam produk sembako. Inilah yang membuat usaha warung sembako tradisional dan modern senantiasa laris manis.

Untuk membuka usaha warung sembako diperlukan modal usaha yang besar. Namun anda dapat memperkecil modal usaha. Dengan cara menjual produk-produk sembako yang paling laku. Seperti tepung terigu, beras, minyak goreng, gas elpiji 3 kg dan lain-lain.

Demikian beberapa bisnis yang cepat laku dengan modal kecil. Namun bukan berarti menjalani usaha di atas akan menjamin usaha akan laku keras sepanjang masa. Semua itu tergantung pengelolaan dan manajemen usaha yang dilakukan.

Baca Juga: Usaha Jajanan Anak Dengan Modal Kecil Dan Laba Besar

 

Gallery for Bisnis Yang Cepat Laku Modal Kecil