Cara Aman agar Nomor PIN Bebas dari Pembobolan

25 views

Cara Aman agar Nomor PIN Bebas dari Pembobolan

Saat ini pencurian data pribadi lewat phising sedang marak terjadi. Sehingga menghindari terjadinya pembobolan secara online, sekaligus pencurian data pribadi itu penting sekali supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah harus menjaga pin, password, dan kode OTP mulai dari sekarang.

Mau tahu alasannya? Karena bila Anda tidak menjaga rahasia nomor PIN dengan baik, besar kemungkinan Anda akan menjadi korban phising atau kejahatan cyber lainnya. Terlebih salah satu modus terbanyak penyebab phising adalah kejahatan pencurian uang dalam rekening karena pengelolaan pin yang salah.

Baik itu pembuatan kombinasi pin yang mudah, penyimpanan nomor pin yang salah, dan beberapa kebiasaan lainnya yang menyebabkan rekening mudah dicuri. Untuk itu sebaiknya jaga keamanan pin ATM dan kartu kredit dengan baik. Supaya dompet digital Anda tetap aman terkendali dan bebas dari pencurian.

Cara Aman agar Nomor PIN Bebas dari Pembobolan
ATM Bebas dari Pembobolan

Kode PIN Paling Umum Digunakan

Mungkin selama ini Anda berpikir dalam saldo rekening Anda hanya ada sedikit, sehingga tidak perlu repot-repot membuat kombinasi PIN-nya. Karena PIN yang rumit seringkali membuat Anda lupa dan kerepotan sendiri. Padahal sebenarnya hal seperti ini jelas tidak tepat sama sekali dan bisa berakibat fatal terhadap sistem keamanan rekening pribadi Anda.

Kode PIN paling populer, seperti “1234” sering digunakan daripada gabungan dari keseluruhan kode pin yang tidak populer seperti 4200 atau lain-lain. Orang sangat malas membuat kode rahasianya, sedangkan ada 28% orang lebih memilih menggunakan kode PIN 123456.

Sedangkan kombinasi kode 7 angka terpopuler di posisi lainnya yaitu 8675309. Tidak hanya itu saja, beberapa orang cenderung menyukai pemakaian angka pasangan untuk pembuatan PIN supaya mudah diingat. Misalnya saja seperti, 1212, 3535, dan sejenisnya. Mereka tidak suka angka berjauhan seperti 2913.

Beberapa orang lebih suka menggunakan kombinasi angka berdekatan seperti 4567, sehingga kode PIN-nya menjadi mudah ditebak orang lain. Kode PIN lainnya yang paling sering digunakan adalah 2580. Meskipun terlihat acak, ternyata bila dilihat dari tombol ATM dan pesawat telepon akan terlihat bila ke-4 angkanya membentuk pola garis lurus pada derean tengah.

Sehingga kode PIN tersebut mudah ditebak karena ternyata tidak acak. Kode PIN lainnya yang berurutan, namun populer dan sering diretas atau dibobol adalah angka selang-seling seperti 4545 dan berurutan 1234. Itulah sebabnya segera perbaiki kesalahan umum dalam pembuatan kode PIN sejak dini supaya terhindar dari aksi pembobolan nomor PIN.

Produk Asuransi Yang Cocok Untuk Anda

Alasan Dilarang Menggunakan Tanggal, Bulan dan Tahun sebagai Nomor PIN

Tidak menggunakan tanggal, bulan, dan tahun untuk pembuatan nomor PIN adalah hal yang sangat penting. Jadi jangan pernah menggunakannya hanya karena tidak ingin lupa kode pinnya sehingga mencari nomor yang mudah diingat. Masalahnya adalah bila Anda menggunakan tanggal penting seperti tanggal kelahiran yang mudah diketahui orang lain, otomatis ini akan memudahkan seseorang melakukan pencurian terhadap rekening Anda.

Karena saat menggunakan tahun, seperti 19–, otomatis itu akan mudah ditebak orang lain karena rahasia Anda mudah diketahui mereka. Seseorang dengan mudahnya mencari tahu tanggal lahir Anda lewat tanda pengenal. Sehingga bila Anda menggunakannya sebagai kode PIN, jelas itu akan sangat berbahaya sekali.

Khususnya bila terjadi hal fatal seperti kehilangan dompet, dimana didalamnya ada KTP, SIM, dan kartu ATM sekaligus. Sehingga orang bisa dengan mudahnya mengetahui nomor PIN Anda, bila menggunakan tanggal kelahiran sebagai nomor PIN Anda. Walaupun ingin menggunakan tanggal kelahiran, sebaiknya gunakan tanggal kelahiran orang lain sebagai kode pin.

Misalnya saja menggunakan tanggal lahir orang tua, kakak, adik, dimana hanya Anda dan keluarga saja yang tahu. Namun sebaiknya tetap hindari pemakaian tanggal lahir karena hal tersebut sangat beresiko besar. Untuk itu gunakan kode pin yang sulit ditebak bila ingin membuat nomor PIN ATM atau kartu kredit.

Tips Membuat Kode Nomor PIN yang Sulit Dibobol

Sebenarnya membuat kode PIN yang sulit ditebak itu ada rumusnya tersendiri. Anda bisa membuat PIN-nya secara online atau lewat mesin ATM. Namun saat membuatnya menggunakan mesin ATM, pastikan tidak ada orang di sekitar Anda. Demi alasan keamanan keuangan Anda, sebaiknya perhatikan tips berikut ini saat membuat kode nomor PIN agar sulit dibobol, antara lain:

  1. Jangan pernah memakai angka berurutan, seperti 1234, 4567, 7890, dll.
  2. Jangan memakai pengulangan angka yang sama. Misalnya seperti 000000 dan 343434.
  3. Jangan membuat nomor PIN untuk kartu debit sama seperti kartu kredit, dan lain-lain.
  4. Jangan membuat nomor PIN yang sama dengan orang lain. Misalnya saja sama seperti milik suami atau istri.
  5. Jangan menggunakan tanggal lahir atau pola DDMMYY. Baik itu menggambarkan hari kelahiran Anda, keluarga, pacar, suami, istri, dll. Karena kombinasi tersebut mudah ditebak oleh orang yang berniat buruk kepada Anda.
  6. Jangan membuat nomor PIN yang berkaitan dengan nomor telepon rumah, HP, dan extension kantor. Jadi buat kombinasi acak dari angka 0 hingga 9 supaya sulit ditebak orang lain, meskipun oleh orang terdekat sekalipun.

Cara Menjaga Nomor PIN Tetap Aman

Kesalahan dalam mengelola nomor pin kerap sekali terjadi bukan hanya karena pembuatan kombinasi pin yang terlalu mudah ditebak. Namun hal ini bisa saja terjadi karena penyimpanan nomor pin yang salah. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari untuk membuat nomor pin Anda tetap aman dan terhindar dari pencurian, antara lain:

  1. Jangan pernah menulis nomor PIN tepat di kartu ATM-nya. Karena hal ini bisa membuat seseorang yang menemukan atau melihat kartu ATM Anda mudah mengambil uang di dalamnya begitu melihat tulisan nomor pin pada kartu ATM-nya.
  2. Hindari menyimpan nomor PIN didalam dompet, catatan ponsel dengan judul yang jelas. Meskipun Anda ingin supaya tidak sampai lupa, jelas hal ini salah besar karena bisa membuat seseorang dengan mudahnya tahu nomor PIN Anda.
  3. Meminta seseorang untuk mengambil uang di ATM langsung dengan cara memberitahukan nomor PIN adalah hal yang salah! Terutama bila sampai Anda membocorkan pin ke orang-orang yang mengaku dari perusahaan lain atau bank lainnya. Otomatis hal ini akan memudahkan terjadinya pencurian pada rekening Anda.
  4. Malas update atau ganti PIN secara rutin, setidaknya setiap 6 bulan sekali juga merupakan salah satu penyebab kebobolan rekening di bank. Kemalasan dan sikap yang terlalu menggampangkan bisa berakibat fatal bila Anda tidak menyadarinya. Terlebih bila Anda mudah percaya kepada orang lain dengan tidak merahasiakan PIN pribadi.

Sangat disayangkan sekali karena ternyata masih banyak nasabah belum begitu menyadari bahwa password, PIN, dan kode OTP itu harus dijaga dengan baik karena sifatnya rahasia. Maka dari itu usahakan untuk menjaga dan mengelola pin ATM mulai dari sekarang. Bila perlu lebih rutinlah mengganti dan mengupdate nomor pinnya supaya lebih aman bebas dari pembobolan.

5 Produk Bank Yang Paling Populer

Gallery for Cara Aman agar Nomor PIN Bebas dari Pembobolan