Cara Analisis Fundamental Saham yang Mudah Dimengerti
Cara Analisis Fundamental Saham

Cara Analisis Fundamental Saham yang Mudah Dimengerti

16 views

Analisis Fundamental saham merupakan sebuah teknik analisis yang dilakukan dalam berinvestasi yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dan terhindar dari kesalahan dalam membeli saham. Sederhananya, dengan analisis ini dapat menghindarkan dari kerugian akibat salah dalam pembelian saham yang sebenarnya tidak layak beli. Ingin tahu caranya? Silahkan simak penjelasan berikut :

1. Memahami Laporan Keuangan

Ketika hendak menilai baik tidaknya suatu perusahaan, hal yang bisa dilihat salah satunya dari laporan keuangan. Oleh karena itu, laporan keuangan bisa sangat penting dan termasuk kedalam analisis fundamental saham. Setiap perusahaan memiliki indikator berbeda dalam menemukan saham terbaik dengan membaca dan menganalisis laporan keuangan.

Jika belum merasa pandai dalam membaca laporan keuangan, minimal pelajari indikator-indikator yang penting dalam sebuah laporan keuangan, yang biasanya digunakan untuk mengevaluasi perusahaan berdasarkan laporan keuangannya. Beberapa indikator diantaranya adalah, Return on Equity, Earning per Share, Asset and Liability, Hutang bank dan analisis cash flow.

2. Memilih Perusahaan yang Kuat

Hal kedua yang harus dipahami dalam analisis dasar adalah status suatu perusahaan yang akan dipilih. Temukan dan memastikan bahwa perusahaan yang dipilih memiliki pondasi yang kokoh, memiliki keuangan yang baik, dan proses yang baik untuk masa yang akan datang. Singkatnya, perusahaan yang dipilih yang tidak akan tergeser oleh perkembangan zaman.

Untuk membantu memilih perusahaan yang memiliki kriteria tersebut, disinilah pentingnya kemampuan mempelajari laporan keuangan. Setelah melihat laporan dari keuangan perusahaan yang akan dipilih. Dalam laporan keuangan tersebut, terdapat hal yang bisa dipelajari mengenai kinerja masa lalu perusahaan tersebut. Minimal kinerja dalam 5 tahun terakhir dan prospek perusahaan kedepan nantinya.

3. Memahami Margin Of Safety

Jika menggunakan teknik valuasi, masih terdapat kemungkinan bahwa asumsi dan prediksi yang dilakukan masih memiliki kesalahan. Hal ini dikarenakan ketika memprediksi masa depan akan banyak sekali faktor yang tidak terduga yang saling mempengaruhi dan berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, disinilah pentingnya konsep MOS (Margin of Safety) diterapkan pada sebuah prediksi.

Konsep MOS sendiri tertulis dalam sebuah buku berjudul The Intelligent Investor yang ditulis oleh Benjamin Graham. Pokoknya, ketika akan membuat prediksi harus dibuatkan buffer atau pencegah untuk mnegantisipasi dari ketidak pastian yang ada di masa depan. Contoh yang nyata dan tidak ada yang menduga, tengah dialami di seluruh dunia misalnya pandemi Covid-19.

4. Melihat Acuan Harga Saham yang Wajar

Cara analisis fundamental yang keempat adalah mengacu terhadap harga saham yang bisa dibilang wajar. ketika akan membeli saham, selain memilih perusahaan yang kuat atau solid seperti disebutkan pada poin kedua. Membeli sahamnya pun harus pada momentum atau waktu yang tepat dimana, harga saham bisa dibilang normal dan sesuai. Caranya dengan menentukan harga acuan, karena harga saham cenderung selalu naik dan turun.

5. Mencari Sumber Informasi yang Benar

Saat melakukan analisis fundamental saham, sumber yang efektif dari sebuah informasi merupakan salah satu faktor penentu dalam menentukan keberhasilan. Pentingnya kebenaran sumber informasi, dikarenakan banyak pelaku investasi yang mengambil keputusan atas kabar yang belum tentu kebenarannya. Sumber yang valid bisa ditemukan pada laman resmi seperti situs Bursa Efek Indonesia dan juga situs perusahaan terkait.

Jadi dengan melakukan analisis fundamental saham yang benar akan membuat investor selangkah lebih maju untuk mendatangkan keuntungan. Analisis ini juga akan mudah dipelajari jika lebih berusaha, karena kini sudah banyak bermunculan alat yang akan membantu dalam melakukan analisis fundamental. Selanjutnya hanya tinggal mempersiapkan mental dan feeling yang kuat ketika akan mengambil keputusan.

Baca Juga: 5 Aplikasi Saham Online Terpercaya di Indonesia