htmlF IMG 60518ed40d1e5
caption

Cara Beli Saham, Bid Offer Saham, Auto Rejection

6 views

Cara Beli Saham

Selamat datang di Kelas Trading Arespedia. Hari ini kita akan belajar beberapa hal yang wajib kita pahami, sebelum kita membeli saham pertama kita. Salah satunya mengenai mekanisme perdagangan di bursa saham.

Di artikel sebelumnya, kita sudah belajar apa itu saham, apa keuntungan kita investasi atau trading saham, dan kalian juga yang tertarik sudah tahu bagaimana caranya memulai trading saham. Dan saya yakin beberapa dari kalian sudah membuat atau memiliki rekening saham saat ini.

Di bab tersebut kita akan sama-sama belajar tentang trend analysis, support and resistance, chart pattern, candlestick pattern, indikator dan banyak yang lainnya seperti gambar di sebelah sini ya. Nanti juga kita akan belajar tentang risk management yang baik agar kita profit konsisten dari trading saham. Dan kita juga akan belajar entry dan exit strategi dengan cara yang saya lakukan selama ini.

Nah buat kalian yang belum baca artikel sebelumnya, kalian harus baca dulu guys. Link nya ada di deskripsi ya atau kalian bisa klik tombol di sini guys.

Sekali lagi thank you banget temen-temen semua. Oke guys, di Kelas Trading SKS Hari ke-2 ini kita bakal membahas dan memahami beberapa hal penting yang wajib kita ketahui sebagai seorang trader atau investor saham. Nah kita bakal melihat jam perdagangan pasar modal, mengenal istilah auto rejection dan belajar tentang mekanisme perdagangan di bursa saham. Dan setelah kalian mengikuti kelas hari ini, saya yakin kalian sudah siap untuk membeli saham pertama kalian!

Jam perdagangan pasar saham

Oke yuk langsung saja kita bahas! Nah yang pertama yang mau kita pelajari terlebih dahulu adalah jam perdagangan pasar saham. Ibaratnya kalau kita mau beli daging atau bahan-bahan untuk masak, kita pasti akan pergi ke pasar daging ya biasanya.

Nah, 1 hal yang perlu kita tahu adalah pasarnya itu bukanya jam berapa bener ga sih? Biasanya kan mereka itu buka dari pagi-pagi banget dan siang udah mulai tutup. Nah kalau kita datang misal jam 12 siang atau jam 1 siang, pasti kita ga bisa beli apa-apa karena pasarnya sudah tutup dan harus pergi ke supermarket mungkin.

Oleh karena itu kita perlu memahami jam perdagangan bursa saham itu dibuka pada jam berapa dan tutupnya jam berapa karena tidak seperti minimarket ya temen-temen yang buka 24 jam.

Jam perdagangan di bursa saham itu dibagi menjadi beberapa segmen nih guys mulai dari pra pembukaan, perdagangan normal, kemudian pra penutupan dan pasca penutupan pasar. Tapi sekarang kita mau fokus membahas jam perdagangan normal saja ya.

Jadi market itu buka 1 minggu 5 hari dari hari Senin-Jumat, jadi kalau weekend ga ada perdagangan apa” ya karena pasarnya tutup. Nah setiap harinya itu dibagi menjadi 2 sesi temen-temen, Sesi pertama itu dimulai dari jam 9 sampai jam setengah 12 siang. Kemudian nanti akan dibuka lagi jam setengah 2 siang sampai pukul 14:50.

Nah ini kalian catat ya guys, atau kalau bisa kalian ingetin di kepala gitu. Karena saya pengalaman juga awal-awal trading nih guys, beli di jam 12 siang pas marketnya lagi istirahat, terus saya bingung kenapa kok ga kebeli ya gitu.

Auto Rejection

Next, yang kedua kita akan belajar dan memahami tentang Auto Rejection ya guys! Nah apa itu Auto Rejection? Ya seperti postingan Instagram di sebelah saya ini, Auto rejection adalah batas kenaikan atau penuruan suatu saham dalam satu hari. Nah jadi batas atas itu biasa kita sebut dengan ARA = Auto Reject Atas dan batas bawah itu kita biasa sebut dengan ARB = Auto Reject Bawah. Nah batas-batas ini pun berbeda untuk setiap sahamnya. Jadi untuk saham dengan harga 50-200 rupiah itu batas atasnya 35%, untuk saham dengan harga 200-5000 rupiah itu batas atasnya 25%, dan untuk saham yang harganya di atas 5000 rupiah, batas atasnya 20%.

Tapi untuk batas bawahnya atau auto reject bawahnya itu untuk semua saham sama ya temen-temen di level 7%. Nah biar kalian lebih ngerti saya bakal kasih contoh buat kita belajar. Misalnya ada saham SIDO ya ini adalah kode saham untuk Perusahaan Sido Muncul yang produknya sering kita konsumsi ketika kita ga enak badan ya. Nah misalkan pada perdagangan hari kemarin itu saham SIDO ditutup di harga 1000 rupiah per lembar saham ya.

Nah untuk perdagangan hari ini, semisal banyak banget yang beli atau ada berita bagus untuk saham ini, nah saham SIDO ini hanya bisa naik setinggi 25% atau batas atasnya adalah 25% karena harganya diantara 200-5000 rupiah. Jadi hari itu maksimal di naik sampai harga 1250. Nah sekarang sebaliknya kalau hari ini banyak yang ingin jualan saham ini, nah batas bawahnya itu 7% atau maksimal penurunan itu sampai di angka 930. Semoga kalian mengerti ya! Nah mekanisme ini menurut saya perlu kalian pahami karena sangat sering di market kita terjadi yang namanya ARA atau ARB tadi.

Jadi nanti kalian jangan bingung kalau ada trader atau temen kita yang bilang “Eh saham ini ARA hari ini, atau eh saham ini ARB hari ini”. Nah sekarang kalian bisa paham ya!

Mekanisme Perdagangan

Oke pelajaran terakhir kita di kelas hari ini adalah tentang mekanisme perdagangan. Jadi banyak banget yang nanya ke saya, “saya udah bikin akun saham nih, terus apa lagi yang harus saya lakukan?” Nah kalau ada dari kalian yang pernah menanyakan hal tersebut ke saya, pasti kalian udah tau jawaban saya, yaitu “Pelajari mekanisme perdagangan saham dulu dan teknikal analisis”.

Oke kenapa ini penting? Karena banyak pemula yang bingung ingin transaksi tanpa mengetahui mekanisme perdagangannya seperti apa, akhirnya dia kebingungan sendiri deh. (Jujur aja temen-temen, saya juga begitu dulu).

Jadi ceritanya sebelum saya trading saham, saya sudah lama trading di forex dan mekanisme perdagangannya itu beda temen-temen. Jadi wajar ya! Oke di bursa saham Indonesia, kita memakai sistem antrian Bid/Offer. Nah nanti setelah kalian pahami, kalian pasti akan tau bagaimana harga suatu saham bisa bergerak naik atau turun.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, langsung aja kita bahas pakai contoh di layar monitor ya temen-temen. Di depan kalian ini sudah ada sebuah aplikasi yang terbuka ya. ini adalah software aplikasi trading yang saya gunakan dari broker yang saya gunakan gitu. Nah disini saya buka contoh yaitu saham SIDO atau perusahaan Sido Muncul. Nah temen-temen kalau kalian lihat di sini ada kolom order disini ya dan disini adalah Bid-Offer atau harga yang sekarang sedang bergerak nih temen-temen Kalau kalian lihat di sini, ini Last nya itu atau Last Price nya itu di harga 1195 Bid yang terdekat nya ini di 1195 dan Offer yaitu di 1200 Nah sekarang kita akan mempelajari sistem atau cara kerja atau mekanisme Bid-Offer tersebut.

Nah tapi saya rasa di sini tidak terlalu jelas ya sedikit membingungkan, oleh karena itu saya ingin membuka di sini temen-temen di Fast Ordernya aja ya teman-teman biar lebih jelas ya Nah di kolom Bid di sini adalah jumlah lot yang sedang antri sebagai permintaan Di sini ada permintaan 7000 lot di harga 1195, kemudian ada ke bawahnya lagi di 1190 itu 7285 lot dan sebagainya. Nah di sini juga ada kolom Offer ya teman-teman ya di sini kolom penawaran, jadi ada yang mau jual 55 lot di 1200 kemudian di 1205 juga ada yang mau jual sebanyak 270 lot di sini.

Dan di bawah sini kalau kalian liat temen-temen ini adalah totalnya, totalnya ini hanya sebanyak 10 tick ke atas ya, jadi dari 1200 di sini sampai 12 45 nih. Di sini sebenarnya ada di atasnya ada, cuman belum bisa di lihat di sistem aplikasi trading ini.

Dan untuk Bid nya juga sama ke bawahnya ini sekitar 10 Tick. Nah oke temen-temen, biar lebih mengerti lagi saya pengen kalian mengerti total tentang mekanisme perdagangan ya. Oleh karena itu saya pindahkan ke Excel biar kita bisa lebih belajar lebih dalam lagi. Di depan kalian ini sudah ada kolom yang sama dengan yang kalian lihat sebelumnya, jadi tadi baru saya pindahin ini semuanya sama data-datanya saya ambil copy paste sama ya.

Dan saya mau ngingetin lagi bahwa saat ini Last Price nya itu di harga 1195. Oke langsung kita ke contohnya biar kalian mengerti. Nah di sini contohnya: Andy memiliki uang 20 juta Andy ingin membeli saham SIDO sebanyak 10 juta. Oke? Nah di sini yang pertama karena episode 1195, Andy ingin membeli saham SIDO di harga sekarang gitu ya di harga terakhirnya di 1195. Jadi lot yang bisa didapat kalau kita beli 10 juta, di sini kita tinggal bagi aja, 10 juta dibagi harganya 1195, kemudian dibagi lagi 100, inget ya kita harus bagi 100 karena 1 lot nya itu sama dengan 100 lembar. Jadi di sini muncul angka 83, jadi kita bisa beli 83 lot di harga 1195.

Tapi pertanyaannya apakah kita akan langsung dapat barangnya saat itu juga? Pertanyaannya kan Last Price nya itu kan sekarang di 1195, jadi kalau kita order di 1195 saat ini, berati harusnya kita langsung dapat barangnya dong di 1195 bener ga sih? Tapi kalau kita lihat kondisi Bid-Offer saat ini, di 1195 itu sedang ada permintaan sebanyak 7177 lot. Jadi kalau kalian pasang order beli di 1195, kalian nggak langsung dapat sahamnya ya. Ini contoh saya tambahkan 83, jadi kalau kalian beli di sini plus 83 kalian beli, oke nanti di sini akan berubah jadi 7260 temen-temen ya kalian harus ngantri dulu tadi sebanyak 7177 lot nya ga langsung dapet.

Nah pertanyaannya gimana kalau kita mau langsung dapet sahamnya saat ini juga? Nah ini ada skenario kedua: Andy ga mau menunggu, Andy beli saham SIDO ya di harga 1.200, jadi karena sekarang ada yang jualan atau ada penawaran sebanyak 55 lot di harga 1200, kalau kita mau beli 83 lot di sini, itu kita langsung bisa dapat. Tapi karena penawarannya atau Offfer nya hanya 55 lot dan kalian mau beli 83 lot nih ceritanya, itu kalian hanya dapat 55 lot nanti sisanya, sisanya kalau nggak salah sekitar 28 lot lagi, itu nanti akan jadi antrian teman-teman nanti akan berubah seperti ini saya edit dulu di sini nanti di sini akan jadi 1200, di sininya hilang temen-temen ya, 55 lot nya kalian dapat nih. Kemudian di sini berubah antriannya menjadi 28 lot karena sisanya 28 lot jadi antrian di 1200.

Nah nanti penampakannya akan seperti ini, di sini 28, nanti Bid-Offer nya pun berubah. Nah kemudian kalian nggak mau nunggu lagi nih 28 lotnya ini belum tentu ada yang mau beli juga nih ya, nah kalian bisa langsung beli lagi di harga 1205 kalian pindahin aja order kalian ke atasnya 1205 kalau kamu nggak mau nunggu ya. Jadi nanti kalian langsung beli harga 1205, nanti 270 penawaran ini berkurang di sini jadi 242 kalau saya tidak salah ya. Nah kurang lebih seperti itu ya teman-teman, nah saya balikin dulu ke semula oke! Nah sekarang skenario ke-3: saya merasa 1200 itu harganya kemahalan, saya ingin membeli saham SIDO di harga yang lebih murah di harga 1170 di sini ya.

Nah lot yang bisa kita beli kalau kita belinya lebih murah sedikit di harga 1170, itu kalau saya hitung 85 lot kita bisa beli jadi ada 2 lot lagi yang bisa kita beli kalau dapat harga lebih murah. Nah nanti kalau kita pasang 85 lot di sini, nanti orderannya lagi berubah di sini jadi 710 ya kalau saya tidak salah.

Tapi kalian itu harus antri dulu bukan 625, tapi kalian harus antri plus di atasnya ini jumlahnya Ini saya sudah hitung total antriannya itu di 22.931 lot. Jadi ya itu ada pro kontranya, kalian kalau misalkan mau dapat harga lebih murah, bisa tapi kalian harus antri. Dan kalau misalkan kalian mau langsung dapat, jadi kalian bisa langsung di penawaran yang sudah tersedia. Atau biasanya kita namain dengan Hajar Kanan, istilah kita atau trader-trader adalah hajar kanan kalau kita membeli langsung, atau hajar kiri sebaliknya kalau kita mau langsung jual nggak mau ngantri dulu kita hajar kiri, langsung kita jual di permintaan yang ada di sini jadi ya, Nah jadi kayak gitu.

Semoga kalian ngerti dan paham ya setelah saya saya jelaskan seperti ini. Teman-teman jadi kalau misalkan Last Price nya di 1195 dan kalian buka ordernya di 1195 jangan heran kalau misalkan belum langsung terbeli, tapi kalian harus antri dulu. Nah saya penasaran nih temen-temen apakah kalian lebih suka untuk antri dan dapat harga lebih murah atau kalian nggak suka antri langsung Hajar Kanan aja biar dapat harga atau barangnya saat ini juga. Please komen di bawah ya biar saya bisa tahu nih teman-teman lebih suka yang mana, oke? Semoga kalian mengerti dan bermanfaat!

Setelah kalian mengikuti Kelas Trading SKS hari ini, apakah kalian sudah siap membeli saham pertama kalian? Nah buat kalian yang masih bingung tentang kelas hari ini, silahkan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ya biar saya bisa bantu jawab pertanyaan kalian.

Oke segitu aja Kelas Trading di hari ini. Kita ketemu lagi di Kelas Trading Arespedia selanjutnya ya! Saya sudah siapkan materi dan edukasi tentang Money Management dan Risk Management, biar kita bisa bareng-bareng belajar mengelola portofolio kita dengan baik dan sehat!

Akhir kata, terima kasih untuk kalian yang sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat!

Baca Juga:Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *