Cara Beli Saham Luar Negeri dengan Aman
Cara Beli Saham Luar Negeri dengan Aman

Cara Beli Saham Luar Negeri dengan Aman

31 views

Cara Beli Saham Luar Negeri

Investasi saham di luar negeri cukup banyak peminatnya, tetapi tidak semua orang mengetahui cara beli saham luar negeri. Sebagian orang masih merasa takut jika nantinya saham yang dibeli dari perusahaan asing tidak memberikan hasil memuaskan. Hal ini karena risiko dalam membeli saham asing memang lebih besar jika dibandingkan dengan saham yang berasal dari lokal.

Saat ini perusahaan-perusahaan besar berkelas internasional seperti Apple, Google, Microsoft sudah mulai menjual saham. Apakah saham tersebut bisa dibeli oleh warga dari negara lain seperti Indonesia? Tentu saja bisa. Simak cara beli saham luar negeri seperti berikut ini:

1. Buka Rekening di Bursa Internasional

Membuka rekening yang dimaksud bukanlah rekening tabungan, tetapi rekening saham yang bisa didaftarkan di perusahaan sekuritas. Nantinya, sekuritas akan menjadi perantara dalam setiap proses investasi seperti membeli atau menjual saham. Ketika ingin membeli saham luar negeri, tentu saja harus dimulai dengan membuka rekening saham di bursa internasional.

Pembukaan rekening bisa dilakukan di sekuritas asing seperti Tastyworks dan Interactive Broker. Kedua perusahaan sekuritas ini sudah terbukti legal karena diawasi oleh otoritas keuangan internasional. Selain kedua sekuritas tersebut, masih banyak sekuritas lainnya yang juga bisa menjadi perantara dalam membeli saham luar negeri.

Dalam memilih sekuritas, pastikan perusahaan telah mendapat izin dan memiliki riwayat operasional yang bagus. Hal ini penting untuk menjamin keamanan selama berinvestasi dan mendapat pelayanan terbaik. Jangan khawatir, membuka rekening saham di luar negeri bukan berarti harus mendatangi kantornya karena sebagian sekuritas menawarkan pendaftaran secara online.

2. Depositkan Dana Pertama Dalam Bentuk Dollar

Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar sebagai investor di bursa internasional, kini waktunya untuk menyalurkan dana sebagai deposit awal. Dana yang disimpan sebagai deposito sebaiknya disesuaikan dengan target investasi sehingga saham yang sudah diincar bisa langsung dibeli. Jika masih belum memiliki saham yang diincar, dana yang disimpan sebagai deposito bisa mengikuti ketentuan minimal dari sekuritas.

3. Unduh Aplikasi atau Software Transaksi Saham

Setiap sekuritas pasti menyediakan aplikasi atau software untuk melakukan transaksi saham. Maka, untuk bisa membeli saham luar negeri tentunya harus mengunduh aplikasi atau software tersebut terlebih dahulu. Setelah itu login menggunakan akun dan PIN yang telah didaftarkan saat membuka rekening saham.

Jangan khawatir, aplikasi ini biasanya disediakan gratis karena berfungsi untuk menghubungkan investor dengan sekuritas dalam proses transaksi jual beli saham. Aplikasi akan sangat membantu investor dan mempercepat pembelian saham luar negeri. Jadi, membeli saham dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun selama investor selalu terhubung dengan bursa internasional melalui aplikasi tersebut.

4. Pilih Saham dengan Profil Perusahaan internasional yang Meyakinkan

Dalam bursa internasional, ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan sahamnya kepada investor. Namun, perlu diingat bahwa hanya perusahaan yang memiliki profil bagus dan riwayat saham yang baik saja yang bisa memberikan hasil memuaskan. Perlu diketahui, ketentuan dalam membeli saham luar negeri minimal yaitu 1 lot.

Dengan membeli 1 lot artinya investor telah membeli 1000 lembar saham. Maka, sebaiknya siapkan dana yang cukup jika ingin berinvestasi dengan banyak saham di luar negeri. Jangan lupa juga untuk terus menambah dana deposito sebagai modal berinvestasi.

5. Pelajari Performa Perusahaan Penjual Saham

Hal yang tidak boleh diabaikan dalam membeli saham luar negeri adalah mempelajari performa perusahaan penjual saham. Jika di awal keraguan yang muncul adalah keamanan dalam bertransaksi, kini investor akan dihadapkan pada keraguan apakah perusahaan yang menjual saham mampu memberikan keuntungan dalam jangka panjang atau tidak.

Selain mendapat jaminan keamanan dari sekuritas, bukankah sebaiknya investasi juga ditargetkan untuk mendapat keuntungan dalam jangka waktu cukup lama? Sebelum memutuskan untuk membeli saham luar negeri jangan mudah tergiur dan sebaiknya cari informasi terlebih dahulu terkait performa perusahaan tersebut. Perusahaan yang jarang menghadapi kendala finansial pada umumnya memiliki nilai saham yang bagus.

Demikian penjelasan mengenai cara beli saham luar negeri dengan aman. Ada 6 cara yang bisa dilakukan bagi siapapun yang ingin mencoba berinvestasi di bursa internasional. Namun, karena memiliki risiko lebih tinggi memang sebaiknya membeli saham luar negeri jangan dulu dilakukan oleh investor pemula.

Baca Juga: Pilihan Pinjaman Online Syariah Langsung Cair dan Terjamin Aman