Cara Daftar dan Mengisi e-HAC di Aplikasi PeduliLindungi

Cara daftar dan mengisi e-HAC di aplikasi pedulilindungi

Cara Daftar dan Mengisi e-HAC

Apa Itu E-HAC?

E-HAC adalah singkatan dari Electronic – Health Alert Card, yaitu Kartu Kewaspadaan Kesehatan, yang merupakan versi modern dari kartu manual yang digunakan sebelumnya.
Sistem E-HAC dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, dalam hal ini Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan untuk menjawab tantangan di era globalisasi disaat ini. Dimana pada saat ini lalu lintas kedatangan penumpang ke dan dari Indonesia sangat sulit dihindari, sehingga dibutuhkan sebuah sistem untuk monitoring secara cepat dan sistematis terhadap seluruh calon pengunjung yang akan datang ke Indonesia melalui pintu gerbang pelabuhan laut maupun bandara di Indonesia.

Cara Mengisi eHAC untuk Perjalanan Domestik dan Internasional

Jika kamu akan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang baik untuk tujuan domestik maupun internasional, kamu wajib mengisi eHAC.
eHAC atau Electronic Health Alert Card adalah sebuah aplikasi yang wajib diisi oleh setiap orang yang melakukan perjalanan. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui cara mengisi eHAC agar tidak kesulitan diwaktu melakukan perjalanan.
Cara mengisi eHAC sebenarnya tidak sulit, namun memang agak membingungkan kalau kamu belum pernah melakukannya.

disini, Arespedia akan membantu kamu untuk mengetahui cara mendaftar dan mengisi eHAC secara lengkap, mulai dari awal sampai akhir.

Kapan Waktu Terbaik Mengisi eHAC?

Perlu kamu ketahui kalau umumnya eHAC akan diperiksa di bandara tujuan, setelah keluar dari pesawat dan sebelum mengambil bagasimu.
Jadi, waktu terbaik mengisi eHAC adalah sebelum kamu naik pesawat, sehingga ketika tiba di bandara tujuan, kamu tinggal menunjukkan QR Code dari aplikasi eHAC kamu.
Kamu juga bisa saja mengisi sejak sebelum tiba di bandara keberangkatan, tapi perlu diketahui kalau salah satu data yang perlu kamu isi di eHAC adalah nomor kursi di pesawat. Jadi kamu bisa melakukannya apabila sudah check in online dan mendapatkan nomor tempat duduk. Semula, pengelola bandara memiliki aplikasi e-HAC tersendiri. Namun setelah ada integrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, penumpang tidak perlu lagi mengunduh aplikasi e-HAC.

Baca: 13 Aplikasi Trading Saham Online Terbaik

Cara Mengisi eHAC melalui Aplikasi Smartphone

Perlu diketahui kalau kamu bisa mengisi eHAC lewat aplikasi smartphone ataupun melalui website Peduli Lindungi Kementerian Kesehatan RI.
Berikut adalah cara mengisi eHAC lewat aplikasi smartphone:

1. Download Aplikasi “Peduli Lindungi” di App Store atau Play Store
Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi “Peduli Lindungi” di App Store (untuk iPhone) ataupun Play Store (untuk Android).
2. Buat Akun Baru
Setelah mengunduh aplikasi Peduli Lindungi, masuklah ke bagian Akun. Pilih Daftar serta isilah nama lengkap dan email atau nomor telepon untuk membuat akun baru kamu. pastikan kamu menerima segala isi syarat penggunaan dan kebijaksanaan privasi dan tik captcha. lalu klik Daftar!
Kamu akan menerima email atau SMS yang berisi kode verifikasi, lalu segera masukkan lah kode tersebut.
3. Masuk ke Halaman Pembuatan eHAC
Setelah akun baru kamu dibuat, kamu secara otomatis akan login di aplikasi Peduli Lindungi. Masuklah ke bagian Akun, lalu klik pilihan eHAC.
Akan muncul halaman bertuliskan Create e-HAC. lalu klik lah.
Membuat eHAC Baru – Cara Mengisi eHAC
Setelahnya, akan muncul text box pilihan, yaitu Domestic atau International. Pilih salah satu sesuai kebutuhanmu.
Catatan: eHAC Internasional hanya diisi jika kamu melakukan perjalanan internasional dari luar negeri ke Indonesia.
4. Isi Semua Data yang Dibutuhkan

Isi semua data yang dibutuhkan untuk membuat eHAC. Kamu akan harus mengisi data antara lain:
Nama Depan & Nama Belakang
Usia
Gender
Kewarganegaraan
No. KTP (Domestik) atau Paspor (Internasional)
Detail Destinasi: Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, Alamat Lengkap & No. Telepon, Waktu Kedatangan
Jenis Kendaraan
Nomor Kendaraan/No. Pesawat
Nomor Tempat Duduk
Detail Alamat Asal: Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan
Setelah data pribadi diisi, kamu juga akan diminta mengisi pengecekan kesehatan. Akan terdapat daftar keluhan yang mungkin diderita, centang jika memang merasakan keluhannya atau kosongkan jika tidak mengalami keluhan sama sekali.
5. Tunjukkan QR Code eHAC ke Petugas di Bandara Tujuan
Setelah pengisian eHAC selesai, kamu akan mendapatkan QR code. QR code ini yang akan di scan oleh petugas di bandara tujuan kamu.
QR code bisa kamu akses dengan memilih menu Akun -> EHAC -> lalu pilih My eHAC yang telah kamu isi tadi.
Atau kamu juga bisa simpan QR code tersebut dengan cara screenshot/screen capture supaya saat tiba di bandara tujuan, kamu tidak perlu ribet membuka aplikasi (tinggal buka galeri dan tunjukkan screenshot untuk discan).

Cara Daftar dan Mengisi e-HAC
Daftar Aplikasi PeduliLindungi

Cara Mengisi eHAC Melalui Website

1. Buka Halaman https://pedulilindungi.id/register
Setelah halaman terbuka, isilah nama lengkap dan alamat email atau nomor telepon. isi catpcha lalu klik Daftar. kode verifikasi akan di kirim ke email atau HP mu, lalu verifikasi kan lah.
2. Login atau Register Jika Belum Memiliki Akun
Sama seperti cara mengisi eHAC melalui aplikasi, kamu juga perlu membuat akun baru di halaman ini jika belum memilikinya, atau login dengan akun kamu jika sudah memilikinya.
Setelah akun dibuat, kamu akan masuk ke dashboard akun Peduli Lindungi kamu.
3. Buat eHAC Baru
Setelah masuk dashboard, langkah selanjutnya adalah membuat eHAC baru. Caranya, arahkan kursor ke tulisan eHAC. Akan muncul menu dropdown, kamu bisa pilih opsi eHAC Domestic atau eHAC International, sesuai kebutuhanmu.
Buat eHAC Baru di Website Kementerian Kesehatan
4. Isi Semua Data yang Dibutuhkan
Isi semua data yang dibutuhkan untuk membuat eHAC. Kamu akan harus mengisi data antara lain:
Nama Depan & Nama Belakang
Usia
Gender
Kewarganegaraan
No. KTP (Domestik) atau Paspor (Internasional)
Detail Destinasi: Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, Alamat Lengkap & No. Telepon, Waktu Kedatangan
Jenis Kendaraan
Nomor Kendaraan/No. Pesawat
Nomor Tempat Duduk
Detail Alamat Asal: Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan
Setelah data pribadi diisi, kamu juga akan diminta mengisi pengecekan kesehatan. Akan terdapat daftar keluhan yang mungkin diderita, centang jika memang merasakan keluhannya atau kosongkan jika tidak mengalami keluhan sama sekali.
5. Download dan Simpan eHAC
Setelah semua form telah diisi, kamu akan mendapatkan form eHAC dan QR code yang bisa kamu download. Kamu bisa menyimpannya dalam handphone untuk kemudian ditunjukkan ke petugas, atau kamu bisa juga print form eHAC yang telah didownload tersebut untuk kamu tunjukkan pada petugas.
Itulah cara mengisi aplikasi eHAC versi terbaru yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan. Agar perjalanan lebih lancar, pastikan kamu sudah vaksinasi dan tes PCR atau Antigen terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Android dan IOS Terpercaya

You May Also Like

About the Author: ares

Leave a Reply

%d bloggers like this: