Cara Investasi Tanah Yang Harus Diketahui Untuk Pemula
Cara Investasi Tanah Yang Harus DIketahui

Perhatian! Ini 5 Cara Investasi Tanah Yang Harus Diketahui Untuk Pemula

0 views

Cara Investasi Tanah Yang Harus Diketahui

 

Investasi dapat dilakukan dengan berbagai macam, satu diantara sekian banyak yang bisa dilakukan yakni dengan investasi tanah, apa lagi cara investasi tanah cukuplah mudah. Jadi cara ini diyakini efektif digunakan dalam jangka panjang, apalagi, harga tanah akan naik seiring berjalannya waktu.

Meski demikian, banyak orang yang masih ragu untuk melakukan cara ini. Terlalu sedikitnya informasi terkadang membuat sebagian orang enggan melakukan investasi tanah. Padahal cara ini sebenarnya cukup mudah dilakukan. Adapun cara-cara yang dapat dilakukan untuk melakukan investasi tanah, berikut ulasannya:

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Memilih lokasi tanah yang strategis menjadi hal penting untuk dilakukan. Lokasi dapat berpengaruh terhadap harga jualnya kelak. Jika lokasi yang pilih berada di tempat yang terpencil, jalanan sempit dan jauh dari fasilitas umum, tentu akan punya harga jual yang rendah.

Begitupun sebaliknya, lokasi yang dekat dengan fasilitas umum, berada di pusat kota atau di dekat jalan raya maka harga jualnya pun kelak akan melambung. Penentuan lokasi tanah juga bisa didasarkan keamanan lingkungan sekitarnya.

Semakin rawan kejahatan di lingkungan sekitarnya maka semakin murah pula harga yang ditawarkan. Terkait, rawan tidaknya terjadi bencana alam juga patut menjadi pertimbangan ketika hendak membeli tanah. Hal tersebut dapat pula berpengaruh pada harga penjualannya kelak.

2. Pilih Kontur Tanah yang Baik

Kontur tanah yang dimaksudkan yakni terkait hal-hal mengenai kondisi tanahnya. Misalnya, density tanah, bentuknya, ukurannya serta menghadap ke arah mana tanah tersebut. tanah yang rata dan tidak bergelombang biasanya lebih disukai untuk dibeli. Hal ini lantaran, tidak ada tambahan biaya yang dikeluarkan untuk memperbaikinya.

Kemudian, terkait bentuknya terkadang juga menjadi sebuah pertimbangan para pembeli. Tanah yang berbentuk persegi dan tidak memanjang biasanya lebih banyak disukai. Sedangkan tanah yang memanjang dengan lebar yang kecil tidak terlalu diminati.

Tanah yang dapat pencahayaan baik oleh sinar matahari juga rata-rata diminati, terutama di lokasi yang padat penduduk. Lalu tanah yang menghadap utara atau selatan biasanya lebih diminati, ketimbang tanah yang menghadap ke arah timur.

3. Cari Harga Yang Terbaik

Cara investasi tanah tidak seperti barang lainnya, butuh analisis yang mendalam dan detail, apalagi jika akan bertujuan untuk dijual di kemudian hari. Pilih harga yang terbaik antara tanah satu dengan lainnya. Usahakan perhatikan lokasi serta  kondisi tanahnya.

Lakukan perbandingan harga tanah satu dengan yang lainnya. Pertimbangkan pula potensi lokasinya ke depan. Gali informasi terkait perbandingan harga tanah sebanyak mungkin. Jangan ragu untuk bertanya kepada teman atau warga sekitar tanah itu berada.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan penyesalan di kemudian hari. Maka dari itu, mencari informasi sebanyak-banyaknya punya peranan penting. Mengingat, tanah yang dibeli ditujukan untuk investasi dan perlu dijual di kemudian hari.

4. Lakukan Perundingan Yang baik

Perundingan serta tawar menawar yang baik perlu dilakukan ketika hendak membeli atau menjual tanah. Pastikan orang tersebut yakin akan alasan yang melatarbelakangi tanah tersebut harus dibeli atau dijual.

Kemampuan bertutur kata menjadi poin penting dalam hal ini. Dengan begitu, orang lain dapat lebih yakin dengan tanah yang hendak dibeli. Paparkan kelebihan dan keunggulan dari tanah tersebut, misalnya dari segi bentuk, kondisi dan lokasinya untuk meyakinkannya.

5. Pastikan Kelengkapan Surat Tanah

Saat membeli tanah, kelengkapan surat menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan. Jangan sampai tanah yang dibeli punya riwayat konflik. Hal tersebut akan membuat harga jualnya menurun. Selain itu, biasanya juga dibutuhkan biaya tambahan untuk mengurus legalnya.

Pastikan tanah itu  memiliki sertifikat hak milik lengkap dengan keabsahan yang jelas. Dengan begitu, sesuatu yang buruk dapat diminimalisir di kemudian hari. Terkait apa saja kelengkapan tanah bisa ditanyakan pada notaris atau ahli tanah yang telah berpengalaman.

Itulah beberapa cara investasi tanah yang bisa diterapkan dan dijadikan referensi. Perhatikan setiap informasi yang bisa diperoleh ketika hendak membeli tanah. Meski terlihat menjanjikan, investasi tanah termasuk salah satu hal yang terbilang berat. Hasilnya pun baru dapat diperoleh dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Semoga bermanfaat dan berguna.

 

Baca Juga: Cara Membuat Sertifikat Tanah Tanpa Notaris Hemat Biaya