Cara Melakukan Pengembangan Usaha Kecil Kecilan

18 views

Cara Melakukan Pengembangan Usaha Kecil Kecilan

Dalam menjalani usaha sering sekali para pemula menemui kesulitan. Terutama dari segi pengembangan usaha. Usaha yang mereka jalani tidak bertambah besar. Justru omset dan keuntungan semakin kecil. Pengembangan usaha yang direncanakan lebih luas menjadi belum berhasil. Pada tahap ini biasanya sering dialami di awal usaha dan di tengah usaha. Pada tahap ini mereka membutuhkan saran yang baik tentang cara pengembangan usaha.

Suatu usaha yang berhasil tidaklah dibangun dalam satu hari. Terkadang seseorang membutuhkan waktu yang lama sekali untuk berhasil dalam bisnisnya. Jatuh bangun bisnis. Untung rugi dalam bisnis mewarnai kehidupan. Hal tersebut yang menjadi bekal dan modal berharga yang sangat kuat untuk menapaki kesuksesan bisnis selanjutnya.

Coba anda lihat beberapa pengusaha sukses di abad modern ini. Semuanya mengatakan bisnisnya tidak langsung sukses secara instant. Namun pada awal usaha memerlukan yang namanya kerja keras, hingga mereka kerap kerja disaat orang lain tertidur pulas. Kerja keras yang disertai dengan tekad untuk pengembangan bisnis.

Untuk pengembangan usaha dibutuhkan dua modal utama yakni kemampuan emosional dan teknis. Kemampuan emosional meliputi memiliki tekad kuat, mempunyai pengalaman bisnis yang baik dan selalu ingin terus belajar. Kemampuan ini mempengaruhi 80 persen kesuksesan bisnis. Dan 20 persen lagi adalah kemampuan teknis.

Bila anda merasakan saat ini bisnis yang anda jalani sedang mengalami penurunan omset dan laba maka hal itu wajar. Dan hampir semua pengusaha pernah mengalaminya. Fase usaha yang melesu. Bisnis tidak selamanya akan  berjalan lancar dan menguntungkan. Suatu waktu bisnis akan mengalami kendala dan hambatan. Hanya orang yang kerja keras dan pantang menyerah yang mampu melewati semua itu dengan baik.

Bagi seorang pemula pastinya pernah berpikiran menjalankan suatu bisnis sangat mudah. Namun setelah ditekuni ternyata bisnis itu tak semudah membalikkan tapak tangan untuk bisa menghasilkan keuntungan secara konsisten. Ada beberapa cara yang harus dilakukan supaya bisnis dapat menguntungkan selamanya.

Cara Melakukan Pengembangan Usaha
Cara Pengembangan Usaha

Baca: Usaha Kecil-Kecilan Dirumah yang Menguntungkan

Cara Melakukan Pengembangan Usaha Kecil Kecilan

Berikut ini sejumlah cara melakukan pengembangan usaha kecil-kecilan menjadi besar dan menguntungkan sepanjang masa, antara lain:

  • 1. Selalu rileks

Dalam mendapatkan target usaha yang kita inginkan selayaknya kita serius atau kerja keras disertai rileks. Memang sukar untuk mengembangkan usaha kecil jadi besar. Namun semua itu bukan hal mustahil. Anda dapat mengembangkan suatu perusahaan kecil menjadi perusahaan raksasa dengan membayar harganya yaitu kerja keras. Dan telah banyak contohnya orang yang berhasil. Jangan terlalu ngoyo untuk mencapai target. Kalau belum berhasil maka masih ada esok hari. Kerja serius tapi santai.

  • 2. Keberanian

Apa yang membedakan antara orang sukses dan orang tak sukses? Sebuah penelitian membuktikan  kebanyakan orang sukses mempunyai sikap berani. Dan kebanyakan orang tidak sukses tak mempunyai sikap berani. Orang sukses adalah mereka yang berani mengambil resiko atas peluang usaha. Sehingga jika anda ingin berhasil dalam mengembangkan bisnis kecil kecilan maka diperlukan sikap mental berani. Berani dalam menghadapi sebuah resiko yang mungkin terjadi.

Orang yang berani mengambil resiko maka pilihannya sukses atau belum berhasil. Sedangkan orang gagal adalah mereka yang tak melakukan apapun. Sehingga menutup peluang mereka untuk sukses dalam berbisnis. Keberanian adalah kecerdasan tertinggi manusia. Untuk menumbuhkan sikap berani salah satunya dengan memiliki sikap percaya diri. Percaya terhadap segala kemampuan yang anda miliki dalam mengambil setiap risiko. Keberanian untuk memimpin perusahaan dan memajukannya.

  • 3. Percaya Diri

Keberanian bisa ditumbuhkan dengan rasa percaya diri. Berapa banyak orang yang tidak berani membuka usaha padahal ia mampu untuk membuka usaha dan mengembangkannya sampai berhasil. Orang tak sukses mayoritas adalah mereka yang tak mau mencoba untuk memulai usaha. Sedangkan orang sukses sangat berani mengambil resiko seperti buka bisnis. Salah satu nasihat bijak dari pakar bisnis yaitu anda hendaknya percaya diri kepada gagasan anda, kemampuan anda, dan keterampilan anda.

  • 4. Tak takut menghadapi rintangan

Dalam usaha mengembangkan usaha kecil-kecilan menjadi besar, anda akan dihadapkan pada berbagai rintangan dan tantangan yang menghadang. Namun anda jangan patah semangat atau kendor dalam menghadapi tantangan apapun. Fokuslah anda pada solusi atas hambatan bukannya melihat besarnya hambatan tersebut.

Dengan adanya tantangan, anda akan lebih banyak belajar bagaimana mengatasi tantangan dengan baik. Tantangan adalah sarana belajar bagi anda untuk sukses di masa berikutnya.

  • 5. Tidak memikirkan apa yang orang bilang mengenai anda

Anda memiliki kebebasan untuk bertindak. Anda bisa menjadi diri sendiri tanpa perlu takut terhadap tanggapan orang lain. Karena anda sendiri yang bertanggungjawab atas hidup anda. Kalau anda hidup susah apakah orang lain akan membiayai hidup anda? Tentunya tidak. Oleh karena itu , jangan pikirkan apa yang orang lain katakan mengenai diri anda.

Memikirkan apa yang orang katakan tentang diri anda hanya memboroskan waktu dan tenaga anda. Ketimbang memikirkannya lebih baik anda menggunakan energi untuk hal produktif yang bermanfaat bagi anda. Yang bertanggung jawab terhadap hidup anda adalah anda sendiri bukannya orang lain.

  • 6. Memperkuat kelebihan

Kelebihan adalah kekuatan bagi anda. Dan setiap orang mempunyai kelebihan tertentu. Begitupula bisnis anda mempunyai kelebihan dan kekuatan tertentu. Dan juga kekurangan. Oleh karenanya, anda harus fokus pada kekuatan bisnis anda dan terus mengembangkannya. Cara ini akan mempermudah usaha kecil menjadi perusahaan besar.

  • 7. Memiliki mentor

Ada banyak hal yang mesti dipelajari untuk mengembangkan bisnis lebih besar. Terkadang ilmu ini sulit dipelajari khususnya oleh pemula. Di sinilah penting bagi anda untuk memiliki seorang mentor. Yang akan memberikan pengarahan menjalankan sesuatu bisnis lebih efektif dan berhasil. Mempunyai mentor bisnis adalah cara tercepat untuk mengembangkan usaha kecil jadi besar.

  • 8. Bergaul dengan pengusaha sukses

Orang yang ingin mengembangkan bisnis kecilnya menjadi bisnis yang besar dan menguntungkan mesti bergaul dengan pengusaha sukses yang pernah mengalaminya. Mereka akan bisa membantu anda untuk lebih sukses berbekal ilmu dan pengalaman yang mereka miliki. Sebuah kata mutiara mengatakan “orang yang bergaul dengan orang sukses maka akan menjadi sukses. Sebaliknya orang yang bergaul dengan orang gagal akan ikut gagal”.

  • 9. Melihat dunia luar

Untuk lebih meningkatkan wawasan bisnis, anda mesti sering berwisata mengunjungi satu daerah ke daerah lain. Hal itu sangat berguna bagi anda untuk memperoleh gagasan-gagasan bisnis baru, untuk mengetahui bisnis apa yang sedang menjadi trend dan laris manis.

  • 10.Waralaba

Pengembangan usaha kecil bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang paling mudah dan banyak pengusaha sukses lakukan adalah dengan membuka cabang di tempat lain. Seperti buka franchise. Jalinan mitra usaha yang dilakukan akan memperluas pangsa pasar dan keuntungan. Sukses yang anda dapatkan bersama dengan orang lain.

  • 11. Menggunakan waktu, uang, tenaga dan keterampilan orang lain

Anda bisa mempekerjakan tenaga marketing sebanyak mungkin dengan sistem bagi hasil. Cara ini terbukti akan mampu mengembangkan bisnis kecil anda semakin besar. Semakin banyak tenaga penjualan maka semakin besar laba yang anda dapatkan.

  • 12. Modal yang mencukupi

Untuk melakukan pengembangan usaha pastinya anda memerlukan modal keuangan yang sangat besar. Modal tersebut bisa diperoleh dari keuntungan usaha. Sehingga tak sepenuhnya laba perusahaan diambil sepenuhnya. Ada bagian persen untuk dijadikan modal untuk pengembangan usaha. Ketimbang anda meminjam uang di bank yang memerlukan jaminan dan proses ribet. Apalagi adanya bunga. Lebih baik anda menggunakan keuntungan usaha sebagai modal pengembangan bisnis di masa datang.

Demikian cara melakukan pengembangan usaha kecil-kecilan. Yang kuncinya pada pengelolaan mental anda sendiri yang baik. Sedangkan sisanya hanya soal teknis. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Peluang Usaha Terbaru & Terlaris

Gallery for Cara Melakukan Pengembangan Usaha Kecil Kecilan