Cara Membuat Finansial Planning Yang Mudah Dicoba
Cara Membuat Finansial Planning

Cara Membuat Finansial Planning Yang Mudah Dicoba

0 views

Cara Membuat Finansial Planning

Semakin berkembangnya zaman seperti sekarang ini, kebutuhan setiap orang juga mengalami peningkatan. Contoh kecilnya seperti kebutuhan akan teknologi dan juga akses Internet. Ada juga kebutuhan lain seperti hunian yang layak, dimana harga tanah semakin meninggi seiring berjalannya waktu. Maka dari itu cara membuat financial planning yang tepat cukup dibutuhkan.

Lebih baik mengatur keuangan dengan baik dan bijak supaya cukup untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Jika dibandingkan harus menuntut sumber pendapatan untuk bisa memenuhi kebutuhan dan berbagai macam keinginan. Berikut jajaran cara yang bisa diterapkan supaya keuangan yang dimiliki dapat lebih terarah dan terkonsep:

Baca: Cara Sukses Finansial Di Usia Muda

1. Membuat Kategori Pengeluaran

Membuat list antara kebutuhan yang ingin diwujudkan dapat menjadi cara membuat financial planning yang tepat. Dengan cara ini seseorang bisa mengetahui kebutuhan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Diantara kebutuhan tersebut salah satunya seperti kebutuhan hidup.

Jadi didalamnya termuat kebutuhan akan biaya listrik, biaya bulanan, biaya transportasi dan yang lainnya. Selain kebutuhan hidup ada juga list kebutuhan tabungan. dimana dalam list tabungan mencangkup tentang investasi jangka panjang, dana darurat dan sebagainya.

2. Melakukan Analisa Resiko Finansial

Segala bentuk tindakan selalu diiringi dengan yang namanya resiko. Resiko yang dapat hadir pun cukup beragam. Misalnya resiko kebangkrutan saat menjalankan usaha. Bisa juga resiko kecelakaan ketika keluar dari rumah serta kemungkinan resiko yang lain.

Oleh karena itu tindakan antisipasi sangat diperlukan seperti contohnya mengikuti asuransi. Seperti yang diketahui asuransi yang banyak dijumpai adalah asuransi jiwa dan juga asuransi kesehatan. Pasalnya kesehatan merupakan hal yang cukup berharga bagi setiap orang.

3. Membuat Catatan Pengeluaran

Seorang yang ingin membuat rencana keuangan pribadi bisa melakukan pencatatan terhadap berbagai macam pengeluaran. Jadi dalam catatan tersebut termuat beragam kebutuhan selama lebih kurang satu bulan. Diantara kebutuhan yang perlu dicatat semisal biaya untuk membeli bahan bakar, biaya untuk makanan, dan biaya untuk cicilan.

Selain itu juga masih banyak biaya pengeluaran yang perlu masuk dalam catatan meliputi biaya pulsa, listrik, air serta lainnya. Dengan demikian seorang yang tengah melakukan perencanaan keuangan dapat mengetahui dengan jelas seberapa besar kisaran biaya yang dibutuhkan dalam waktu satu bulan.

4. Menyisihkan Dana Untuk Menabung Dan Investasi

Jika beragam kebutuhan telah diketahui melalui catatan pengeluaran. Maka orang yang ingin melakukan perencanaan terhadap keuangan pribadi bisa menyisihkan sejumlah dana untuk kebutuhan menabung. Selain menabung, kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan adalah dengan mengikuti investasi.

Jika dana yang dimiliki terdiam dan tidak berkeinginan membeli sesuatu. Tidak ada salah jika memilih dana tersebut untuk investasi. Untuk lebih fleksibel sebaiknya pilih investasi yang tergolong memiliki jangka waktu lumayan pendek.

5. Melakukan Evaluasi Terhadap Keuangan

Dengan melakukan evaluasi terhadap keuangan pribadi bisa menjadi pilihan cara membuat financial planning berikutnya. Pasalnya evaluasi digunakan supaya seseorang lebih mudah dalam mengetahui keadaan dan juga arah keuangan yang dimiliki. Misalnya ketika ingin membeli rumah baru yang diinginkan.

Di sini peran evaluasi dapat digunakan seperti mengetahui dana yang dimiliki berapa, apakah rumah lebih penting dari kebutuhan lainnya. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi jumlah biaya membeli rumah tersebut dan lainnya.

Demikian ulasan mengenai cara membuat financial planning yang banyak dibutuhkan. Tentunya cara di atas bisa dijadikan pilihan supaya kondisi keuangan pribadi maupun keuangan keluarga yang sedang dikelola, dapat lebih terarah dan terkonsep dengan baik.

Baca Juga: Tips Sukses Mengatur Finansial Agar Cepat Kaya