Inilah Cara Membuka Kartu ATM yang Terblokir
Cara Membuka Kartu ATM yang Terblokir

Ternyata Simple! Inilah Cara Membuka Kartu ATM yang Terblokir

6 views

Inilah Cara Membuka Kartu ATM yang Terblokir

Saat ini layanan perbankan semakin banyak dan bervariasi sehingga hal ini membuat fasilitasnya sudah umum bagi sebagian besar orang. Terlebih sekarang ini hampir sebagian besar transaksi keuangan selalu terhubung dengan layanan perbankan. Hal ini membuktikan bahwa fasilitasnya semakin banyak dan membuat nasabahnya merasa lebih nyaman melakukan transaksi keuangan apapun.

Salah satu contoh fasilitas perbankan yang paling sering digunakan adalah kartu ATM atau Anjungan Tunai Mandiri. Hampir setiap bank pasti mengeluarkan produk tersebut untuk fasilitas pendukung produk tabungan masing-masing nasabahnya. Bahkan tidak hanya bank besar saja yang memperkenalkan produk tersebut, namun hampir semua bank juga menawarkan produk ATM dalam layanannya.

Itulah sebabnya tak heran bila pemanfaatan kartu ATM semakin besar dan merata hampir di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga hal ini keberadaan mesin ATM semakin mudah ditemukan dimana-mana. Mulai dari kota besar sampai dengan terkecil. Semua bank menyediakan layanan itu di setiap kecamatannya.

Penyebab Utama Kartu ATM Terblokir

Maraknya ATM membuat semua orang semakin mudah melakukan berbagai macam transaksi keuangan. Maka dari itu tidak heran bila jumlah penggunanya semakin banyak. Namun sayangnya hal ini ternyata berbanding lurus dengan masalah yang ditimbulkan dibalik penggunaan kartu ATM tersebut.

Salah satu permasalahan yang paling umum terjadi adalah kartu ATM-nya terblokir oleh sistem. Hal ini bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya saja karena penggunanya sendiri (pemiliknya sendiri) lupa dengan PIN-nya.  Selain itu, masalah pemblokiran ini juga bisa terjadi disaat pengguna salah memasukkan nomor PIn sendiri. Akibatnya terjadilah pemblokiran terhadap kartu ATM miliknya sendiri.

Apapun penyebabnya, tentunya masalah pemblokiran tersebut sangat mengganggu sekali. Karena hal ini bisa membuat semua urusan  keuangan menjadi terhambat. Lalu apa solusinya? Bagaimana caranya agar kartu ATM tidak terblokir lagi dan bisa digunakan sebagaimana mestinya?

Ada 2 hal yang menjadi pembeda terhadap tindakan pengaktifan kartu ATM yang sedang terblokir. Yaitu, pertama penggunanya sendiri masih ingat nomor PIN-nya, namun salah memasukkan nomornya di mesin ATM. Sehingga terjadilah pemblokiran pada kartu ATM-nya.

Sedangkan kondisi yang kedua adalah, pemilik kartunya benar-benar sudah lupa dengan nomor PIN ATM. Sehingga pemiliknya mencoba menggunakan beberapa nomor pin hingga pada akhirnya kartunya diblokir oleh sistem secara otomatis.

Cara Mengatasi Kartu ATM yang Terblokir Berdasarkan Kondisinya

Kedua penyebab pemblokiran kartu ATM tersebut membutuhkan cara penanganan yang tidak sama. Maka dari itu bila Anda ingin mengaktifkan kartu ATM kembali karena telah diblokir oleh sistem, sebaiknya perhatikan caranya di bawah ini:

  • 1. Terblokir, tapi PIN-nya Masih Ingat!

Saat seseorang memasukkan nomor pin yang salah hingga 3 kali, biasanya kartu ATM langsung terblokir. Sehingga untuk bisa mengaktifkannya kembali harus lewat sambungan call center bank yang bersangkutan. Cara ini bisa dilakukan bila Anda masih ingat nomor PIN ATM-nya. Sehingga prosesnya lebih cepat. Di bawah ini adalah cara mengaktifkan kartu ATM yang terblokir untuk nasabah yang masih ingat nomor PIN-nya:

  1. Jangan lupa untuk menyiapkan data diri Anda dulu, misalnya nomor kartu ATM yang telah diblokir dan nomor rekening. Biasanya pihak bank selalu menanyakan hal tersebut untuk mengaktifkan kembali kartunya dan membuka data yang masih tersimpan dalam sistemnya. Cara ini juga digunakan untuk bukti verifikasi bila peneleponnya berhak atas rekening tersebut.
  2. Setelah semuanya disiapkan, selanjutnya hubungi nomor call center bank tersebut. Pastikan nomornya benar untuk menghindari adanya tindakan kejahatan cyber crime yang sedang marak saat ini.
  3. Dari sinilah customer service akan mendengar masalah Anda dan meminta Anda melakukan beberapa verifikasi guna mencocokkan data diri pengguna dengan data yang ada dalam sistem layanannya. Biasanya hal ini berlangsung selama beberapa menit saja.
  4. Setelah semua data tersinkron, biasanya pengguna akan ditanya apakah masih ingat dengan nomor PIN kartu yang diblokir tersebut. Dengan cara ini maka dapat dipastikan bahwa kartunya dapat diaktifkan lewat sambungan telepon saja tanpa harus ke bank.
  5. Namun tentunya Anda tidak perlu menyebutkan nomor pinnya. Setelah proses pengaktifannya berhasil, maka kartu ATM sudah bisa langsung digunakan di hari yang sama. Namun terkadang ada juga beberapa bank yang membutuhkan waktu 1 jam untuk mengaktifkan kartu yang terblokir kembali.

Hanya saja cara ini tidak berlaku untuk setiap bank. Misalnya seperti bank BRI. Bila nasabahnya mengalami pemblokiran, maka baik itu ingat PIN atau lupa, maka pengguna harus datang ke tempat rekening itu dibuat. Setelah itu mereka bisa melakukan pembukaan kartu ATM yang diblokir, namun dengan biaya senilai Rp5 ribu.

Cara Aman agar Nomor PIN Bebas dari Pembobolan

  • 2. Terblokir, tapi PIN-nya Sudah Lupa

Berbeda lagi caranya bila kartu yang diblokir tersebut disebabkan pemiliknya sudah lupa dengan nomor PIN-nya sendiri. Sehingga mau tidak mau dengan kondisi seperti itu membuat penggunanya harus mendatangi kantor layanan cabang bank terdekat secara langsung. Tanpa itu, maka tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kartunya kembali.

Di bank inilah nantinya pihak sana akan mengaktifkan kembali kartu ATM Anda yang telah terblokir. Namun sebelum melakukannya, sebaiknya perhatikan beberapa poin berikut ini dulu supaya permintaan Anda untuk mengaktifkan kartu kembali diterima di kantor cabang bank yang bersangkutan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuka kartu yang diblokir karena lupa PIN-nya, antara lain:

  1. Jangan lupa untuk membawa kartu ATM yang terblokir, buku tabungan, serta kartu identitas diri yang berlaku atau sesuai dengan KTP untuk verifikasi data dan bukti bahwa pemegang kartu tersebut memang merupakan pemilik sah kartunya sendiri.
  2. Pada beberapa bank biasanya proses seperti ini dikenakan biaya. Ada biaya pembukaan pemblokiran senilai Rp5 ribu.
  3. Sayangnya ternyata tidak semua layanan bank memberikan kemudahan kepada nasabahnya dalam membuka kartu ATM yang terblokir di kantor cabang terdekatnya. Ada beberapa bank yang meminta nasabahnya langsung datang ke kantor cabang dimana rekening itu dibuka pertama kali.

Supaya tidak memakan waktu lama, sebaiknya pahami dengan baik peraturan yang berlaku di setiap layanan bank pilihan Anda. Jangan sampai kedatangan Anda menjadi sia-sia tanpa hasil karena ternyata Anda tidak memenuhi syarat untuk membuka kartu ATM tersebut. Maka dari itu jangan lupa perhatikan bagian yang satu ini dengan baik sebelum mengunjungi kantor bank setempat.

Saat ini layanan ATM di Bank semakin populer dan sering dipakai oleh para pengguna untuk melakukan kegiatan transaksi keuangan karena dinilai sangat mudah, praktis, dan efisien. Ada banyak transaksi keuangan yang dapat dilakukan memakai kartu ATM ini. Namun saat seseorang mengalami pemblokiran kartu ATM karena lupa pinnya pasti merepotkan sekali.

Maka dari itu supaya tidak terjadi hal yang demikian, buatlah PIN yang paling mudah diingat. Sehingga tidak sampai terjadi pemblokiran. Dengan begitu kegiatan transaksi keuangan berjalan dengan lancar bebas hambatan. Namun bila ternyata pemblokiran tidak dapat dihindari, solusinya adalah coba gunakan tips diatas untuk mengatasinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *