Ketahui 6 Cara Membuka Rekening Saham Sebelum Memulai Investasi
Cara Membuka Rekening Saham

Ketahui 6 Cara Membuka Rekening Saham Sebelum Memulai Investasi

23 views

Cara Membuka Rekening Saham

Saat ini, saham telah menjadi jenis investasi yang banyak diminati masyarakat karena cukup menjanjikan dalam memberikan hasil yang cukup besar daripada jenis investasi lainnya. Banyak orang ingin memulai investasi saham, tetapi tidak tahu bagaimana cara membuka rekening saham. Padahal, ini adalah hal paling utama dan mendasar jika ingin berinvestasi saham.

Tidak heran jika investor saham semakin banyak bermunculan. Akan tetapi, bagi pemula yang ingin mencoba investasi ini ada baiknya mempelajari cara membuka rekening saham seperti berikut ini:

1. Siapkanlah Dokumen yang Meliputi Data Diri

Dokumen pribadi yang meliputi data diri wajib disiapkan untuk membuka rekening saham. Pada umumnya, kelengkapan data diri yang diperlukan adalah NPWP, KK, serta KTP. Bagi yang belum memiliki NPWP, jangan khawatir karena sekuritas akan membuatkan surat pernyataan.

Surat ini berisi bahwa pendaftar memang belum pernah mendaftar ke kantor pajak untuk mendapatkan NPWP. Jadi dengan begitu, pelajar sekalipun yang sudah memiliki KTP sudah diperbolehkan untuk mulai menjalani investasi saham.

2. Siapkan Buku Tabungan

Ketika mendaftar di sekuritas, pendaftar akan diminta untuk menunjukan buku tabungan. Dalam hal ini, calon investor memang diharuskan memiliki tabungan untuk menarik hasil investasi. Tabungan adalah syarat paling penting yang harus dipenuhi dalam berinvestasi saham karena akan berfungsi sebagai wadah penyimpan uang hasil investasi.

3. Pilih Sekuritas untuk Mulai Berinvestasi

Setelah menyiapkan dokumen pribadi dan buku tabungan, maka langkah yang harus dilakukan kali ini adalah memilih sekuritas. Perusahaan sekuritas atau dikenal juga dengan sebutan broker sebaiknya dipilih berdasarkan lisensi atau izin resmi yang telah dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Memang saat ini ada banyak sekuritas bermunculan, tetapi pastikan pilih yang kredibel. Sekuritas yang telah diberi izin oleh OJK akan sepenuhnya diawasi. Jika perusahaan tersebut bermasalah di suatu hari, maka OJK akan turun tangan menyelesaikannya. Jangan mudah tergiur dengan sekuritas yang tidak memiliki profil dan izin yang jelas. Dengan memilih sekuritas terpercaya, kegiatan investasi saham pastinya akan berjalan dengan aman dan nyaman.

4. Mulai Mendaftar dan Tunggu Sampai Rekening Saham Siap Digunakan

Membuka rekening saham tidak melulu harus dilakukan dengan mendatangi langsung ke lokasi kantor sekuritas. Ada beberapa perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan buka rekening secara online. Layanan ini tentunya sangat menguntungkan bagi yang tidak suka repot-repot bepergian dan tidak punya cukup waktu.

Baik mendaftar secara online atau offline, jangan lupa untuk membawa berkas-berkas yang sebelumnya telah disiapkan. Kemudian, isi formulir yang disediakan oleh sekuritas dan tunggu hingga proses buka rekening selesai.

5. Setor Deposit Pertama

Setelah rekening saham siap digunakan, langkah selanjutnya adalah menyetor uang sebagai deposit pertama. Besaran nominal deposit ini bervariasi karena setiap sekuritas mematok nilai minimal yang berbeda. Beberapa perusahaan sekuritas mengharuskan investor mendepositokan uang di awal dengan nilai Rp.5 juta.

Namun, ada juga yang mewajibkan deposit awal dengan minimal Rp.100 ribu. Jadi, sebaiknya pilihlah sekuritas yang tidak membebankan investor saat deposit awal.

6. Unduh Aplikasi Trading dan Mulai Berinvestasi

Kini sudah waktunya untuk memulai berinvestasi karena rekening investasi saham sudah siap digunakan. Unduh aplikasi trading terlebih dahulu, lalu login menggunakan ID dan PIN yang sudah didaftarkan saat membuka rekening saham. Sebelum memutuskan untuk membeli saham, jangan lupa untuk pertimbangkan matang-matang apakah saham tersebut memiliki profil yang bagus dan mampu membawa keuntungan.

Itulah penjelasan mengenai cara membuka rekening saham yang mudah dan lengkap setiap tahapannya. Keenam cara tersebut bisa menjadi referensi bagi pemula yang ingin mencoba berinvestasi saham. Selamat mencoba dan tetap teliti.

 

Baca Juga:

Tata Cara Jual Beli Saham Bagi Pemula

Peluang Bisnis Di Masa Pandemi Yang Menguntungkan

KPR Solusi Untuk Membeli Rumah Impian Anda