7 Cara Memikat Pelanggan Dalam Berdagang Dengan Mudah

8 views

Cara Memikat Pelanggan Dalam Berdagang

Berdagang menjadi salah satu cara orang untuk berbisnis. Saat ini sudah banyak sekali orang yang mencoba berdagang untuk mendapatkan penghasilan. Oleh karena itu, jumlah pesaingnya juga makin tidak bisa dikendalikan. Para pedagang harus pintar-pintar menarik minat pembeli. Beberapa cara memikat pelanggan dalam berdagang bisa dilakukan.

Cara Memikat Pelanggan Dalam Berdagang
Saat ini konsumen sudah sangat pintar untuk mencari sendiri informasi tentang barang atau jasa yang ingin mereka beli. Sehingga mereka sudah lebih paham kualitas dari produk tersebut. Pedagang tentu harus pandai merayu para konsumen bahkan ketika mereka sudah tahu kualitas produk yang ditawarkan.
Setelah konsumen mulai menunjukan ketertarikan, maka pedagang pun harus bisa mengubahnya menjadi sebuah keputusan pembelian. Dengan begitu penjualan baru bisa terjadi, dan pedagang mendapatkan keuntungan. Jadi sangat penting bagi para pedagang untuk memahami cara memikat pelanggan dalam berdagang seperti :

  • 1. Memberikan Informasi Secara Detail

    Pedagang harus melengkapi detail informasi tentang barang dagangannya pada konsumen selengkap mungkin. Dengan mengetahui secara jelas tentang produk tersebut, minat konsumen untuk membeli akan makin meningkat. Hal ini karena konsumen bisa melihat dengan jelas, produk apa itu, manfaatnya apa saja, dan lain-lain.

  • 2. Menyediakan Sample Produk

    Memikat pelanggan juga bisa dilakukan dengan cara menyediakan sample produk. Mereka bisa mencoba sample tersebut secara langsung supaya lebih percaya dengan apa yang telah ditawarkan. Cara-cara seperti ini memang sudah umum ditemukan terutama di pasar swalayan atau pusat-pusat perbelanjaan.
    Ketika konsumen mencoba produk, artinya mereka bisa berpeluang untuk mengubah keputusannya menjadi ingin membeli. Maka sample produk ini bisa dikatakan cukup penting.

  • 3. Meminta Konsumen Yang Sudah Membeli Untuk Memberikan Review

    Percaya atau tidak kini konsumen lebih percaya dengan review-review yang disampaikan oleh pelanggan sebelumnya. Maka untuk memikat calon pembeli baru, usahakan meminta pelanggan lama memberikan sedikit reviewnya tentang produk yang ditawarkan. Saat ini berkat kecanggihan teknologi meminta konsumen memberikan ulasan sangat mudah karena bisa dilakukan secara online.
    Nanti semakin banyak yang memberikan review bagus, artinya makin besar juga peluang pelanggan baru akan tertarik untuk mencoba. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan konsumen baru menggunakan review tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk membeli produk yang ditawarkan.

  • 4. Memanfaatkan Media Sosial Dengan Maksimal

    Penggunaan sosial media saat ini makin kompleks. Tidak hanya menjadi tempat ajang eksis, platform media sosial juga dapat menjadi alat pemasaran yang sempurna. Melalui media sosial, pedagang dapat melakukan komunikasi langsung dengan para calon konsumen.
    Misalnya dengan mengunggah foto-foto produk semenarik mungkin di laman sosial media. Ini mungkin akan membuat calon pelanggan tertarik untuk membeli, meskipun faktanya mereka belum tahu betul barang aslinya.

  • 5. Menawarkan Produk Yang Lebih Modern

    Menarik perhatian pelanggan juga bisa dilakukan dengan menawarkan produk yang lebih modern. Jadi jika produk yang lama ternyata tidak cukup memikat, cobalah dengan mengubah tampilannya. Misalnya pada resepnya maupun bentuk atau kemasannya. Dengan begitu produk yang sebelumnya terlihat sederhana jadi lebih laris.

  • 6. Menambahkan “Nilai” Pada Produk

    Agar pembeli lebih tertarik, coba berikan “nilai” lebih pada produk yang ditawarkan. Misalnya membubuhkan informasi jika produk tersebut telah melalui uji klinis para ahli. Atau bisa dengan mengklaim jika produk tersebut terbuat dari bahan-bahan alami. Biasanya informasi seperti ini membuat pelanggan tertarik untuk membeli.

  • 7. Mempermainkan Psikologis Pelanggan

    Biasanya cara ini dipakai para pedagang barang-barang di Swalayan. Contohnya pihak swalayan sering memberikan label warna merah, yang rata-rata pembeli menganggap itu adalah diskon. Padahal tidak selalu begitu bukan? Selain itu swalayan juga kerap kali membuat troli dengan ukuran yang lebih besar.
    Hal tersebut gunanya untuk mempengaruhi psikologis pelanggan. Secara tidak sadar, pelanggan akan merasa trolinya tidak kunjung penuh, sehingga mereka berpikir harus segera memenuhinya dengan belanja lebih banyak.

Itu tadi bagaimana cara memikat pelanggan dalam berdagang. Cara-cara tersebut bisa diikuti jika ingin memaksimalkan penjualan. Ingat, tetap berusaha dan yakin jika bisnis yang dijalankan bisa berhasil membawa keuntungan yang besar.

Baca Juga: Panduan Memulai Bisnis Clothing Line

Gallery for 7 Cara Memikat Pelanggan Dalam Berdagang Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *