Cara Memilih Saham Blue Chip Murah dengan Profit yang Besar
Memilih Saham Blue Chip Murah dengan Profit yang Besar

Cara Memilih Saham Blue Chip Murah dengan Profit yang Besar

0 views

Saham Blue Chip Murah

Jenis saham yang paling menjadi incaran ketika turun harga adalah saham blue chip murah dengan profit menggiurkan. Trader dan investor akan berburu hingga menemukannya sampai menjadi sesuatu yang mampu menghasilkan keuntungan besar untuknya. Berikut ini dibahas analisis tentang saham likuid yang bisa dijadikan pegangan saat mulai berinvestasi, antara lain:

1. Melakukan Pengamatan Teknikal

Apabila pengguna saham memerlukannya dalam waktu yang singkat, perlu melakukan pengamatan dalam memperoleh saham blue chip murah yang sedang diskon. Jangan asal pilih tanpa memperhatikan dengan teliti detail tekniknya, agar tak mengalami kerugian besar. Pilih juga yang sesuai kemampuan setelah memikirkan berbagai aspek yang ada.

Pada analisis ini juga ditekankan agar melihat pola-pola yang berlaku pada setiap blue chip dan membandingkannya antara satu dengan lainnya. Hal ini bertujuan untuk memasang strategi supaya rencana awal memperoleh keuntungan itu tercapai. Butuh analisis teknikal pada saham yang terkena diskon dimaksudkan tidak terjerumus pada saham berlapis dua dan tiga.

2. Cek Fundamental

Berbeda lagi jika melaksanakan investasi pada waktu lama ini tidak hanya teknikal yang diamati secara mendalam, tapi menganalisis fundamental juga. Produk yang dimiliki harus benar-benar dalam kondisi yang siap untuk mengikuti perputaran yang ada dengan tangguh, apalagi masanya panjang. Segala sesuatu yang menjadi kemungkinan berdampak negatif harus ditangani sebelum kejadian.

Adanya pemilihan saham-saham blue chip yang mempunyai cara kerja beserta sektornya paling bagus dan menjanjikan. Lihat semua sisinya dengan cermat, jangan hanya tergiur dengan harga tanpa pembanding lainnya. Murah atau tidaknya juga ditinjau dari harga asli atau kewajaran harga yang diberikan serta evaluasi dari saham itu.

3. Mempertimbangkan Keadaan Pasar Saham

Analisis kondisi pada pasar sangat penting dalam menemukan hal yang dicari. Perhatikan keadaan sekitarnya juga jika memilih saham yang murah. Jangan lakukan pembelian ketika keadaan pasaran sedang turun pada semua sektornya, sehingga hampir semua blue chip terjual dengan harga dibawah standar kewajarannya.

Perhatikan pergerakkan yang terjadi pada IHSG itu naik atau turun. Waspadalah jika mengalami penurunan, karena peristiwa ini menunjukkan perekonomian sedang buruk. Keadaan seperti ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan yang akan dilakukan dan sangat rugi jika diteruskan. Pentingnya analisis market ini disamping memilih secara teknikal dan fundamental juga perlu dipikirkan.

4. Perhatikan Likuiditas

Pilih produk yang likuiditasnya terjaga, karena kesuksesan suatu aktivitas yang dikerjakan bergantung pada sesuatu yang digunakan. Apabila cara kerjanya bagus akan mendatangkan hal positif pada sektor yang dijalankan, sehingga menguntungkan pihak investornya. Adanya risiko yang sangat rendah terhadap kegagalan yang dialami akan berguna.

Bergeraknya suatu saham yang stabil akan menghasilkan keuntungan pemegang sahamnya dengan sangat baik. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri terhadap keberadaan saham yang bisa membawa pemiliknya pada sesuatu yang lebih menguntungkan.

5. Tinjau PBV, EPS dan PER

Pada saat membeli yang diskonan atau berharga murah pastikan sudah disesuaikan dengan kriteria yang ada. Mulai dari PBV yang kepanjangannya Price to Book Value untuk menentukan harga saham saat berada di pasar itu. Apabila semakin rendah nilainya, maka harganya murah.

Lihat juga EPS yang merupakan laba setiap saham yang ada pada setiap lembarannya. Jika semakin tinggi, maka sangat efektif penjualannya. Langkah terakhir adalah PER atau melihat rasio terhadap investasi yang dikembalikan itu banyak atau sedikit. Jika PER kecil, maka semakin baik.

Demikian ringkasan singkat yang dapat menambah pengetahuan keberadaan saham blue chip murah mendukung aktivitas perputaran uang yang dilakukan. Kegiatan dengan profit berlimpah menjadi sumber pendapatan yang bisa diandalkan untuk beberapa waktu kedepannya.

 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik di Indonesia