Cara Memulai Berjualan Gas Elpiji 3KG Yang Mengentungkan

Biasanya, untuk para orang tua yang sehari harinya dirumah dan tidak memiliki kegiatan pasti ingin memiliki usaha yang bisa dikerjakan dirumah seperti warung, kedai dan lain lain. Nah, untuk yang satu ini pasti sering anda lihat juga di sekitar anda yaitu usaha gas elpiji 3 kg. Biasa usaha ini dilakukan oleh orang yang berdiam diri dirumah dan merasa jenuh. Biasanya pula usaha ini digabung dengan adanya warung.

Baca juga : Potensi Bisnis Garam Dapur yang Untung Terus

Cara Memulai Berjualan Gas Elpiji 3KG Yang Mengentungkan

Jika anda ada rencana ingin memulai usaha ini, anda harus memperhatikan beberapa hal dan berikut ini akan kami uraikan beberapa tips dalam usaha gas elpiji 3 kg. Ini bisa dijadikan referensi untuk anda yang ingin membuat usaha gas elpiji 3 kg dirumah.

Modal awal

Syarat utama sebuah usaha adalah modal. Karena dalam usaha pastinya kita membutuhkan alat dan bahan untuk menjalankan usaha kita. Nah. Modal awal ini harus kita gunakan dengan sebaik baiknya. Jangan sampai dipakai untuk keperluan lain. Anda harus bisa pandai memakai uang untuk modal usaha anda. Dengan modal aawal ini anda harus lebih selektif dalam membeli alat dan bahan untuk usaha ini. Carilah bahan dan alat yang berkualitas, jangan hanya tergiur oleh harga barang yang murah tetapi kualitas belum bisa diuji.

Syarat dan ijin menjadi pangkalan gas elpiji

Dengan mengikuti Peraturan daerah atau Perda di Indonesia, menyatakan bahwa izin untuk menjadi sub agen elpiji harus dan bahkan wajib untuk memiliki sebuah badan usaha yang diakui oleh hukum untuk melaksanakan kegiatan penyaluran dan penyimpanan produk gas elpiji kepada pengecer atau kepada konsumen dengan kapasitas kurang dari 1 ton untuk setiap harinya.

Baca juga : Cara Membuka Usaha Galon Isi Ulang Rumahan Yang Menjanjikan
Syarat-syarat untuk menjadi agen elpiji diantaranya adalah:

  • Mempunyai SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan, TDP atau Tanda Daftar Perusahaan dan Surat Izin Gangguan atau disebut HO (Hinderordonnantie) yang biasanya dapat diperoleh dari dinas perizinan di setiap kabupaten/kota tempat domisili.
  • Memiliki surat keterangan kerjasama dengan beberapa agen penyalur yang ada di daerah bersangkutan.
  • Telah mendapatkan surat ijin dari kelurahan setempat sebagai rekomendasi bahwa diperbolehkan untuk mendirikan usaha sebagai agen pangkalan gas elpiji untuk disalurkan kepada masyarakat.
  • Melampirkan beberapa dokumen pribadi yang sah dan wajib mematuhi segala kebijakan yang di berlakukan oleh Pertamina atau distributor pusat.

Lahan atau tempat yang strategis

Dengan memiliki usaha sendiri, anda pasti ingin usaha anda berjalan dengan baik dan banyak memiliki konsumen kan? Nah, tempat strategis untuk usaha gas elpiji ini adalah di tempat tempat yang disana banyak terdapat rumah rumah. Contoh seperti perumahan, pedesaan dan lainnya. Banyak yang membutuhkan gas elpiji ini untuk memasak khusunya bagi para ibu ibu rumah tangga. Tempat yang lain yang coock untuk usaha ini juga bisa di tengah perkotaan karena disana banyak rumah makan ataupun restoran yang membutuhkan gas elpiji setiap harinya untuk memasak.

Tempat yang bersih

Untuk menarik konsumen atau pembeli, anda harus bisa menjaga kebersihan dan kesehatan tempat dimana usaha anda berlangsung. Karena kebnayakan gudang tempat penyimpanan gas elpiji ini sangat kotor dan kumuh. Kebersihan ini harus anda jaga agar konsumen tertarik dan mayu menjadi konsumen tetap karna pemilik yang selalu menjaga kebersihan

Nah itulah beberapa tips yang harus anda perhatikan dalam membuat usaha gas elpiji 3 kg. Ssemoga dapat bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Cara Memulai Berjualan Gas Elpiji 3KG Yang Mengentungkan"