Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Informasi dan panduan cara memulai bisnis dari nol sangat dibutuhkan setiap orang khususnya bagi mereka yang ingin memulai suatu usaha. Mengingat mencari pekerjaan baru yang sesuai keinginan dengan gaji besar sangat sulit. Pekerjaan dengan gaji rendah pun terkadang sulit didapat dikarenakan persaingan dunia kerja yang sangat ketat. Setiap tahun jumlah angkatan kerja terus bertambah tanpa disertai tersedianya lapangan kerja baru yang memadai.

Bisnis merupakan solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan besar selain dengan menjadi karyawan. Namun seringkali banyak kendala bagi mereka yang mau merintis bisnis. Hal paling utama adalah mereka belum banyak pengalaman dalam merintis bisnis sehingga memerlukan panduan lengkap. Supaya bisnis pertama yang dijalani tidak langsung rugi dan bangkrut tapi menghasilkan keuntungan besar sepanjang masa maka mereka membutuhkan panduan cara memulai bisnis dari nol.

Berdasarkan pengalaman penulis yang beberapa kali membuka bisnis dari nol dan sukses bahwasanya sangat mudah membuka bisnis dari nol. Apalagi bisnis yang dilakoni adalah usaha modal kecil atau nol. Yang diperlukan adalah keberanian untuk memulai usaha. Yang tentu saja dimulai dengan menyediakan peralatan dan perlengkapan usaha.

Sekarang ini membuka suatu usaha menjadi primadona bagi banyak orang. Di tengah situasi sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Tak jarang dari usaha yang mereka jalani dapat menghasilkan pendapatan yang melebihi profesi sebagai karyawan. Bahkan menurut para pakar keuangan, bisnis merupakan cara tercepat seseorang untuk kaya raya.

Ada banyak keuntungan seseorang memilih buka usaha ketimbang bekerja sebagai karyawan. Seperti kebebasan memilih jam kerja. Anda bisa bebas menentukan penghasilan. Jika anda ingin penghasilan bulanan besar maka anda harus lebih kerja keras dan kerja cerdas. Membuka bisnis akan memberikan kita penghasilan tak terbatas. Berbeda dengan profesi sebagai karyawan yang penghasilan sangat terbatas. Tak aneh tidak ada karyawan yang bisa kaya.

Namun bagi pemula seringkali dipusingkan dengan banyak hal. Dari mana cara mulai bisnis. Bagaimana cara melakukan bisnis yang sukses. Dari awal atau perencanaan usaha sampai usaha berjalan. Mereka kebingungan cara memulai usaha dari nol sampai mengembangkannya. Dimulai dari jenis usaha apa yang hendak mau dijalankan.

Selain Cara Memulai Bisnis Dari Nol Baca: 3 Peluang Bisnis Yang Mudah Dijalankan Bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Berikut ini cara memulai bisnis dari nol bagi  pemula, antara lain:

  • 1. Memilih jenis usaha

Ada berbagai jenis bisnis yang bisa anda tekuni. Bisnis lama maupun bisnis terbaru. Anda bisa mengambil peluang usaha tersebut satu persatu. Dimulai dari yang paling anda kuasai, paling anda sukai dan cintai.

Untuk usaha yang lama seperti membuka toko sembako, warung, jualan gas elpiji, jualan pom bensin mini, jualan sayuran dan buah-buahan dan lainnya. Sedangkan usaha terbaru muncul bisa anda lakukan seperti usaha minuman Thai Tea, youtuber dll. Pokoknya anda tidak usah takut akan stok jenis usaha. Jenis usaha tidak akan berkurang bahkan bertambah banyak.

  • 2. Mempunyai Mentor

Sangat bagus bagi anda untuk mendapatkan mentor dalam bisnis anda. Karena akan mempercepat kesuksesan bisnis dan menghindarkan kerugian lebih besar dari kegagalan usaha. Banyak orang yang melakukan bisnis tanpa mentor yang akhirnya harus mengalami banyak kegagalan sebelum menapaki keberhasilan usaha.

Mentor akan memperingatkan dan mengarahkan ketika anda salah menjalankan bisnis. Untuk bentuk mentor di jaman modern saat ini bisa beragam. Seperti dalam bentuk buku, seminar, pelatihan usaha, kelas bisnis, dll. Namun anda jangan terkecoh dengan istilah mentor bisnis. Kerapkali seseorang menyebut diri sebagai mentor bisnis tapi ia sendiri belum berhasil sukses dalam bisnisnya. Mentor bisnis adalah praktisi bisnis yang benar-benar membangun usaha dari nol dan mereka bisa sukses.

Betapa banyak orang di dunia ini yang memulai usaha tanpa mentor bisnis. Ia membuka bisnis hingga mengalami kerugian dan jatuh bangun. Setelah memakan waktu yang lama barulah ia bisa sukses dalam bisnisnya berbekal pengalaman. Inilah yang dinamakan bisnis secara autodidak dan banyak hal seperti ini terjadi di masyarakat. Disebabkan minimnya atau sulitnya mendapatkan mentor bisnis terutama bagi mereka yang dilahirkan dalam keluarga latar belakang pegawai, karyawan atau PNS.

  • 3. Bisnis yang biasa

Bisnis yang biasa di tangan orang kreatif akan menjadi bisnis luar biasa. Banyak bisnis besar dimulai dari gagasan sederhana. Jadi jangan sepelekan ide usaha sederhana karena hal itu bisa dijadikan peluang usaha yang kelak menjadi besar. Contoh bisnis biasa yang bisa menjadi luar biasa adalah menjadikan bisnis lama dikelola dengan cara inovasi modern.

  • 4. Riset pasar dan membidik pasar

Membuat produk dan usaha tidak boleh sembarangan. Sebelumnya mesti dilakukan riset pasar. Hal penting adalah apakah ada pangsa pasarnya. Jangan sampai anda kesulitan menjual produk disebabkan tak ada pangsa pasar.  Kalau ada pangsa pasarnya tapi sangat kecil maka anda bisa mempertimbangkan lagi usaha itu. Yang penting untuk sukses mulai usaha dari nol adalah memilih usaha yang pangsa pasarnya besar dan masih jarang pesaing.

  • 5. Mempersiapkan modal

Setelah melakukan riset pasar dan menentukan usaha yang tepat berikutnya mempersiapkan modal usaha berupa uang dan peralatan. Uang dipergunakan untuk membeli berbagai peralatan usaha dan bahan bakunya. Modal usaha tersebut dicatat besarannya lalu seiring usaha berjalan mesti kembali modal atau istilahnya break event point (BEP). Dan selanjutnya adalah keuntungan bagi pengusaha tersebut.

  • 6. Melakukan prioritas usaha

Usaha yang baru berdiri memerlukan manajemen yang baik. Anda bisa memulai untuk mempromosikan bisnis anda. Karena anda sudah siap dengan barang anda yang tersedia dalam jumlah banyak. Dalam setiap kegiatan bisnis banyak aspek yang perlu diperhatikan. Seperti pembuatan produk, pengemasan barang, promosi dan penjualan. Anda harus memilih kegiatan bisnis mana saja yang harus diprioritaskan dan mana yang bisa ditinggalkan sementara waktu.

Intinya, dalam setiap usaha tidak semua dapat dijalankan. Produk, promosi, dan penjualan adalah tiga hal yang sangat berbeda. Namun setiap bagian perlu dipertimbangkan untuk didahulukan dilakoni atau tidak. Semua tergantung situasi kondisi dan kebutuhan.

  • 7. Kerjasama dengan pemilik modal

Sebuah usaha memerlukan modal uang tambahan untuk mengembangkan usahanya. Misalkan membangun cabang. Dari sini penting sekali bagi setiap pemilik usaha untuk menjalin kerjasama dengan pemilik modal besar. Supaya usaha yang dijalani bisa semakin besar dengan dukungan modal uang yang besar. Adapun contoh pemilik modal yang mesti diajak kerjasama adalah bank, investor, keluarga  dll.

Langkah utama untuk mendapatkan modal usaha berupa uang harus dilakukan berlapis. Dari meminjam uang ke anggota keluarga, sanak kerabat, sahabat, teman dan kenalan. Karena sistem pinjaman uang bersifat fleksibel dan tanpa bunga. Berbeda dengan meminjam uang di bank memerlukan persyaratan rumit dan berliku serta mesti ada jaminan dan bunga.

  • 8. Pemasaran dan penjualan

Yang terakhir adalah pemasaran dan penjualan produk atau jasa. Inilah yang sangat penting. Karena usaha kecil dan besar dapat sukses tidaknya ditentukan oleh metode pemasaran yang dilakukan. Apalah jadinya jika suatu usaha mampu membuat produk atau menyediakan produk yang banyak tapi kesulitan menjual. Dari penjualan itulah perusahaan akan mendapatkan keuntungan. Tanpa penjualan suatu perusahaan akan merugi.

Hal yang paling menggembirakan saat ini sudah tersedia berbagai sarana penjualan. Salah satunya media internet. Anda dapat menjual produk dari bisnis anda lewat media online dan offline. Seperti berjualan barang di media sosial facebook, instagram dan whatsapp. Lalu untuk contoh pemasaran offline dengan membuka toko fisik di daerah strategis dan membuka kantor cabang.

Baca: Cara Mengembangkan Usaha Kecil Kecilan

You May Also Like

About the Author: ares