2 Cara Memulai Bisnis Travel Agent dan Rumahan Tanpa Modal Super Mudah

9 views

Memulai Bisnis Travel Agent Tanpa Modal

Bisnis travel dikenal merupakan salah satu jenis bisnis yang membutuhkan banyak modal. Tapi itu dulu, sebelum ada perkembangan teknologi yang tumbuh pesat seperti saat ini. Bisnis travel agent tanpa modal kini bahkan cukup populer. Didukung dengan fakta jika letak geografis Indonesia ini menyediakan keindahan alam yang indah.
Banyak tempat-tempat menarik yang membuat para traveler ingin mencoba mendatanginya. Apalagi saat ini sudah banyak sekali wisatawan yang rela menghabiskan uang untuk travelling demi eksis di media sosial. Hal tersebut semakin membuat bisnis travel agent seakan tidak akan pernah mati.

 Bisnis Travel Agent Tanpa Modal
Bisnis Travel Agent

Bagi yang sudah mulai tertarik membuka bisnis ini tapi tidak punya modal jangan khawatir. Simak bagaimana cara memulai bisnis travel agent tanpa modal di bawah ini :

Baca Juga: Cara Bekerja di Kapal Pesiar

  1.  Melakukan Persiapan Perlengkapan

    Meskipun tanpa modal, bukan berarti tidak ada sama sekali hal yang perlu disiapkan. Pertama tentu saja butuh perangkat laptop serta jaringan internet atau kuota. Laptop ini dipergunakan untuk beberapa hal. Misalnya untuk cek jadwal dan harga penerbangan, memeriksa jumlah seat yang tersedia, dan lain-lain.
    Perangkat laptop juga sangat diperlukan terutama saat akan melakukan booking ticket pesawat jika ada pemesan yang menginginkanya. Sementara untuk bisa melakukan itu semua dibutuhkan jaringan internet yang mumpuni. Jadi paling tidak 2 hal tersebut perlu disediakan.

  2.  Pilih Bisnis Travel Berbasis Rumahan

    Setelah menyiapkan peralatan pendukung, silahkan pertimbangkan untuk menjalankan bisnis travel rumahan. Bisnis travel rumahan ini sama sekali tidak membutuhkan modal besar, bahkan bisa dikatakan tanpa modal. Caranya adalah dengan menjadi sub agen travel dari travel agen besar.
    Para travel agen besar umumnya menjanjikan sejumlah komisi setelah para sub agen mereka berhasil melayani customer. Selain travel berbasis rumahan, cobalah mendirikan agen travel online. Pasalnya saat ini terbukti orang lebih menyukai bertransaksi secara online. Bisnis travel online memiliki banyak sekali keunggulan. Mulai dari mudah dijalankan, praktis, dan tanpa modal.

  3.  Kembangkan Bisnis Travel Spesial

    Bisnis travel dengan modal yang minim juga bisa dimulai dengan mengembangkan bisnis travel spesial. Jenis bisnis ini memang sedikit membutuhkan kreativitas yang tinggi. Caranya misalnya dengan membuat paket wisata di beberapa tempat yang memang sudah diketahui dengan baik. Lalu tawarkan paket wisata tersebut pada orang-orang terdekat.
    Jangan lupa beri harga yang terjangkau. Meskipun tergolong murah, upayakan tetap memberikan fasilitas terbaik sesuai porsi paket yang ditawarkan. Dengan begitu akan membuat orang makin tertarik untuk mencoba. Jangan dulu memikirkan keuntungan yang kecil, karena hitungannya baru memulai bisnis anggap saja untuk promosi.

  4.  Ikut Waralaba

    Jika punya sedikit modal, coba saja ikut travel waralaba atau franchise. Dengan sistem ini memang tidak bisa menentukan nama travel sendiri karena semua sudah ditetapkan oleh waralaba tersebut. Tapi dengan ikut waralaba seperti ini, kemungkinan konsumen bisa tertarik lebih banyak.
    Pasalnya semua agen travel waralaba pasti sudah punya nama besar yang sudah dikenal banyak orang. Maka tak usah susah payah lagi untuk berpromosi. Selain itu, para agen travel waralaba juga sudah menyiapkan segala administrasi serta prosedur bisnis. Jadi sebagai member tinggal menjalankan saja sesuai ketentuan mereka.

  5.  Promosikan Bisnis Lewat Media Sosial

    Semua jenis bisnis tidak akan bisa maju berkembang bila tidak melakukan promosi. Maka dari itu promosi bisa dikatakan bagian paling penting. Banyak pengusaha mati-matian mengeluarkan banyak dana untuk promosi. Lalu bagaimana yang hanya punya modal minim?
    Caranya adalah lakukan promosi melalui media sosial. Bagaimanapun juga sekarang mungkin hanya sedikit orang yang tidak menggunakan media sosial. Maka upayakan untuk melakukan promosi jasa travel yang dirintis melalui beberapa platform media sosial supaya lebih hemat.

 

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Homestay

Itulah tadi informasi bagaimana memulai bisnis travel agent tanpa modal. Meskipun tergolong bisnis yang membutuhkan modal besar, nyatanya travel agent bisa dijalankan dengan modal minim bahkan tanpa modal sedikitpun. Terapkan beberapa cara di atas jika ingin merintis bisnis ini.

selain itu, apabila anda ingin menjalankan usaha travel dirumah, anda bisa ikuti panduan dibawah ini,

Cara Menjalankan Bisnis Travel Rumahan Agar Cepat Sukses

Bingung ingin menjalankan bisnis apa dengan modal minim? Cobalah dengan menggeluti bisnis rumahan. Jika tertarik dengan dunia travelling, coba saja dengan membuka bisnis travel rumahan. Umumnya bisnis travel memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Apalagi, bisnis seperti ini cukup ribet karena harus mengurus segala macam perizinan.

Tapi dengan adanya teknologi saat ini, bisnis travel bisa kok dijalankan dengan modal kecil. Ingatlah bisnis travel saat ini mulai menunjukkan peningkatan prospek. Hal tersebut karena masyarakat kini menganggap kegiatan traveling bukan sebagai barang mewah, melainkan kebutuhan. Semakin banyak orang yang rela menabung supaya bisa pergi ke tempat yang mereka inginkan.

Bisnis Travel Agent Tanpa Modal
Bisnis Travel Agent

Selain itu, setiap tahun para traveler diketahui semakin gencar mencari tempat rekreasi baru yang belum pernah mereka datangi. Ini jugalah yang membuat banyak bisnis travel makin menjamur. Fakta tersebut sekaligus dapat menjelaskan jika bisnis ini termasuk menguntungkan. Bagi yang mulai berminat merintis, simak cara memulai bisnis travel rumahan berikut ini :

  1.  Mencari Travel Agent Terbaik Dan Terpercaya

    Salah satu cara memulai bisnis travel rumahan adalah menjadi sub agen travel. Paling tidak, dengan menjadi sub agen travel, bisa menekan biaya modal. Tidak hanya itu saja, menjadi sub agen artinya tidak perlu ribet mengurus perizinan dan lainnya. Sub agen travel bisa juga berarti menjadi pegawai agen travel.
    Tapi sub agen tidak akan mendapatkan gaji dari agen tersebut melainkan komisi. Jadi sebelum menjadi sub agen, sebaiknya cari dulu agen travel yang paling terpercaya. Pastikan agen tersebut membuka kesempatan menjadi sub agen travel mereka. Paling tidak lihat kredibilitasnya, pertimbangkan komisi yang bisa mereka berikan, dan lainnya.

  2.  Daftarkan Diri Menjadi Sub Agen Travel

    Jika sudah menemukan agen travel agent yang paling terbaik dan terpercaya, lakukan pendaftaran. Rata-rata setiap agen akan memberikan prosedur pendaftaran yang berbeda-beda. Kebanyakan mereka menganjurkan untuk mendaftarkan diri secara online. Jika diminta mengisi data, silahkan isi semua dengan benar jangan sampai ada yang terlewat.
    Pahami ketentuan yang diberikan oleh pihak travel agent tersebut. Beberapa travel agent mengharuskan para sub agen memberikan deposite sebagai tanda kerjasama. Tujuannya adalah supaya para sub agen tidak main-main dan serius menjalin kerjasama dengan mereka. Tapi semakin kesini makin banyak agen travel yang tidak memberikan syarat tersebut.

  3.  Menyiapkan Peralatan Pemasaran

    Alat pemasaran paling murah apalagi kalau bukan media sosial. Sekarang sudah ada banyak sekali jenis-jenis media sosial yang bisa dimanfaatkan. Buat akun bisnis travel sendiri di Instagram, facebook, atau lainnya. Bisa juga dengan membuat blog yang menjelaskan apa saja informasi yang dibutuhkan oleh calon pengguna jasa travel.

  4.  Berikan Pelayanan Yang Terbaik

    Setelah ternyata ada yang memesan misalnya tiket pesawat, segara layani dengan baik. Usahakan untuk memberikan respon cepat pada mereka. Nanti setiap transaksi yang berhasil, saat itu juga komisi bisa didapatkan. Misalnya ketika berhasil menjualkan tiket pesawat yang dihargai oleh agen Rp500.000.
    Maka jika saat perjanjian komisi yang diberikan 5% artinya bisa dapat Rp.25.000. Cukup lumayan bukan, hanya dengan mencari calon pembeli yang potensial. Oleh karena itu sebisa mungkin berikan pelayanan terbaik pada pelanggan supaya mereka tidak lari ke pesaing.

  5.  Minta Pelanggan Memberikan Testimoni Tentang Pelayanan

    Jika ada pelanggan yang merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan, cobalah minta mereka memberikan testimoni. Dengan testimoni ini bisa dijadikan alat untuk mencari pelanggan lain lebih banyak lagi. Pasang beberapa testimoni tersebut pada halaman akun media sosial tempat berpromosi.

Itu tadi bagaimana cara menjalankan bisnis travel rumahan. Bisnis ini beda dengan bisnis travel agen dalam skala besar. Prosesnya tidak repot, lebih praktis, dan tidak butuh banyak modal. Walaupun keuntungan yang didapatkan tidak seberapa namun jika ditekuni dengan baik, hasilnya cukup lumayan.

Baca Juga: Rincian Modal Bisnis Coffee Shop Sederhana

Gallery for 2 Cara Memulai Bisnis Travel Agent dan Rumahan Tanpa Modal Super Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *