7 Konsep Memulai Usaha Warung Kopi Sederhana

5 views

Saat ini, Warung Kopi atau Kafe Kopi sedang menjadi trending, bagaimana cara memulai usaha Warung Kopi atau bahkan bisa memiliki sebuah kafe kopi atau coffee shop? bagaimana cara mengawalinya? usaha ini tidak hanya membutuhkan modal semata saja, namun membutuhkan konsep-konsep untuk memulainya. Modal usaha bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing atau bisa dengan cara meminjam di Bank.

Usaha Warung Kopi
Coffee Shop

Konsep Memulai Usaha Warung Kopi Sederhana

Masyarakat Indonesia sepertinya tidak bisa lepas dari yang namanya kopi. Dengan adanya fakta tersebut bisnis warung kopi bisa dikatakan cukup berpeluang. Modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini dapat disesuaikan. Jika punya modal pas-pasan, coba saja mulai dengan membuat usaha warung kopi sederhana.
Jangan dulu takut banyak saingan, karena memang bisnis ini cukup menjamur saat ini. Dengan strategi yang tepat, seberapa banyak pesaing pun pasti bisa dikalahkan. Berikut tips bagaimana memulai usaha warung kopi sederhana yang bisa dicoba :

1. Menentukan Target Konsumen

Langkah pertama adalah tentukan target konsumen warung kopi yang akan dibuat. Penentuan target konsumen ini akan sekaligus memudahkan dalam menentukan tempat jualan. Ambil contoh saja ingin membuat warung kopi dengan konsep modern. Artinya target pasar yang dibidik adalah para anak muda.
Tempat berjualan yang terbaik untuk target pasar seperti mereka adalah sekitar kampus, atau sekolahan. Penentuan target konsumen pun dapat disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Misalnya ingin membuat warung kopi modal dibawah 5 juta. Maka akan sulit menyasar pasar kelas menengah ke atas. Lebih baik targetkan penjualan kelas menengah ke bawah.

2. Menentukan Tempat Jualan Yang Tepat

Selanjutnya silahkan untuk menentukan lokasi jualan yang paling tepat. Salah menentukan lokasi bisa membuat usaha tidak bisa berkembang dengan baik. Itulah mengapa ada pepatah menyebutkan jika lokasi strategis adalah faktor utama peningkatan jumlah penjualan. Untuk itu upayakan untuk memilih tempat jualan yang ramai dilewati orang.

3. Menyiapkan Modal Usaha

Langkah berikutnya adalah menyiapkan hal yang paling penting yaitu kesiapan modal usaha. Bicara soal modal, sebenarnya jika hanya untuk membeli peralatan membuat kopi serta bahannya saja dana 1 juta sudah cukup. Tapi ingatlah, untuk membuka warung kopi juga butuh sewa tempat yang lebih strategis.
Jika memang dana yang dimiliki benar-benar minim, ada baiknya untuk membuat warung kopi dengan konsep tenda. Jangan lupa pilih tempat yang menawarkan sewa bulanan, sehingga tidak cukup berat ketika akan mengawali usaha. Untuk usaha warung kopi sederhana setidaknya dibutuhkan modal 5 hingga 10 juta rupiah.

Baca Juga: 10 Cara memulai Usaha Kuliner Tanpa Modal

4. Mencari Supplier Bahan Kopi

Jangan lupa juga untuk mencari supplier kopi yang berkualitas. Tujuannya supaya konsumen tetap menjadi pelanggan karena minuman yang disajikan memang enak. Upayakan juga untuk memilih supplier yang punya pasokan bahan dalam jumlah banyak. Akan sangat merepotkan jika tiba-tiba stok kosong ketika dibutuhkan.

5. Menentukan Konsep Warung Kopi

Jangan mentang-mentang warung kopi sederhana lalu acuh dengan konsep. Usaha warung kopi ini banyak sekali saingannya. Selain rasa, pelanggan biasanya melihat keunikan konsep warung sehingga mempengaruhi keinginan mereka untuk mencoba. Jadi paling tidak pikirkan konsep warung kopi yang unik, namun tetap disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

6. Mempromosikan Usaha

Usaha apapun promosi itu penting. Untuk promosi warung kopi sederhana, cobalah untuk melakukannya dengan mengundang tetangga, teman, kerabat, dan lainnya untuk mencoba mencicipi kopi. Siapa tahu akhirnya jadi langganan. Tidak ada salahnya juga untuk melakukan pemasaran secara online. Misalnya melalui media sosial yang saat ini sudah banyak sekali jumlahnya.

7. Memberikan Pelayanan Terbaik

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan pelayanan terbaik. Sebaik apapun konsep yang dibuat, sebanyak apapun modal yang dikeluarkan, jika pelayan buruk, jangan harap konsumen tertarik kembali. Jadi upayakan untuk memasang senyum saat melayani pelanggan. Hindari memasang tampang masam dan marah karena membuat pembeli merasa kecewa.

Itu tadi beberapa langkah ketika akan membuka usaha warung kopi sederhana. Meskipun sederhana, perlu strategi yang tepat supaya tidak kalah dengan pesaing. Bagaimana? Sudah siap membuka usaha warung kopi sendiri?

 

Baca Juga: Cara Bekerja di Kapal Pesiar

Gallery for 7 Konsep Memulai Usaha Warung Kopi Sederhana

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *