Tak Perlu Khawatir! Ini Cara Menabung Untuk Beli Mobil Impian Mudah
Cara Menabung Untuk Beli Mobil Impian

Tak Perlu Khawatir! Ini Cara Menabung Untuk Beli Mobil Impian Mudah

22 views

Cara Menabung Untuk Beli Mobil Impian

Memiliki mobil pribadi adalah impian setiap orang. Walau begitu, banyak yang tidak bisa terwujud karena gaji yang pas-pasan. Tak perlu khawatir, ada cara menabung untuk beli mobil yang bisa dilakukan bagi seseorang dengan penghasilan terbatas.

Biasanya, seseorang cenderung abai untuk menabung karena dianggap bukan hal yang penting. Padahal dengan menabung, uangnya dapat dibelikan sesuatu seperti mobil. Mobil menjadi penting keberadaannya karena dapat melindungi dari paparan panas dan polusi. Berikut, cara-cara untuk membuat uang tabungan agar dapat memiliki mobil:

Baca: Asuransi Kendaraan

1. Melakukan Pekerjaan Sampingan

Penghasilan yang terbilang cukup minim menjadikan seseorang kesulitan dalam menabung. Apalagi melakukan pembelian mobil, untuk mencukupi kebutuhan harian pun terkadang diikuti rasa cemas. Cara yang dapat dilakukan yakni mencari pekerjaan sampingan.

Pekerjaan sampingan dapat menambah pemasukan, sehingga uang yang dipunyai dapat ditabung sebagian. Uang tambahan ini juga dapat langsung diprioritaskan guna membeli mobil favorit. Simpan uang hasil bekerja sampingan ke rekening tabungan khusus.

Pastikan uang tersebut tak diambil membeli sesuatu yang kurang berguna. Patikan dan prioritaskan sudut pandang jika uang itu guna membeli kendaraan mobil. Apabila keadaan tak memungkinkan dan ada kebutuhan terdesak, ambil secukupnya saja.

2. Menyisihkan Penghasilan

Cara menabung untuk beli mobil lainnya yaitu menyisihkan penghasilan yang didapat. Meski penghasilan tersebut pas-pasan, usahakan untuk menabungnya sedikit. Persentase uang untuk menabung berkisar di antara angka 25 hingga 30 persen.

Pastikan untuk membuat perhitungan terkait kebutuhan harian dan bulanan. Catat kebutuhan prioritas dan sisihkan sebagian untuk ditabung. Patuhi setiap aturan yang dibuat untuk diri sendiri, agar tabungan yang diinginkan segera tercapai.

3. Menabung Satu Nominal Tertentu

Selanjutnya yaitu dengan menabung satu nominal tertentu. Misalnya, uang dengan hanya nominal 20 ribu yang dijadikan tabungan. Jadi, setiap kali mendapatkan uang dengan nominal simpan dalam kantong khusus dan tabung ke dalam rekening.

Masukkan nominal itu dalam perencanaan untuk beli kendaraan roda empat tersebut. Jadi, saat menabung maka prosesnya pun tidak akan terasa. Seseorang tidak akan merasa terpangkas penghasilannya, karena menabung dengan cara ini sedikit demi sedikit.

4. Menghemat Pengeluaran Harian

Apabila ingin memiliki mobil, maka seseorang  harus merelakan sebagian uangnya dapat dihemat. Menghemat pengeluaran harian bisa menjadi input pada keuangan. Pastikan tak berlebihan dalam membelanjakan sesuatu.

Kebutuhan yang bisa dihemat misalnya terkait makanan. Jika biasanya, seseorang terbiasa membeli makan di warung atau kedai. Sebaiknya kebiasaan tersebut diganti dengan memasak sendiri di rumah. Cara ini terbukti efektif untuk memotong pengeluaran, sehingga uangnya dapat dialokasikan ke tabungan untuk membeli mobil.

5. Mengecek Pengeluaran

Untuk dapat membuat tabungan khusus membeli mobil, pengecekan pengeluaran bulanan perlu dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk memantau seberapa besar uang belanja dan kebutuhan lain yang telah dikeluarkan. Dengan begitu, pengeluaran pun dapat diprioritaskan. Kebutuhan mana yang harus dipangkas dan yang mana yang bisa dipertahankan.

Pengeluaran bisa dicatat rapi dalam sebuah jurnal harian. Kemudian di akhir bulan dapat dilakukan evaluasi secara mandiri. Uang yang memang dirasa tidak penting, bisa dialihkan sebagai tabungan membeli mobil. Cara ini dapat dicoba agar mobil impian dapat terwujud.

6. Menjual Barang yang Tidak Digunakan

Tabungan untuk membeli mobil dapat ditambah dengan menjual barang-barang pribadi yang sudah tidak digunakan. Pastikan barang tersebut masih layak dan cukup pantas untuk dijual kembali. Pilih barang pribadi seperti tas lama, baju, sepatu ataupun jaket kesayangan.

Hasil dari penjualan tersebut dapat digunakan untuk menambah uang tabungan mobil impian. Tak perlu repot untuk memangkas uang makan atau melakukan pekerjaan tambahan lainnya. Dengan cara ini pula, seseorang tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menjadi modal berjualan.

Nah, itu tadi cara menabung untuk beli mobil impian yang dapat dicoba. Dengan membuat penghasilan tambahan baik dari bekerja tambahan ataupun menjual barang lama milik pribadi tentu akan membuat tabungan bertambah. Jangan lupa juga untuk tetap berhemat, sehingga uangnya dapat ditabung. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca Juga: Peluang Bisnis Di Masa Pandemi Yang Menguntungkan