Cara Menabung Untuk Menikah Dengan Gaji 1 Juta Lengkap dengan Estimasi Biaya
Cara Menabung Untuk Menikah

Cara Menabung Untuk Menikah Dengan Gaji 1 Juta Lengkap dengan Estimasi Biaya

0 views

Menabung Untuk Menikah

Pernikahan menjadi hal yang banyak diimpikan setiap orang, namun terkadang pelaksanaannya terhalang oleh finansial. Tak perlu khawatir, ada cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta rupiah. Apalagi bagi seseorang dengan gaji satu rupiah rupiah, sebenarnya, menikah tak membutuhkan banyak biaya. Berikut ulasannya:

Cara Menabung Untuk Pernikahan

Ada berbagai model pernikahan yang bisa dipilih untuk bisa menghemat biaya. Meski begitu, tak lengkap rasanya bila pernikahan tak dirayakan sama sekali. Untuk itu, berikut cara menabung dari gaji satu juta rupiah:

1. Hematlah Kebutuhan Harian

Jika penghasilan yang didapat per bulan hanya 1 juta rupiah saja, pastikan untuk menghemat kebutuhan harian. Jangan boros dan sembarangan dalam membelanjakan sesuatu, terlebih makanan. Usahakan untuk tidak makan di luar terus-menerus. Buat makanan sendiri di rumah dengan memasak.

2. Buatlah Rekening Khusus

Untuk memisahkan uang tabungan pribadi, kebutuhan dan tabungan untuk menikah perlu dibuatkan rekening tersendiri. Hal ini dimaksudkan agar uang yang ada tidak tercampur dengan uang yang lain. Usahakan, memberi pemasukan rutin pada rekening ini. Jika gaji bulanan yang diterima dalam sebulan hanya satu juta rupiah, sisakan sekitar 25 persen dari total untuk kemudian ditabung di rekening.

3. Buat Rencana Pernikahan

Dengan gaji yang terbilang pas-pas, untuk bisa melaksanakan pesta besar tentu menjadi hal yang mustahil. Untuk itu, membuat rencana pernikahan yang sederhana bisa menjadi pilihan yang tepat. Undang orang-orang yang terdekat dan buat pesta pernikahan yang sederhana.

4. Buat Prioritas Kebutuhan

Jangan menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak perlu. Buatlah skala prioritas pada kebutuhan kedua belah pihak. Catatlah hal-hal penting yang dibutuhkan saat pernikahan. Komunikasikan dengan pasangan dan pihak keluarga, hal apa saja yang diperlukan.

5. Carilah Penghasilan Tambahan

Cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta rupiah lainnya yakni dengan mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan bisa diperoleh dari berjualan atau mencari pekerjaan freelance yang mudah dan tidak merepotkan.

6. Kurangi Kencan Mewah

Meski hal ini menjadi kebahagian pasangan, namun sebisa mungkin kurangi melakukan kencan yang mewah. Gunakan uang tersebut untuk kebutuhan pernikahan. Kencan mewah bisa dilakukan setelah  pernikahan. Alokasikan uang yang biasa digunakan untuk kencan ke tabungan pernikahan. Jangan lupa, komunikasikan hal ini kepada pasangan, agar mengerti dan tidak menuntut kencan mewah sebelum pernikahan.

Perkiraan Anggaran Pernikahan Sederhana

Untuk contoh lebih spesifik, anggaran pernikahan sederhana yang masuk akal untuk menikah ketika gaji seseorang satu juta rupiah adalah 10 juta rupiah. Adapun, rincian penggunaan anggaran itu untuk pernikahan sederhana:

1. Lokasi Pernikahan

Untuk venue pernikahan dapat diakali dengan menggunakan KUA atau Kantor urusan agama dan dilangsungkan pada hari kerja, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Hal ini juga sekaligus menghemat biaya. Sedangkan untuk resepsinya dapat digelar di rumah.

2. Seserahan

Seserahan dapat dianggarkan dengan budget 1.750.000 rupiah. Dengan perkiraan paket seserahan sebesar 500.000 rupiah, dapat dirinci dengan 5 kotak seserahan dengan satu kotaknya berbudget 100 ribu rupiah. Walau sederhana namun tetap tidak menghilangkan keberadaan seserahan.

3. Mas Kawin

Mas kawin adalah hal penting yang perlu diberikan ketika proses pernikahan berlangsung. Jadi Mas kawin dapat menggunakan 2 gram emas kuning dengan kadar 75% yang berkisar sekitar 1.200.000 rupiah. Walau kecil tentunya tidak mengurangi nilai kesakralan.

4. Tenda, Isi Dan Dekor

Tenda pernikahan mengeluarkan biaya yang paling besar yakni 2.000.000 rupiah. kemudian bisa menyewa blower 2 biji sebesar 600.000 ribu rupiah. Ada kursi tamu sebanyak 25 biji tanpa penutup dengan biaya 250.000 rupiah. Lalu ada dekor untuk pengantin berkisar 2.000.000 rupiah

5. Catering

Budget makanan juga terbilang cukup besar, misalnya dianggarkan uang 2.000.000 rupiah untuk makanan sekitar 100 porsi. Pastikan untuk mencari paket makanan dan minumannya sekaligus, sehingga anggaran dapat diminimalkan.

 6. Rias Pengantin Dan Foto

Untuk rias pengantin biasanya sudah termasuk dengan sewa bajunya juga sekaligus, sehingga dapat dianggarkan sebesar 2.000.000 rupiah. Sedangkan fotonya bisa meminta bantuan pada teman atau saudara. Namun, tetap dianggarkan sekitar 750.000 rupiah.

7. Undangan, Souvenir Dan Lain-Lain

Souvenir dapat dianggarkan 300.000 ribu rupiah dan undangan nikah untuk 100 orang dapat dianggarkan 200.000 rupiah. Kemudian sisanya, dijadikan sebagai biaya lain-lain apabila ada kebutuhan mendesak saat hari H pernikahan,  murah bukan?.

Itulah cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta rupiah yang bisa dilakukan dan dipersiapkan. Ada pula informasi perkiraan biaya pernikahan 10 juta rupiah  untuk melangsungkan pernikahan sederhana. Tetap komunikasikan segala kendala yang terjadi. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca Juga: KPR Solusi Untuk Membeli Rumah Impian Anda