Begini 7 Cara Menabung Untuk Modal Usaha Yang Tepat

6 views

Cara Menabung Untuk Modal Usaha

Masih berstatus mahasiswa, tapi ingin punya usaha sendiri? Atau sudah bekerja dan punya keinginan mengelola bisnis? Semua bisa-bisa saja terwujud, caranya adalah dengan menabung untuk modal usaha. Menabung memang tidak semudah yang diucapkan. Ada saja yang menjadi celah untuk menggagalkan rencana tersebut. Sebetulnya ada cara menabung untuk modal usaha.

Cara Menabung Untuk Modal Usaha
Piggy Bank

Cara ini bisa diterapkan bagi siapa saja yang punya keinginan kuat menabung demi punya modal untuk membuka usaha. Jangan khawatir tidak ada ceritanya kegigihan mengkhianati hasil. Jika punya keinginan yang kuat, maka modal usaha yang diinginkan pasti cepat terkumpul.

 

Berikut cara menabung untuk modal usaha yang bisa dicoba :

  • 1. Menentukan Berapa Dana Usaha Yang Dibutuhkan

    Langkah pertama setidaknya perkirakan dulu berapa modal usaha yang dibutuhkan. Jangan terburu-buru langsung mengumpulkan uang. Ketika nilai nominal sudah ditetapkan, maka akan lebih mudah untuk kedepannya. Tinggal memikirkan bagaimana cara untuk mengumpulkan uang dalam jumlah tersebut. Dengan cara ini target yang harus ditabung dalam sebulan juga lebih jelas.

  • 2. Terapkan Gaya Hidup Sederhana

    Anak muda jaman sekarang memang mudah sekali terpedaya dengan kehidupan hedonis. Rata-rata selalu ingin tampil mewah supaya dianggap keren dan semacamnya. Kebiasaan nongkrong di café, beli baju atau sepatu dengan harga selangit, dan lain-lain. Padahal hal-hal semacam ini hanya membuang-buang uang.
    Jika ingin menjadi cepat menjadi pengusaha, sebaiknya jadilah pribadi yang sederhana. Dengan hidup sederhana, secara tidak langsung bisa membentuk karakter lebih berhemat. Artinya uang untuk modal usaha akan cepat terkumpul.

  • 3. Bagi Yang Masih Berstatus Pelajar Bisa Menyisihkan Uang Saku

    Siapa bilang tidak mungkin bisa menabung untuk modal usaha karena masih kuliah? Coba sisihkan uang saku yang diterima dari orang tua untuk ditabung. Hindari memakai uang saku untuk pengeluaran yang kurang penting. Sebisa mungkin sisihkan 50% dari uang saku yang diterima.

  • 4. Yang Sudah Bekerja, Sisihkan Sebagian Untuk Ditabung

    Bagi yang sudah bekerja pun tetap bisa menabung juga kok. Namun harus ingat, setidaknya harus ada target berapa yang harus dikumpulkan tiap bulan. Jangan menabung saat ada sisa uang gaji saja. Misalnya dalam sebulan ditarget setidaknya harus menyisihkan 10-25% dari total gaji yang didapat.
    Baru sisanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mengapa persentase yang ditabung lebih kecil dari mahasiswa? Rata-rata yang sudah bekerja pasti harus memenuhi kebutuhannya sendiri bukan? Lain dengan mahasiswa yang kebanyakan masih ditanggung orang tuanya masing-masing.

  • 5. Mencari Sampingan Untuk Tambahan Modal

    Tidak ada salahnya untuk mencari sampingan demi menambah tabungan modal usaha. Ini bisa dicoba baik untuk yang berstatus karyawan maupun masih mahasiswa. Untuk mahasiswa bisa dengan mencari pekerjaan paruh waktu di sela-sela kuliah.
    Sedangkan bagi karyawan, cobalah dengan mengadakan garage sale. Jual barang-barang yang dimiliki dan masih berkualitas bagus ke situs jual beli terpercaya. Dengan cara ini tabungan modal usaha bisa jadi cepat terkumpul.

  • 6. Ikut Arisan

    Tidak hanya menyisihkan uang atau meminimalisir pengeluaran saja. Tambahan tabungan modal bisa didapatkan dengan mengikuti arisan. Biasanya rekan kerja, teman, atau keluarga, sering membuka arisan semacam ini. Tidak ada salahnya untuk ikut serta bukan?
    Jangan lupa pilih nominal yang tidak seberapa besar, karena bisa repot jika tidak sanggup membayar iurannya. Selain itu, pastikan pula jika arisan yang diikuti terpercaya supaya tidak malah tertipu

  • 7. Menghindari Meminjam Uang Ke Bank

    Jika tidak buru-buru membuka bisnis, hindari meminjam uang ke bank. Logikanya bagaimana uang bisa cepat terkumpul, jika masih ada tanggungan angsuran pinjaman? Lebih baik modal usaha diperoleh dari cara menabung, sambil belajar tentang pasar usaha yang akan dibidik. Dengan begitu nanti saat modal sudah terkumpul, bisnis akan lebih mudah dijalankan.

Itu tadi bagaimana cara menabung untuk modal usaha. Sebenarnya cukup mudah, yang penting semua harus dilakukan dengan tekad yang kuat. Jadi dengan cara-cara di atas, coba mulai sekarang kumpulkan modal usaha untuk membuka bisnis yang dicita-citakan.

Baca Juga: Cara Sukses Menabung Emas Dengan Benar

Gallery for Begini 7 Cara Menabung Untuk Modal Usaha Yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *