Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian Lengkap dengan Syaratnya
Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian Lengkap dengan Syaratnya

0 views

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian Lengkap

Saat ini, tabungan emas jadi investasi dengan banyak peminatnya. Untuk itu, jika ingin menabung emas ada baiknya memahami terlebih dahulu cara mencairkan tabungan emas Pegadaian. Hal ini tentunya sangat penting karena pasti ada waktunya emas yang sudah ditabung harus dicairkan dengan mengambil secara fisik emas tersebut ataupun dicairkan menjadi uang.

Syarat Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Jika ingin mencairkan tabungan emas Pegadaian, tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan ini sering kali diabaikan sebagian nasabah sehingga permintaan untuk mencairkan tabungan emas ditolak oleh pihak Pegadaian. Maka, jika tidak ingin ditolak sebaiknya memenuhi persyaratan sebagai berikut ini:

1. Sisakan Tabungan Minimal Seharga 1 Gram Emas

Dalam mencairkan tabungan emas Pegadaian, sisakan tabungan setidaknya senilai 1 gram emas. Namun, jika ingin menyisakan saldo lebih besar akan lebih baik. Sama seperti menabung di Bank, ketentuan ini berlaku di Pegadaian sebab tujuannya untuk menjadikan saldo tabungan sebagai dana deposito.

2. Siapkan Sertifikat Emas

Pegadaian menerima permohonan untuk mencairkan tabungan emas yang disimpan dengan cara konvensional atau disimpan sendiri oleh nasabah di rumah. Jadi, tabungan emas yang ingin dicairkan tidak harus berasal dari tabungan Pegadaian. Namun, pemilik emas akan diminta untuk menunjukan sertifikat emas yang akan dicairkan.

Sertifikat emas wajib ditunjukan saat mengajukan pencairan karena akan dilihat sebagai bukti bahwa emas tersebut asli dan dibeli secara legal. Pastikan sertifikat didapat dari toko dan agen penjual emas tersebut.

Baca: Cara Aman agar Nomor PIN Bebas dari Pembobolan

Bagaimana Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian?

Menabung ke dalam bentuk emas tengah naik daun lantaran harganya tidak mudah naik ataupun, juga sulit tergerus inflasi. Apalagi, dalam menabungkan emas di Pegadaian sudah terpercaya keamanannya dan proses pencairannya juga tak rumit. Berikut cara mencairkan tabungan emas Pegadaian:

1. Cairkan Emas dengan Menjualnya

Setelah menyiapkan sertifikat emas, kini saatnya untuk menjual emas tersebut ke Pegadaian. Bagi pemilik emas yang ingin mencairkan dari tabungan Pegadaian bisa langsung saja menghubungi pihak Pegadaian. Kini, menjual emas di Pegadaian bisa dilakukan secara online sehingga prosesnya akan semakin mudah dan praktis.

Perlu diketahui, waktu terbaik menjual emas yaitu ketika harga emas naik. Dengan begitu, dana hasil pencairan yang diterima akan lebih besar dari harga ketika membeli emas tersebut.

2. Cairkan Tabungan Emas dengan Mencetaknya

Selain mencairkan dengan cara menjualnya, tabungan emas juga bisa dicairkan dengan mencetaknya menjadi bentuk fisik. Pegadaian menawarkan cukup banyak pilihan bentuk fisik yang akan dicetak. Antara lain yaitu mulai dari 1 gram hingga 100 gram.

Perlu diingat bahwa mencetak emas membutuhkan biaya sehingga nantinya pemilik emas harus membayar dengan biaya yang menyesuaikan seperti berat emas tersebut. Mencetak emas saat ini tidak perlu dilakukan dengan datang langsung ke kantor Pegadaian.

Cara ini bisa dilakukan secara online dengan mengajukan permohonan cetak emas lewat situs web resmi Pegadaian. Jika permintaan untuk cetak tabungan emas diajukan via online, emas yang sudah dicetak akan dikirimkan langsung ke alamat pemilik emas.

3. Cairkan Tabungan Emas Sebagai Jaminan Pinjaman

Jika ingin mencairkan tabungan emas menjadi uang, tetapi masih ingin memilikinya maka cara yang paling tepat yaitu dengan mengajukannya sebagai jaminan pinjaman. Cara seperti ini pada umumnya digunakan oleh pemilik emas yang membutuhkan uang untuk keperluan mendesak. Cara ini memang mirip seperti menjual emas, tetapi jika pinjaman bisa dilunasi maka emas tersebut akan kembali menjadi pemilik.

Untuk melakukan cara ini, pemilik emas harus mengajukan pinjaman kredit terlebih dahulu dan ajukan tabungan emas sebagai jaminannya. Pihak Pegadaian nantinya akan menghitung berapa nilai jual emas tersebut dan berapa uang yang bisa dicairkan sebagai bentuk pinjaman.

Ada beberapa alasan kenapa orang-orang lebih memilih untuk menggadaikannya, antara lain karena harga jual emas tersebut sedang tinggi dan masih berpotensi naik untuk waktu lama. Kemudian, emas tersebut bisa jadi tergolong jenis emas yang sulit ditemukan.

Demikian ulasan mengenai cara mencairkan tabungan emas Pegadaian. Jangan ragu menabung emas karena mencairkannya juga tidaklah rumit. Selain itu, tabungan emas juga akan memberikan keuntungan, termasuk investasi untuk masa depan.

 

Baca Juga: Modus Penipuan Online Bisa Dicek Lewat Nomor Rekening, Ini Triknya!