Butuh Modal Usaha? Simak Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank Tanpa Ditolak
Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank Tanpa Ditolak

Butuh Modal Usaha? Simak Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank Tanpa Ditolak

0 views

Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank

Dalam membangun sebuah usaha, meminjam uang ke Bank yang nantinya digunakan sebagai modal sangatlah wajar. Maka penting untuk mengetahui cara mengajukan pinjaman ke bank supaya permohonan dana bisa diterima sepenuhnya.

Ada banyak bank konvensional mulai menawarkan pinjaman tanpa jaminan sehingga pinjaman untuk modal usaha menjadi sangat menggiurkan. Jika sudah ada rencana untuk meminjam dana, simak 5 cara mengajukan pinjaman ke bank seperti berikut ini:

Baca: 4 Langkah dan Tips Usaha Modal Pinjaman Bank

1. Penuhi Syarat Peminjaman Uang di Bank

Langkah paling utama yaitu memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan oleh Bank. Masing-masing Bank tentunya memberikan ketentuan khusus terkait syarat harus dipenuhi peminjam. Namun, setidaknya ada sejumlah poin yang merupakan persyaratan umum dan berlaku di sebagian besar Bank di Indonesia.

Beberapa poin yang dimaksud yaitu, menyiapkan fotokopi kartu identitas misalnya KTP, kemudian KK, lalu NPWP. Selain itu, peminjam juga diharuskan melampirkan bukti pendapatan bulanan agar nantinya menjadi penilaian pihak Bank apakah peminjam sanggup melunasi cicilan beserta bunganya atau tidak.

Kemudian, peminjam juga wajib membawa buku tabungan beserta dengan fotokopinya. Setelah itu, mengisi formulir permohonan untuk pengajuan dana dari pihak Bank.

2. Tentukan Nominal Uang yang Ingin Dipinjam

Selain melengkapi dokumen atau berkas sebagai syarat dari Bank, peminjam harus menuliskan berapa uang yang akan dipinjamkan dan untuk apa uang tersebut akan digunakan. Sebaiknya, tentukan nominal uang akan dipinjam sesuai dengan kebutuhan. Meskipun syarat mengajukan pinjaman dana cukup mudah, bukan berarti peminjam  bisa mengajukan dana semaunya hingga terlampau besar.

Selain itu, pastikan besaran bunga yang telah ditentukan oleh Bank sesuai dengan kemampuan membayar. Pinjaman yang diajukan dengan jaminan akan membuat peminjam kehilangan jaminan tersebut ketika tidak sanggup lagi membayar cicilan dan bunganya. Jika pinjaman diajukan tanpa jaminan, peminjam akan mendapat penilaian buruk dari Bank sehingga akan dipersulit ketika mengajukan pinjaman lagi di suatu hari.

Peluang Bisnis Di Masa Pandemi Yang Menguntungkan

3. Tentukan Tenor Pinjaman Sesuai dengan Kemampuan

Selain mempertimbangkan nominal uang serta bunganya, lamanya tenor pinjaman juga harus dipikirkan. Sebab,  tenor pinjaman yang dipilih lama akan memperbesar total bunga dari pinjaman.

Memang, panjangnya waktu tenor akan  membuat nilai cicilan per bulan menjadi lebih kecil. Tapi, sebaiknya dipertimbangkan juga berapa total bunga yang harus dibayar dalam tenor tersebut. Jangan sampai tenor yang dipilih justru menjadi beban karena jangka waktu pembayaran terlalu lama serta bunga yang semakin menumpuk.

4. Berikan Jaminan Jika Masih Memiliki Aset

Saat ini memang tak sedikit Bank menjanjikan pinjaman dengan tidak melibatkan jaminan, tetapi ketahuilah bahwa pengajuan pinjaman yang disertai dengan jaminan akan lebih cepat diproses. Selain itu, peminjam yang menyerahkan jaminan juga memiliki nilai plus karena dianggap masih memiliki harta kekayaan dan sanggup membayar cicilan hingga lunas.

5. Pastikan Pinjaman Dibayar Hingga Lunas

Setelah memutuskan dengan matang untuk mengajukan pinjaman dana, pastikan cicilan beserta bunga dapat dibayar tepat waktu hingga lunas. Buatlah reputasi yang baik di mata Bank dengan melakukan hal tersebut.

Dengan memiliki reputasi dan riwayat peminjaman yang bagus, Bank tidak akan mempersulit proses pengajuan peminjaman dana berikutnya. Reputasi baik tentunya akan sangat membantu dalam peminjaman dana  untuk modal sehingga usaha atau bisnis yang sedang dijalankan dapat terus berkembang.

Itulah 5 cara mengajukan pinjaman ke Bank agar tidak ditolak. Kelima cara ini akan sangat membantu bagi siapapun  yang membutuhkan pinjaman untuk modal usaha atau keperluan lainnya yang mendesak.

Baca Juga: KPR Solusi Untuk Membeli Rumah Impian Anda