Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

27 views

Masalah yang muncul dalam keluarga biasanya seputar keuangan, dimana sebagai istri harus mampu mengatur dengan tepat. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim seperti apa? Tentunya harus ada beberapa hal penting yang harus dilakukan agar keuangan keluarga bisa aman terkendali.

1. Pilih Kebutuhan Paling Prioritas

Memprioritaskan hal yang penting artinya segala kebutuhan untuk bulanan seperti pembayaran, cicilan dan kebutuhan mendesak lainnya. Dimana prioritas ini yang merupakan hal paling urgent dan harus diselesaikan ketika mendapatkan penghasilan. Gunakan beberapa amplop alokasi untuk bisa membantu membagi prioritas dana keuangan tersebut.

Jangan sampai mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting apalagi yang bukan kebutuhan. Justru akan sia-sia jika melakukannya, akibatnya keuangan keluarga jadi lebih boros. Sementara itu, penghasilan yang minim semakin habis dan tentunya akan menjadi masalah baru untuk keluarga.

2. Buat Daftar Untuk Belanja Bulanan

Pentingnya membuat belanja bulanan yaitu agar pengeluaran keuangan bisa terkontrol dan hanya membeli kebutuhan yang sesuai. Kebutuhan bulanan apa saja yang harus didata dan lakukan pencatatan secara rinci. Jika ingin lebih baik lagi, cobalah untuk memiliki buku kas khusus keuangan keluarga. dengan buku kas merupakan cara guna mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim

Belanja bulanan ini meliputih daftar kebutuhan pokok yang paling urgent, kemudian menyusul kebutuhan pendamping. Manfaatkan beberapa diskon atau potongan harga di tempat belanja sehingga menekan budget keuangan. Bahkan sisa uang untuk belanja bulanan bisa disisihkan atau dialokasikan ke kebutuhan lainnya.

3. Biasakan Menabung

Cobalah untuk mengalokasikan dana atau keuangan ketika mendapatkan penghasilan untuk mulai menabung. Atau sisa belanja, uang receh dan lainnya juga bisa dimasukkan ke dalam simpanan yang dimiliki. Coba menabung pakai rekening bank atau bisa pula dengan menggunakan celengan di rumah.

Tabungan ini sama hal nya dengan berinvestasi untuk masa depan agar jika ada kebutuhan mendesak akan teratasi. Simpanan yang dimiliki juga merupakan hal yang dapat membantu menambah uang kas keuangan keluarga. Jadi cobalah untuk memulai menabung mulai saat ini agar lebih memudahkan ke depannya.

4. Mencari Pendapatan Tambahan

Mencari pendapatan tambahan adalah cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim. Dimana penghasilan tersebut bisa menjadi sumber pemasukan dan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan. Penghasilan tambahan bisa dilakukan dengan memulai usaha atau bisnis saat ini.

Apalagi di era digital ini peluang bisnis online dan usaha lainnya terbuka lebar hanya dengan modal internet serta smartphone. Contohnya saja jualan di marketplace, jadi penulis lepas, desainer dan sebagainya. Banyak alternatif jalan yang bisa dilakukan agar mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja dari rumah serta lebih simple.

5. Biasakan Memasak di Rumah

Pentingnya memasak di rumah akan menekan pengeluaran keluarga, pasalnya memasak menjadi lebih murah. Dibandingkan dengan jajan atau memesan makanan dari luar, selain hemat, masak di rumah juga lebih higienis. Bahkan bisa menyajikan sajian favorit keluarga sesuai keinginan anggota keluarga.

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan di Jaman Now

Saat memasak di rumah ini juga akan menumbuhkan kreativitas dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah. Atau berkreasi dengan bahan makanan yang ada, tentunya akan semakin menghemat pengeluaran belanja. Apalagi jika akan memasak bisa belanja di pasar tradisional bisa mendapatkan bahan masakan yang low budget.

Setelah paham cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim selanjutnya bisa antisipasi di awal. Selanjutnya memasang strategi agar keuangan keluarga tetap stabil meskipun minim. Jadi, jangan sampai fatal untuk berhutang, kredit dan hal lainnya yang semakin memperburuk keadaan keuangan keluarga.