Cara Mengelola Keuangan Usaha Warung
Cara Mengelola Keuangan Usaha Warung

5 Cara Mengelola Keuangan Usaha Warung, Begini Strateginya!

20 views

Cara Mengelola Keuangan Usaha Warung

Saat ini memulai usaha adalah membuka peluang untuk bisa menghasilkan pendapatan tambahan bahkan lapangan kerja baru. Ada berbagai usaha yang dilakukan seperti toko online, buka cafe hingga usaha warung kelontong. Lalu bagaimana cara mengelola keuangan usaha warung yang paling mudah dilakukan. Maka bisa dengan mengikuti  hal berikut ini agar usaha warung berjalan lancar dan sukses.

1. Rencanakan Keuntungan dari Warung

Melakukan perencanaan keuntungan juga harus dilakukan diawal, dimana pemilik warung bisa mempresentasikan laba warung yang disisihkan. Laba ini bisa dialokasikan sebagai dana simpanan atau kas yang bisa disimpan juga sebagai tabungan. Sementara itu, keuntungan dari warung lainnya bisa dimanfaatkan untuk pengembangan usaha tersebut.

Dengan mempunyai strategi dan rencana dari laba yang diperoleh, maka usaha warung akan semakin berkembang. Bahkan bisa melakukan kontroling di awal untuk melakukan perencanaan yang baik dan benar dalam memanfaatkan laba warung.

2. Memiliki Buku Kas Khusus

Saat memulai usaha warung makan cobalah miliki buku kas sebagai cara mengelola keuangan usaha warung yang sedang berjalan. Dimana buku kas tersebut berfungsi menampung semua transaksi warung baik pemasukan hingga pengeluaran. Periode pencatatan buku kas ini bisa dipilih untuk mingguan atau bulanan dalam mencatat keuangan.

Dengan memiliki buku kas khusus untuk warung ini maka pemilik warung sudah menerapkan strategi bisnis yang baik. Yang mana setiap transaksi dicatat dan menjadi laporan untuk bisa mengevaluasi serta mengendalikan keuangan. Bahkan bisa jadi kontrol perhitungan antara debit dan kredit keuangan untuk usaha warung.

3. Pisahkan Keuangan Pribadi Serta Keuangan Usaha Warung

Pemisahan keuangan ini sangat penting, dimana uang warung harus dikelola dengan baik dan benar. Jangan sampai bercampur dengan uang pribadi agar lebih aman dan tidak boros. Jika sampai keuangan warung tercampur bahkan dipakai secara konsumtif maka lama-kelamaan usaha akan mengalami kerugian.

Atau jika uang pribadi justru digunakan untuk modal dan sebagainya dialokasikan ke warung. Artinya gagal melakukan pemisahan keuangan bahkan membebani keuangan pribadi. Hal ini justru akan semakin membuat keuangan warung tidak stabil dan sulit terkendali.

4. Hindari Stok Banyak Barang

Saat mengelola warung sebaiknya untuk menghindari stok barang yang banyak. Jika banyak barang dan tidak laku terjual sampai masa kadaluarsa akan mengakibatkan kerugian. Hal ini akan berpengaruh pada tingkat kesia-siaan barang yang akhirnya tidak memiliki harga sama sekali. Jadi ini salah satu cara untuk melakukan antisipasi pada stok barang yang ada agar tidak rugi.

Jika stok banyak di awal kemudian tidak ada kontrol berapa barang yang keluar bahkan ada barang yang masuk lagi. Justru ini yang akan menimbulkan stok menumpuk dan jika barang tidak laku maka akan rugi saat masa kadaluarsa. Lakukan stok barang secukupnya sambil melihat pola pembeli, barang mana yang sering diminati.

5. Lakukan Cek dan Kontroling

Cek keuangan yang terjadi seperti pemasukan dan pengeluaran untuk modal yang harus sesuai dengan rencana. Hitung juga persentase untung, karena hal ini penting demi meningkatkan pengembangan usaha ke depan. Laba yang diperoleh juga bisa menyisihkan penghasilan sudah berhasil didapatkan dan warung jadi berkembang.

Coba pula melakukan kontroling di buku kas dengan memilih periode bulanan agar tampak hasilnya. Gunakan pula pencatatan untuk kontrol keluar masuk barang yang dijual di warung sehingga memudahkan. Hal ini juga akan membuka perencanaan baru dimana barang-barang yang dijual di warung, sering dibutuhkan pembeli.

Beberapa cara mengelola keuangan usaha warung yang mudah dilakukan ini bisa memberikan pemahaman baru. Dimana seseorang yang mulai berjualan dan memulai usaha dengan membuka warung bisa terinspirasi. Jadi siap untuk melakukan perencanaan awal untuk menciptakan kemudahan dan kesuksesan usaha warung.

 

Baca Juga: Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Mie Ayam