Cara Menghemat Uang Belanja Agar Hidup Bahagia

Cara Menghemat Uang Belanja Agar Hidup Bahagia

Cara Menghemat Uang Belanja

Menjalani kehidupan berumah tangga tentu harus bisa memanajemen segala kebutuhan pokok setiap hari agar kehidupan berjalan dengan baik. Langkah awal dalam membangun keluarga harmonis adalah dengan menghemat pengeluaran bulanan sehingga tidak akan terbebani. Lantas bagaimana cara menghemat uang belanja bulanan? Langsung saja simak penjelasan berikut:

1. Membuat Catatan Belanja Bulanan

Menjadi seorang ibu rumah tangga tentu saja mempunyai planing atau rencana untuk membelanjakan uang dalam jangka waktu satu bulan. Mungkin saja mengatur membeli bahan pokok berupa beras, sayuran, ikan, buah dan semacamnya itu. Semua rencana itu sebaiknya dicatat di dalam buku sehingga memudahkan dalam menghitung pengeluaran.

Manfaat melakukan pencatatan segala keperluan belanja adalah dapat membatasi para ibu dalam membeli sesuatu yang tidak begitu penting. Membuat catatan belanja di sebuah lembaran kertas juga menjadi sarana pengingat agar tidak membeli barang-barang yang masih ada. Dengan begitu, pengeluaran uang belanja benar-benar untuk keperluan yang dibutuhkan sehari-hari.

2. Memisahkan Uang Sesuai Kebutuhan

Langkah selanjutnya sebagai cara menghemat uang belanja bulanan adalah dengan memisahkan beberapa uang dengan menyesuaikan kebutuhan. Sebagai contoh menyediakan amplop dengan warna berbeda dan diberikan tulisan di setiap amplopnya. Semisalnya amplop warna biru untuk uang beli sembako, kemudian warna merah membayar spp sekolah dan lain sebagainya.

Penggunaan metode memisahkan uang belanja dengan amplop ini bisa menjadi sarana guna membatasi pengeluaran barang tidak penting. Apabila dari pemisahan uang tersebut masih terdapat sisa, maka gunakanlah amplop khusus uang sisa agar suatu saat bisa digunakan.

3. Dapatkan Promo Saat Belanja

Seorang ibu rumah tangga tentu saja tidak asing dengan kata promo maupun diskon. Kedua kata tersebut menjadi salah satu kata yang paling dicari saat pergi ke toko sembako atau semacamnya. Sebab dengan mendapatkan promo tersebut pasti harga aslinya juga turun sehingga dapat menjadi sarana menghemat uang belanja bulanan.

Namun perlu diingat bahwa memburu promo tersebut juga menyesuaikan dari kebutuhan pokok seperti beras, buah, sayuran dan semacamnya. Jangan sampai malah membeli barang-barang yang sejatinya banyak dirumah seperti baju, sepatu dan semacamnya. Jadi gunakanlah uang belanja dengan bijak sehingga kebutuhan pokok terpenuhi.

4. Masak Sendiri di Rumah

Cara jitu selanjutnya agar bisa menghemat uang belanja adalah dengan senantiasa masak masakan sendiri di rumah. Sebab apabila hanya membeli makanan di warung malah akan menghabiskan uang dan terkadang porsinya sedikit sehingga malah tidak kenyang. Untuk itu melatih diri untuk bisa memasak sehingga kebutuhan pangan di rumah terpenuhi.

Masak sendiri itu membutuhkan ketelatenan dan kesabaran karena harus menentukan bahan-bahan masakannya. Namun, dampak positif dari masak sendiri selain menghemat adalah bisa menjaga kesehatan tubuh. Sebab bahan-bahan seperti minyak goreng, kecap dan sebagainya menggunakan bahan baru. Jadi sebisa mungkin untuk masak sendiri agar keluarga tetap terjaga kesehatannya.

5. Jangan Mengajak Anak Saat Belanja

Pada saat ingin berbelanja, pastikan anak-anak tetap dirumah karena jika ikut akan menambah biaya seperti membeli mainan, es krim dan semacamnya. Hal semacam ini malah akan menjadikan keluar dari daftar rencana belanja yang sudah ditentukan sehingga malah uang menjadi berkurang. Jadi sebaiknya hindari mengajak anak berbelanja.

Sebenarnya boleh saja mengajak anak-anak berbelanja, namun hal tersebut dapat dilakukan saat mempunyai uang lebih. Semisalnya mengajak anak belanja baju lebaran, sepatu sekolah dan sebagainya. Tentu belanjanya akan dilakukan mungkin setahun sekali atau tiga bulan sekali sehingga bisa lebih terkontrol.

Demikian tadi merupakan penjabaran tentang cara menghemat uang belanja agar bisa terpenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Untuk itu, pastikan di dalam keluarga khusus anak-anak diajari hidup hemat agar tidak menghambur-hamburkan uang.

Baca Juga: Cara Menghemat Uang Jajan yang Menyenangkan

 

 

You May Also Like

About the Author: ares

Leave a Reply

%d bloggers like this: