Cara Menghemat Uang Gaji Agar Tetap Bisa Menabung
Cara Menghemat Uang Gaji

5 Cara Menghemat Uang Gaji Agar Tetap Bisa Menabung

0 views

Menghemat Uang Gaji

Permasalahan yang kerap muncul dalam mengelola gaji adalah, sangat sulit untuk menghemat uang setiap bulannya. Berbagai cara menghemat uang gaji barangkali sudah diterapkan, namun gaji tetap saja ludes. Jika demikian, diperlukan cara yang sistematis berikut agar gaji bisa bertahan lebih lama:

1. Segera Sisihkan Kewajiban

Cara menghemat uang gaji adalah dengan tidak terburu-buru scrolling tempat makan atau diskon belanja. Melainkan, segera potong gaji bulanan untuk kewajiban-kewajiban rutin seperti iuran premi kesehatan, tagihan listrik dan air, pulsa atau kota ponsel, iuran keamanan lingkungan rumah, atau zakat.

Pastikan semua kewajiban setiap bulan sudah disisihkan uangnya, meskipun belum jatuh tempo tanggal bayarnya. Misalnya harus bayar sewa kamar kos, segera pisahkan sebesar yang dibutuhkan agar tidak terlalu bingung ketika sudah masuk tanggal bayarnya.

2. Buat Daftar Pengeluaran

Setelah gaji yang diterima bersih dari kewajiban-kewajiban, langkah selanjutnya adalah membuat daftar pengeluaran bulanan. Pengeluaran ini terdiri atas pengeluaran rutin dan cadangan untuk pengeluaran yang sifatnya insidentil. Pengeluaran rutin misalnya adalah belanja kebutuhan pokok untuk satu bulan, langganan parkir, member tempat kebugaran, dan sebagainya.

Sementara itu, perhatikan juga pengeluaran waktu tertentu seperti biaya pengobatan, makan di restoran, minum kopi di kafe, belanja fashion, atau transportasi ke suatu tempat bagi perantau. Pastikan tidak ada pengeluaran yang tertinggal, termasuk memperhitungkan kalau-kalau dalam bulan tersebut akan ada undangan pernikahan.

3. Inventarisasi Pengeluaran Yang Tidak Mendesak

Selanjutnya, dari daftar pengeluaran yang sudah dibuat, jangan pula terburu-buru untuk membelanjakannya. Lakukan dulu inventarisasi, kalau-kalau masih ada di antara daftar tersebut yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dilakukan atau dibelanjakan. Misalnya, pengeluaran untuk minum kopi atau belanja fashion.

Bagi beberapa orang, minum kopi di kafe adalah cara relaksasi setelah penat bekerja. Namun, alangkah baiknya jika gaji yang didapat digunakan dengan hemat, dengan memilih cara relaksasi yang lain. Berjalan santai atau bersepeda di akhir pekan mengelilingi kompleks perumahan, juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merelaksasi badan dan pikiran.

Dengan begitu, kegiatan relaksasi sebagai bagian dari keseimbangan pola hidup tetap tercapai, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Apalagi, hanya untuk belanja fashion, sementara di dalam lemari masih bertumpuk pakaian-pakaian yang bagus, atau bahkan belum terpakai.

4. Buat Rekening Tabungan

Salah satu cara untuk menghemat gaji bulanan adalah dengan memaksakan diri untuk menabung. Terkadang, gaji yang pas-pasan membuat seseorang berpikir dua kali untuk menabung, karena kebutuhan yang belum tentu tercukupi. Namun, anggapan seperti ini tidak selamanya benar.

Memiliki sisihan uang dari gaji adalah persoalan komitmen untuk mau menabung, ditambah konsistensi setiap bulannya. Artinya, tidak perlu mematok jumlah yang besar. Karena tabungan yang kecil namun rutin dilakukan, akan melatih seseorang mengendalikan diri dari gaya hidup konsumtif.

5. Investasi Kecil-Kecilan

Perkembangan teknologi sudah membuat orang semakin mudah untuk berinvestasi. Tidak hanya itu, setoran awal investasi pun ada yang bisa dimulai dari harga Rp 100.000,00. Misalnya, dengan membeli emas mini berukuran 0,1 gram, bergabung di P2P lending, atau berinvestasi reksadana. Semuanya bisa dimulai dengan setoran seratus ribu, asalkan memperhatikan juga level resikonya.

Banyak hal yang bisa dicoba untuk mengelola uang gaji bulanan. Sistematika cara menghemat uang gaji pun adalah sebuah seni bagi masing-masing orang. Karena, penghasilan dan kebutuhan tiap individu pasti beragam. Asalkan memiliki komitmen kuat untuk hidup hemat dan konsisten menabung, gaji bulanan pasti tidak akan lekas habis sebelum waktunya.

 

Baca Juga: Cara Investasi Properti Untuk Pemula Yang Perlu Diketahui