Cara Menulis CV Standar Untuk Pencari Kerja Yang Benar

Surat lamaran kerja adalah catatan pertama yang membantu kandidat memperkenalkan diri ke perekrut, sedangkan Curriculum Vitae atau CV atau daftar riwayat hidup bukanlah catatan biasa, tetapi dianggap sebagai iklan, yang meringkas informasi rinci tentang pendidikan Anda, pengalaman kerja, dan keterampilan kerja.

Setiap kandidat yang mencari pekerjaan harus mempersiapkan CV dengan hati-hati, memperbaiki tulisan dan formalitas untuk mendapat perhatian lebih bagi perekrut tenaga kerja. Bahkan, banyak kandidat didiskualifikasi dari putaran pertama ketika meninjau CV mereka karena kurangnya keterampilan presentasi, dan tidak tahu bagaimana menulis CV untuk memenuhi standar. Kali ini kami ingin berbagi keterampilan saat menulis CV pekerjaan untuk mendapat kesempatan mendapatkan pekerjaan yang Anda impian.

Bagaimana Cara Menulis CV Standar Untuk Pencari Kerja Yang Benar?

Penulisan CV yang benar sangatlah penting, karena ketika salah dalam penulisan dapat menyebabkan Anda didiskualifikasi tanpa mengetahui alasan dari perusahaan yang Anda lamar. Anda dapat melihat refensi template CV secara online, mengedit dengan lebih kreatif dengan tulisan sendiri dan ingat untuk tidak menggunakan template sama yang ada diinternet karena banyak kandidat memiliki presentasi yang sama akan membuat pengusaha mengabaikan CV yang Anda kirimkan.

Isinya harus singkat, jelas, kata-kata yang mudah dimengerti dan menunjukkan kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki. Jadi, Anda harus mengetahui cara menulis CV yang benar.

Apa yang dibutuhkan di dalam CV standar?

Ingat, Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk mengiklankan diri Anda melalui CV di hadapan perusahaan. CV standar harus berisi informasi berikut:

1. Informasi pribadi

Informasi pribadi diperlukan: nama, nomor telepon, email, alamat pribadi tempat Anda tinggal, tautan jejaring sosial pribadi dan pas foto. Informasi ini harus ditinjau dengan hati-hati dan harus ditempatkan di bagian atas halaman. Ketika perusahaan ingin membuat janji dengan Anda, mereka akan merasa lebih mudah menghubungi Anda. Selain itu, Anda tidak perlu menuliskan terlalu banyak detail tentang biografi Anda atau hubungan anggota keluarga Anda.

2. Tujuan karir

Dalam pekerjaan yang baik atau dalam hidup, Anda perlu menetapkan tujuan untuk menaklukkan tujuan tersebut. Bahkan di CV Anda, Anda perlu meningkatkan tujuan karir Anda untuk meyakinkan pengusaha, untuk menunjukkan kepada mereka kemajuan dalam pekerjaan Anda lakukan.

Tujuan karir harus singkat dan jelas, mengikuti orientasi pengembangan pekerjaan yang sedang diterapkan. Anda dapat meningkatkan sasaran jangka pendek atau jangka panjang, tetapi menghindari orientasi pekerjaan yang umum atau tidak jelas, pengusaha tidak akan menghargai tujuan yang tidak jelas dari para kandidat.

3. Pendidikan

Nama sekolah atau universitas yang Anda tempuh terakhir, bidang studi dan waktu penyelesaian. Jika Anda seorang siswa, maka tentukan tahun sekolah dan tahun kelulusan. Jika Anda sudah wisuda, Anda harus menyebutkan tahun masuk – tahun wisuda dan program studi yang ditempuh saat ini (jika ada).

Jika Anda tidak memiliki gelar tetapi telah mengikuti kursus, seminar, pelatihan terkait dengan posisi aplikasi, Anda harus mencantumkannya secara khusus di CV. Program yang pernah Anda ikuti dapat meninggalkan kesan yang baik pada calon pimpinan Anda.

4. Pengalaman

Pengusaha akan ingin tahu apa yang telah Anda lakukan di masa lalu, berdasarkan pengalaman mereka, mereka akan menilai kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan pekerjaan mereka saat ini. Ini bukan pengalaman kerja atau pengalaman profesional. Anda mungkin tidak memiliki pengalaman dalam posisi yang Anda lamar, tetapi melalui pekerjaan lain atau keterampilan terkait, pengusaha masih dapat menghargai dan menerima Anda untuk datang melakukan tes wawancara kerja.

Ada sejumlah kesalahan dalam presentasi pengalaman yang banyak dari Anda sering temui terdaftar terlalu lama waktunya. Sorot saja pekerjaan utama, paling cocok untuk posisi yang Anda rekrut. Juga perlu menentukan nama perusahaan, tanggal penerimaan pekerjaan dan pemutusan hubungan kerja. Jadi perekrut akan lebih menghargai.

5. Keterampilan

Berdasarkan pengalaman, apakah pengusaha akan mengevaluasi kapasitas Anda sesuai dengan lowongan Anda? Selain itu, keterampilan akan membantu Anda bersaing lebih baik dengan kandidat lain. Tren pengusaha saat ini sering mempromosikan kandidat dengan keterampilan yang lebih baik. Jadi jangan lupa buat daftar keterampilan yang dianggap kekuatan Anda. Seperti keterampilan photoshop, desain, keterampilan menggunakan perangkat lunak komputer dan yang lainnya.

6. Belajar Bahasa Asing

Pengusaha mewajibkan pekerja menggunakan komputasi kantor. Tapi, jika Anda memiliki kelebihan dengan menguasai 2 bahasa asing, ini juga merupakan poin plus dan memiliki keunggulan kompetitif yang sangat besar di era integrasi saat ini.

Baca juga : Pedoman Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang Sukses

Keterampilan ini adalah salah satu faktor penting yang perlu diingat saat menulis CV Anda. Harap perbarui tren penulisan serta perangkat lunak desain agar CV menjadi lebih mengesankan. CV standar dan berkualitas adalah cara terbaik untuk membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Semoga sukses!

author
3 Responses
  1. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank Terbaru 2019 ⋆ ARESPEDIA4 weeks ago

    […] Cara Menulis CV Standar Untuk Pencari Kerja Yang Benar […]

    Reply
  2. 10 kesalahan dalam Menulis Daftar Riwayat Hidup atau CV untuk Fresh Graduate (Bagian 1) ⋆ ARESPEDIA3 weeks ago

    […] Cara Menulis CV Standar Untuk Pencari Kerja Yang Benar […]

    Reply
  3. Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS, Pabrik, Akuntansi dan Costumer Service ⋆ ARESPEDIA3 weeks ago

    […] Baca juga : Cara Menulis CV Standar Untuk Pencari Kerja Yang Benar  […]

    Reply

Leave a reply "Cara Menulis CV Standar Untuk Pencari Kerja Yang Benar"