Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Sebelum menulis surat lamaran kerja, Anda perlu memposisikan diri di tempat Anda sekarang, apakah posisi tersebut sesuai dengan pekerjaan yang Anda diinginkan, apakah pekerjaan ini benar-benar tepat untuk Anda? Jika Anda sudah yakin dengan pekerjaan yang akan dilamar, lanjut dengan mengetahui cara menulis surat lamaran kerja yang mengesankan bagi pemilik perusahaan.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Anda harus menulis lamaran kerja Anda dengan tangan atau mengetik

Penulisan lamaran kerja menggunakan tulisan tangan atau diketik tergantung dari permintaan perusahaan yang ingin Anda lamar. Sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan persyaratan yang diberikan dari perusahaan, apakah mereka menginginkan Anda membuat surat lamaran kerja dengan tulisan tangan atau diketik menggunakan komputer.

Karena jika pada persyaratan ini Anda mengirim lamaran tidak sesuai persyaratan, maka dipastikan lamaran kerja Anda tidak akan dilihat sama sekali.

Jika Anda diharuskan untuk menulis lamaran kerja secara manual, Anda perlu mengingat beberapa hal berikut:

  • Pertama: Pilih kertas A4 untuk ditulis.
  • Kedua: Gunakan pena untuk menulis seluruh aplikasi lamaran
  • Ketiga: Meskipun tidak ada persyaratan untuk standar penulisan lamaran kerja, Anda tetap harus menulis dengan struktur penulisan yang jelas dan sesuai dengan EYD yang benar.
  • Keempat: Jangan menyingkat kata, jangan ada coretan, jangan menggarisbawahi tulisan, yang artinya tulisan harus bersih dan rapi.

Catatan sebelum menulis lamaran kerja

  • Baca dengan seksama persyaratan rekrutmen.
  • Temukan informasi tentang perusahaan tempat Anda melamar.
  • Visualisasikan ide yang ingin Anda sajikan dalam lamaran kerja.
  • Perbarui CV

Contoh Format Penulisan Lamaran Kerja

Pendahuluan, Yang Terhormat ……………… Anda harus menentukan nama penerima (nama biasanya dalam pemberitahuan perekrutan), alamat dan nama perusahaan. Selanjutnya, tulis nama lengkap Anda, tanggal lahir, nomor kartu identitas dan alamat.

Jelaskan alasan dari mana Anda tahu perusahaan membutuhkan karyawan baru, misalnya: ” Saya tahu melalui situs web loker.com, perusahaan ini membutuhkan posisi Direktur. Ini adalah posisi yang sangat cocok untuk pengalaman dan keahlian profesional saya. ”

Bagian utama, meringkas secara singkat pengalaman, tingkat pendidikan, keterampilan, alasan Anda cocok untuk pekerjaan yang Anda lamar, misalnya: “Sebagaimana disyaratkan untuk menempati posisi ini, direktur pemasaran harus memiliki 5 tahun pengalaman di posisi yang sama, kemampuan berkomunikasi dengan lancar dalam bahasa Inggris dan Indonesia, mahir dalam keterampilan komputasi kantor, Internet, kepemimpinan, keterampilan manajemen dan keterampilan kerja tim. Saya lulus dari Universitas Indonesia di jurusan Akutansi dan jurusan bahasa Inggris.

Tekankan pengalaman “Setelah lulus, saya bergabung dengan grup manajemen hotel Accor di Prancis, sebagai staf penjualan dan setelah 3 tahun saya menjadi senior Sales Executive. Ketika saya meninggalkan Accor pada tahun 2012, saya bekerja untuk hotel bintang 5 Aston di Jakarta, sebagai direktur bisnis pemasaran sampai sekarang “.

Tunjukkan kekuatan dan soft skill untuk membuat perbedaan “Visi yang luas, keterampilan pengambilan keputusan dan pemahaman mendalam tentang pasar pariwisata hotel global adalah kelebihan yang saya miliki”.

Bagian terakhir, sekali lagi menekankan keinginan untuk melamar posisi pekerjaan, meminta janji wawancara dan jangan lupa mengucapkan terima kasih.

Nyatakan dengan jelas tanggal lamaran kerja, tandatangani dan sebutkan nama lengkap Anda

Baca juga : Beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Sekian itulah yang dapat kami sampaikan tentang Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat bagi Anda yang akan melamar kerja dan segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

author
2 Responses
  1. Petunjuk Untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Terbaru ⋆ ARESPEDIA8 months ago

    […] Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar […]

    Reply
  2. Contoh surat lamaran kerja dengan tulis tangan ⋆ ARESPEDIA7 months ago

    […] Baca juga : Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar […]

    Reply

Leave a reply "Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar"