Cara Sukses Menjadi Dokter Sesuai Cita-Cita

Cara Sukses Menjadi Dokter Sesuai Cita-Cita

105 views

Untuk menjadi dokter merupakan impian banyak orang. Untuk bisa menjadi dokter banyak orang melakukan berbagai cara seperti pendidikan normal, pendidikan informal, pendidikan tambahan dan pendidikan yang lainny

Apakah anda masih ingat pada masa anda masih sekolah, pada masa anda masih anak anak atau ada teman anda yang ingin menjadi dokter. Apabila di tanya bu guru waktu anda masih belajar di sekolahan, “ cita cita kalian ingin menjadi apa? “, maka sebagian dari kalian akan menjawab ingin menjadi pilot, ingin menjadi guru, dan salah satu cita cita yang banyak dinginkan adalah menjadi dokter.

Baca juga : 9 Cara Sukses Menjadi Pengusaha Muda

Cara Sukses Menjadi Dokter Sesuai Cita-Cita

Menjadi Dokter
Mbak Dokter Cantik

Dan pastinya anda mempunyai alasan sendiri, kenapa anda ingin menjadi dokter. Alasan anda ingin menjadi dokter biasanya ingin membantu orang yang sedang sakit, dan yang berfikiran menjadi dokter akan mendapatkan gajih yang besar.

Adapun kelebihan menjadi dokter :

  • Anda bisa meolong orang yang sedang sakit
  • Bisa menggunakan apabila dalam keadaan yang darurat
  • Mendapatkan penghasilan yang besar
  • Dihargai banyak orang

Adapun kekurangan menjadi dokter :

  • Siap untuk menanggung resiko apabila terjadi kegagalan
  • Siap menjadi tumpuan nyawa atau kesehatan orang yang sedang sakit
  • Sulit untuk mempertahankan nama baik anda
  • Anda dapat di tuntut apabila anda melakukan kesalahan dalam penanganan.

Dokter adalah cita cita yang sangat di inginkan oleh banyak orang, dan sebagian besar orang tuanya akan melakukan berbagai cara supaya anaknya bisa menjadi dokter. Adapu cara untuk menjadi dokter :

  • Seleksi Fakultas Kedokteran

Anda harus melewati seleksi dahulu jika ingin menjadi dokter, biasanya orang yang ingin menjadi dokter harus sekolah di dalam fakultas terlebih dahulu. Tetapi cara yang dilalui juga tidak semudah yang Anda bayangkan. Anda tentu harus bersaing dengan banyak orang yang sama-sama ingin masuk ke fakultas tersebut. Proses seleksi fakultas kedokteran yang harus Anda ketahui berapa melalui PBUD (penelusuran bibit unggul daerah), SNMPTK (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negara, jalur khusus, dan masih banyak lagi.

Biaya masuk ke fakultas juga terbilang cukup mahal karena nanti setelah selesai kuliah Anda akan ditujukan langsung ke pekerjaan tersebut. Biaya masuk ke fakultas jika jalur khusus yaitu kisaran 60 sampai dengan 200 jutaan. Sedangkan jika Anda masuk fakultas melalui SNMPTN dan PBUD biasanya hanya akan mengeluarkan biaya awal 10 sampai dengan 20 juta.

  • Perkuliahan Sarjana

Sistem perkulihan sekarang ini sudah menggunakan satu sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Pada saat calon dokter mengikuti bimbingan kuliah nantinya pasti akan ada beberapa macam kegiatan yang harus di ikuti yakni Kuliah Pakar, Tutorial. Skill Laboratorium, Praktikum dan untuk kegiatan yang terakhir yaitu Ujian.

  • Kaos (Profesi)

Apabila anda sudah lulus dan anda menjadi Sarjana dan sudah mendapatkan gelar berupa title S.Ked yang memiliki arti Sarjana Kedokteran. Dan anda sudah bisa mendapatkan gelar dengan title Dr (Dokter), untuk melaksanakan profesi anda, anda bisa menggunakan kaos.

Proses ini merupakan yang paling sulit dan cukup memiliki kesan untuk para dokter baru. Dan di laksanakan di rumah sakit selama kurang lebih 1,5 tahun. Prooses ini masih dalam tahan pembimbingan.

  • UKDI (Ujian Kompetensi Dokter Indonesia)

Jika anda sudah menjadi dokter baru maka anda akan di Yudisium sebagai tanda sah untuk bisa menggunakan titel seorang dokter. Sebelum melakukan itu anda yang sudah menjadi dokter tidak bisa melakukan praktek kedokteran dengan bebas. UKDI ini di laksanakan selama 4x dalam satu tahunnya dan di lakukan serentak di seluruh Indonesia.

Sekian artikel cara sukses menjadi dokter, semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *